Sukses

6 Manfaat Hujan Bagi Kehidupan Makhluk Hidup di Bumi

Liputan6.com, Jakarta Hujan merupakan salah satu fenomena alam yang kehadirannya menjadi sumber kehidupan bagi semua makhluk di bumi. Sebelum membahas tentang manfaat hujan, Anda perlu mengetahui apa itu hujan dan bagaimana hujan terbentuk.

Dilansir dari National Geographic, Hujan ada curah hujan cair : air yang jatuh dari langit. Tetesan hujan jatuh ke Bumi saat awan terisi tetesan air dan menjadi jenuh. Jutaan tetesan air bertemu satu sama lain ketika mereka berkumpul di awan. Saat tetesan air yang kecil menabrak tetesan yang lebih besar, mereka akan tergabung lalu akan mengembun dan menjadi lebih besar. Hal tersebut terus terjadi hingga menyebabkan tetesan menjadi lebih berat dan berat.

Ketika tetesan air menjadi terlalu berat untuk terus mengambang di awan, tetesan tersebut akan jatuh dan terbentuklah hujan. Tetesan hujan sering awalnya berupa kepingan salju, tetapi mencair saat jatuh melalui atmosfer. Salju terbentuk dengan cara yang sama seperti hujan, tetapi dalam situasi yang lebih dingin.

National Geographic juga menyebutkan manfaat hujan yang aman membuat kehidupan manusia tergantung pada hujan. Hujan merupakan sumber air tawar utama bahkan ketika sungai, danau atau akuifer susah diakses. Hujan bermanfaat bagi kehidupan modern sehingga mungkin terjadi, seperti pertanian, industri, kebersihan dan energi listik yang membutuhkan air tidak sedikit. Akan tetapi, ada juga hujan yang berbahaya bagi tanaman, tanah dan hewan air, yaitu hujam asam.

Ketika hujan terjadi di sekitar polutan tertentu, seperti sulfur dioksida dan nitrogen dioksida, itni kondensasi awa  atau cloud condensation nuclei (CCN) bereaksi dengan air untuk membuat hujan menjadi asam. Tetesan hujan memiliki diameter 0,5 milimeter (,02 inci) atau lebih besar. Sedangkan gerimis, yang lebih kecil dari hujan, diameternya kurang dari 0,5 milimeter. Kebanyakan curah hujan Bumi turun sebagai hujan.

Manfaat hujan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya sangat lah banyak. Hal tersebut yang menjadikan hujan sangat penting bagi kita semua, meskipun terkadang kehadirannya sedikit tidak diharapkan ketika Anda sedang melakukan proyek lapangan atau kegiatan lain yang membutuhkan cuaca cerah. Walaupun demikian, penting bagi kita untuk bersyukur akan hujan. Liputan6 telah merangkumkan dari berbagai sumber tentang manfaat hujan, pada Rabu (14/9/22) :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Hujan

1. Mengisi Ulang Air Tanah

Sebuah penelitian yang berjudul “ Relationships Between Rainfall and Groundwater Recharge in Seasonally Humid Benin: A Comparative Analysis of Long-term Hydrographs in Sedimentary and Crystalline Aquifers” oleh D.O. Valerie Kotchoni dkk, menyebutkan bahwa air tanah adalah sumber air tawar yang penting di semua daerah tropis  dan sebagian besar Afrika Sub-Sahara yang mana menyediakan akses ke air yang aman untuk keperluan domestik, pertanian dan industri yang dekat dengan permintaan. 

Semakin banyak bukti dari Afrika Sub-Sahara yang menunjukkan bahwa intensifikasi curah hujan yang terhubung dengan pemanasan global dapat meningkatkan pengisian ulang air tanah. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa terdapat relasi antara pengisian ulang air tanah dengan curah hujan di daerah tropis. Hal ini ditentukan pada kondisi geologis, pengisian ulang tahunan akuifer dangkal berkisar dari 2% hingga 40%.

2. Panen Air Hujan Untuk Kehidupan

Dilansir dari North American Association for Environmental Education (NAAEE), menggunakan kembali air hujan melalui metode pemanenan air hujan atau rainwater harvesting system merupakan proses pengumpulan air huja atau air badai dari selokan, atap dan menyimpannya untuk digunakan di masa depan. Air hujan dapat mengandung polutan beracun begitu menyentuh permukaan.

Dengan sistem pemanenan air hujan ini dapat menghasilkan air bersih untuk konsumsi manusia yang mana memperluas manfaat hujan bagi kehidupan. Air hujan dikumpulkan dari atap rumah dan disimpan dengan tepat merupakan sumber air berkelanjutan yang cocok digunakan untuk kepentingan di dalam atau luar rumah. Rainwater harvesting adalah cara edukasi agar rumah tangga atau perusahaan manapun dapat mulai hati-hati dalam penggunaan air. Beberapa manfaat air hujan bagi kehidupan sehari-hari manusia di antaranya :

- Air minum jika disaring dan disanitasi dengan benar

- Sistem irigasi atau sprinkler

- Mencuci baju

- Mencuci kendaraan

- Mencuci garasi atau trotoar

- Membersihkan toilet

- Isi ulang kolam renang

- Isi ulang air mancur atau kolam ikan

- Berkebun

- Minum bagi hewan

- Menyiram tanaman dsb

NAAEE bahkan menyebutkan dengan menggunakan kembali air hujan untuk laundry, membersihkan toilet dan mengurus taman saja akan membantu mengurangi kebutuhan air listrik hingga 70%.

3 dari 3 halaman

Manfaat Hujan

3. Manfaat Hujan Bagi Tumbuhan dan Hewan

Manfaat hujan bagi tumbuhan sepertinya sudah menjadi rahasia umum, layaknya manfaat hujan bagi manusia. AplusTopper menyebutkan bahwa vegetasi tanaman dan pohon, rumput dan bahkan semak berbunga yang mekar semuanya membutuhkan air untuk bertahan hidup dan berkembang. Dilansir dari Journal Inquirer, ketika hujan sudah menghantam tanah, air hujan telah melarutkan nitrogen di dalamnya, yang merupakan pupuk untuk tanaman. Ini merupakan alasan lain mengapa tanaman tumbuh dengan sangat baik setelah hujan.Tumbuhan juga mengambil seberapa banyaknya air yang dibutuhkan untuk mengolah sinar matahari menjadi makanan dalam proses yang dikenal dengan fotosintesis. Selain itu, air yang menggang saja dapat menjadi sumber minum bagi hewan. 

4. Pembangkit Listrik Tenaga Air

Manfaat hujan selanjutnya berperan dalam pembangkit tenaga listrik. Dilansir dari AplusTopper, pada fasilitas pembangkit listrik tenaga air dengan cara kuno, mereka memanfaatkan gerakan fluida sungai yang bergerak cepat atau gravitasi reservoir untuk mendorong turbin angin raksasa.  Hujan melengkapi semua kapasitas air yang dibutuhkan untuk menggerakkan pembangkit listrik tenaga air dan itu semua diperoleh dengan gratis.

5. Hujan Sebagai Solusi Terbaik untuk Kebakaran Hutan

Manfaat hujan yang satu ini mungkin tidak selalu pasti dirasakan. Akan tetapi, ketika hujan datang di saat yang tepat, maka akan sangat bermanfaat dalam hal ini. Dilansir dari Lorecentral, hujan merupakan paliatif besar untuk situasi tragis seperti kebakaran hutan, yang mana tindakan yang bisa dilakukan manusia dalam hal ini terbatas. Ketika terjadi kebakaran hujan yang besar, baik di sengaja maupun tidak, tidak ada solusi terbaik selain dengan turunnya hujan karena dalam hal ini juga hanya ada sedikit kekuatan perubahan manusia terkait dengan situasi risiko itu. 

6. Hujan Berperan dalam Membersihkan Udara dari Polusi

Masih dilansir dari Lorecentral, hujan menyebarkan kontaminasi, yaitu setiap kali turun hujan, air akan menyeret partikel tersuspensi ke tanah dan bersama dengan angin yang membantu memindahkan partikel. Hujan tidak benar-benar "mencuci" udara, tetapi hujan dapat melembabkan tanah dan permukaan lainnya, menjebak partikel-partikel yang seharusnya mengambang. Ini seperti halnya Anda yang menyapu lantai atau membersihkan permukaan yang berdebu dan untuk membuatnya lebih mudah lalu membasahi lantai tau permukaan tersebut dengan air.

Nah, itu dia manfaat hujan dalam kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi. Banyaknya manfaat hujan dan melimpahnya hujan, bukan berarti kita dapat menggunakan air semena-mena. Dengan kondisi bumi yang semakin tua, apapun alasannya akan lebih bijak jika menggunakan air secukupnya, tidak berlebihan dan berhati-hati atau hemat. 

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS