Sukses

23 Cara Memperlancar ASI Setelah Melahirkan, Penuhi Nutrisi Ibu dan Bayi

Liputan6.com, Jakarta Cara memperlancar ASI merupakan salah satu cara memenuhi nutrisi bayi. Menyusui dapat memberikan banyak manfaat baik untuk ibu dan bayi. Perlu diketahui bahwa ASI dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi bayi. Salah satunya adalah menyediakan antibodi yang baik untuk melawan infeksi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara memperlancar ASI yang mudah, aman serta alami.

Cara memperlancar ASI bisa dilakukan secara alami, sehingga Anda tidak perlu takut. Bahkan Ikatan Dokter Anak Indonesia juga merekomendasi pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan, kemudian bisa didampingi MPASI. Dengan tindakan menyusui yang dilakukan, maka secara tidak langsung Anda bisa melindungi bayi dari kanker masa kanak - kanak.

Cara memperlancar ASI akan sangat mudah, jika Anda dibantu dengan asupan nutrisi dan vitamin yang seimbang. Perlu diketahui bahwa dengan menyusui, maka Anda bisa menurunkan badan secara alami dan bisa juga meningkatkan mood Anda. 

Berikut ini cara memperlancar ASI yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Memperlancar ASI

 1. Perbanyak minum air putih

Cara memperlancar ASI bisa dilakukan dengan mengonsumsi air putih dalam porsi yang banyak. Tubuh tidak dapat untuk membuat atau memproduksi susu secara alami, jika mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, Anda akan membutuhkan lebih banyak air daripada yang mungkin Anda pikirkan. Selain delapan gelas yang direkomendasikan oleh dokter per hari, maka Anda harus menambahkan empat gelas lagi.

2. Tidur secara teratur

Cara memperlancar ASI secara alami dapat Anda peroleh ketika tidur seara teratur. Saat tidur malam, akan sangat baik untuk memulihkan tubuh, dan sesering mungkin untuk tidur siang di siang hari ketika bayi sedang tidur. 

3. Mengurangi stres

Cara memperlancar ASI secara alami juga bisa dengan mengurangi stres secara berlebihan. Dengan berlatih secara teratur tentang teknik pengurangan stres yang sehat, bisa dilakukan dengan melatih pernapasan.

4. Lakukan apa yang Anda bisa

Cara memperlancar ASI selanjutnya bisa Anda lakukan dengan meminta bantuan keluarga dan teman-teman untuk membantu mengerjakan tugas-tugas rumah tangga sehingga Anda bisa fokus memberi makan bayi Anda kemudian istirahat. 

5. Pembantu menyusui alami

Dengan mengonsumsi semangkuk oatmeal setiap hari, merupakan penguat susu tradisional yang juga baik untuk Anda. Adapun beberapa praktisi kesehatan alami, yang juga bersumpah dengan obat herbal seperti fenugreek dan asparagus liar  dapat meningkatkan produksi susu. Bahkan data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menunjukkan bahwa sekitar 75 persen ibu baru mulai menyusui bayi mereka, tetapi banyak yang berhenti baik sebagian atau seluruhnya dalam beberapa bulan pertama.

6. Menyusui lebih sering

Salah satu cara memperlancar ASI yang mudah juga bisa dilakukan secara alami adalah menyusui lebih sering. Sering-seringlah menyusui dan biarkan bayi untuk memutuskan kapan harus berhenti menyusu. Saat bayi menyusu pada payudara, maka hormon yang memicu payudara  untuk memproduksi ASI akan dilepaskan. Oleh karena itu, semakin banyak Anda menyusui, semakin banyak ASI yang dihasilkan payudara Anda.

7. Makan diet anti-peradangan 

Cara memperlancar ASI juga bisa dilakukan dengan melakukan rencana diet sehat, di mana makanan ini banyak mengandung buah dan sayuran, biji-bijian seperti beras merah, makanan yang kaya omega-3 seperti salmon dan biji rami, dan protein nabati. 

3 dari 4 halaman

Cara Memperlancar ASI

8. Pompa di antara waktu menyusui

Cara memperlancar ASI secara alami yang dilansir dari Healthline, adalah dengan memompa di antara waktu menyusui jyang tentu dapat meningkatkan produksi ASI. Dengan menghangatkan payudara Anda sebelum memompa juga dapat membantu Anda lebih nyaman dan juga lebih mudah memompa. 

9. Menyusui dari kedua sisi

Cara memperlancar ASI juga bisa dilakukan dengan menyusui dari kedua sisi. Oleh karena itu, arahkan bayi untuk menyusu dari kedua payudara setiap kali menyusu. Caranya juga sangat mudah, dengan membiarkan bayi Anda menyusu dari payudara pertama sampai ia melambat atau berhenti menyusu sebelum menawarkan payudara kedua. Dengan stimulasi menyusui dari kedua payudara dapat membantu meningkatkan produksi ASI. 

10. Kue laktasi

Cara memperlancar ASI juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi kue laktasi, yang bisa Anda dapatkan lewat toko maupun secara online. Meskipun tidak ada penelitian yang tersedia tentang cookie laktasi secara khusus, namun beberapa bahan juga bisa dikaitkan dengan peningkatan ASI. 

11. Makanan lain, herbal, dan suplemen

Dengan makanan herbal yang lain, maka hal itu dapat meningkatkan produksi ASI. Menurut Canadian Breastfeeding Foundation yang dilansir dari Healthline, ada beberapa bahan seperti fenugreek, yang telah ditemukan berlaku hanya dalam tujuh hari. Makanan dan herbal ini meliputi bawang putih, susu, kacang -  kacangan dan masih banyak lagi. 

12. Smoothie laktasi bumbu labu

Cara memperlancar ASI bisa Anda coba dengan mengonsumsi smoothie laktasi labu, yang memiliki semua rasa latte bumbu labu tradisional.  Selain itu, makanan ini  juga dikemas dengan bahan-bahan bergizi, seperti labu, yang secara alami dapat meningkatkan suplai susu Anda. Ingatlah untuk memilih susu atau pengganti susu yang diperkaya dengan vitamin A, vitamin D, kalsium, dan mungkin vitamin B-12 untuk mendukung kebutuhan menyusui. 

13. Muffin laktasi blueberry

Dengan mengonsumsi muffin laktasi blueberry, dapat memperlancar ASI. Makanan ini juga mudah dibuat, serta sarat dengan bahan-bahan sehat seperti biji rami, blueberry, dan telur. Selai itu, makanan ini juga bebas gluten dan termasuk madu untuk rasa manis alami, jadi gulanya lebih rendah daripada muffin tradisional. 

14. Gigitan laktasi tanpa panggang

Gigitan tanpa panggang ini sangat cocok dikonsumsi sebagai camilan cepat juga enak dan manis. Selain itu, kandungan gizinya juga baik bagi kesehatan karena sehat, dan tentu sangat membantu memperlancar ASI Anda.

15. Memijat payudara

Dengan melakukan pemijatan yang benar pada payudara, akan membuat produksi ASI meningkat. Pemijatan yaang dilakukan di pangkal payudara ini, Anda bisa menekan dinding payudara menggunakan dua jari yakni jari telunjuk dan jari tengah, dengan gerakan melingkar pada bagian luar payudara selama 30 detik lalu buat gerakan memutari payudara hingga menuju puting maka dapat memperlancar ASI. 

 

4 dari 4 halaman

Cara Memperlancar ASI

16. Teh ibu menyusui herbal

Agar tetap terhidrasi saat menyusui itu sangat penting, oleh sebab itu sangat penting untuk ibu menyusi mengonsumsi minuman herbal, dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah seperti adas, yang telah terbukti memiliki sifat galaktogenik, yang berarti dapat membantu meningkatkan sekresi susu. 

17. jelai

Cara memperlancar ASI bisa mengonsumsi guinness yang tinggi adalah kunci suplai ASI yang sehat. Melansir dari laman healthline, Simpson juga mencatat bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol sebenarnya dapat menghambat produksi ASI. Akan tetapi jelai yang memiliki komponen bir ini, kemungkinan laktogenik, sehingga dapat meningkatkan kadar prolaktin atau hormon menyusui bagi hewan maupun manusia. 

18. Kaldu tulang slow cooker

Dengan mengonsumsi resep kaldu tulang bergizi ini, dapat memperlancar ASI. Makanan ini juga dikemas dengan asam amino, kolagen, dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menyembuhkan pasca melahirkan. Kaldu tulang dapat berfungsi sebagai minuman kopi yang hangat dan bergizi. 

19. Salad salmon dan saus penambah laktasi

Saat menyusui, sangat penting bagi Anda untuk makan banyak protein, lemak sehat, dan sayuran berwarna. Karena dengan salad lezat ini, dapat menggabungkan semuanya, juga berbgai sausnya dibuat dengan kunyit dan fenugreek, hingga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. 

21. Telur dadar menyusui

Jangan takut untuk makan banyak lemak sehat saat menyusui, karena dengan telur dadar ini menggabungkan berbagai sumber lemak sehat seperti alpukat, keju cheddar, dan telur. Saat membuatnya, Anda juga bisa memasukkan beberapa sayuran untuk meningkatkan nutrisi. 

22. Smoothie laktasi hijau

Cara memperlancar ASI juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi laktasi hijau yang diolah menjadi smoothie. Anda mungkin membutuhkan sumber kalori yang cepat. Oleh karena itu, dengan smoothie hijau sangat membantu untuk menambahkan sayuran dalam asupan Anda saat menyusui. Anda juga dapat memilih susu kedelai atau kacang yang diperkaya sebagai bahan dasar untuk memenuhi kebutuhan laktasi. 

23. Sup ayam kunyit dan kangkung

Cara memperlancar ASI juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi sup ayam kunyit juga kangkung. Hal ini dikarenakan penuh dengan bahan-bahan bergizi seperti ayam dan sayuran segar yang akan memberi Anda dorongan energi yang Anda butuhkan untuk menyusui.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.