Sukses

16 Tempat Wisata Makassar Pantai yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi tempat wisata Makassar pantai.

Liputan6.com, Jakarta - Berada di Makassar, Sulawesi Selatan tak lengkap tanpa mengunjungi berbagai tempat wisata Makassar pantai yang konon pesonanya tak kalah dari Pulau Dewata, Bali. Salah satunya, jangan sampai melewatkan ikon kota Makassar, yakni Pantai Losari.

Selain Pantai Losari, masih ada lima belas tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi. Mayoritas tempat wisata Makassar pantai ini mudah diakses wisatawan. Sebagian lokasi pantai di Makassar yang sulit diakses adalah pulau-pulau yang tidak berpenghuni.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Makassar pantai, bisa menikmati keindahan alam pantai, menikmati panorama bawah laut dengan snorkeling. Kemudian menyaksikan berbagai atraksi menarik di pantai, naik banana boat, bersepeda, hingga jogging di sana.

Berikut Liputan6.com ulas enam belas tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi beserta lokasinya, Kamis (15/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Makassar Pantai yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai Losari

Pantai Losari adalah tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi. Pantai ini salah satu ikon kota Makassar yang terbaru juga sangat populer. Tempat ini dijadikan untuk tempat bersantai sambil menikmati matahari saat terbenam.

Pantai losari juga menyajikan berbagai kegiatan dan atraksi yang menyenangkan bagi wisatawan.

Di tempat ini wisatawan bisa memancing, naik banana bots serta sepeda air. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan jogging di pagi hari pada track yang ada setelah menikmati sunrise.

2. Pantai Layar Putih

Pantai Layar Putih adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi. Pantai di Makassar ini menawaekan keindahan laut lepas dan cocok untuk menikmati sunset dan sunrise. 

Apabila ingin berkunjung ke tempat ini, berkendara menyusuri Jalan Metro Tanjung Bunga hingga wilayah Barombong yang berbatasan dengan Kabupaten Gowa dan Takalar.

3. Pantai Panrang Luhu

Pantai Panrang Luhu adalah tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Kabupaten Bulukumba, dan berjarak dari pusat kota sekitar 37 km.

Terlepas dari namanya yang sedikit seram, tempat wisata ini menawarkan nuansa alami yang memanjakan mata. Ada banyak pohon kelapa yang berjejer rapi di pesisir pantai menambah kesan alami pantai ini. 

4. Pantai Punaga

Pantai Punaga adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Desa Barugaya, Kabupaten Takalar. Pantai ini terkenal memiliki air yang sangat jernih.

Bagi wisatawan yang suka dengan kegiatan snorkeling, berenang, dan memancing, wajib mampir ke tempat ini. Pantai Punaga memiliki tebing yang mirip dengan Pantai Tanah Lot yang berada di Bali. 

5. Pantai Apparalang

Pantai Apparalang adalah tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi. Tanjung Bira yang memiliki tebing karang indah serta unik. Banyak orang mengatakan pantai ini mirip dengan Raja Ampat Papua. Bagi wisatawan yang mampir, wajib naik menara biru yang menjulang tinggi di sana untuk menikmati keindahan air laut dengan sensasi berbeda.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Makassar Pantai yang Wajib Dikunjungi

6. Pantai Marumasa

Pantai Marumasa berada di Kabupaten Bulukumba. Tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi ini memiliki panjang kurang lebih 150 meter.

Di sini, ada banyak sekali spot foto menarik, mulai dari spot yang berbentuk hati, bunga matahari, ayunan, sepeda ontel, rumah adat, dan masih banyak lagi spot foto dengan latar birunya air laut.

7. Pantai Tete Tonra

Pantai Tete berada di Kabupaten Bone. Pantai dengan pasir putih indah ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan.

Tempat wisata seperti Pantai Tete disebut sebagai saksi bisu peristiwa yang cukup bersejarah di kalangan angkatan bersenjata di Sulawesi Selatan.

8. Pantai Tanjung Bira Bulukumba

Pantai Tanjung Bira Bulukumba adalah tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi. Pantai berpasir putih yang halus dengan air laut yang biru, pesonanya luar biasa.

Lokasi ini bisa ditempuh sekitar 200 km dari Kota Makassar. Di sini sudah ada penginapan seperti villa, hotel, bungalow, dan restoran.

9. Pantai Seruni

Pantai Seruni berada di Kabupaten Bantaeng. Ini termasuk tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi dan menjadi wisata favorit di Sulawesi Selatan.

Bukan tanpa alasan, di sini terdapat hasil reklamasi sepanjang 1.5 kilometer. Nama Seruni diambil dari nama sebuah bunga, yaitu bunga seruni yang memiliki arti emas. Wisatawan akan dimanjakan dengan suasana pantai yang tenang dan eksotis.

10. Pulau Kadingareng Keke

Pulau Kadingareng Keke adalah tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi. Wisatawan menyebut pulau ini sebagai surga tersembunyi di Makassar. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Losari. Jika ingin berlibur di tempat wisata Makassar pantai ini, siapkan bekal makanan dan minuman karena tidak ada penjual dan penghuni di pulau ini.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Makassar Pantai yang Wajib Dikunjungi

11. Pulau Kapoposang

Daya tarik Pulau Kapoposang ini yakni spot diving, sehingga wisatawan bisa snorkeling sambil melihat keindahan bawah laut Pulau Kapoposang. Penginapan di sini dibanderol dengan harga Rp150.000 per malam. 

12. Pulau Samalona

Pulau Samolana berada di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Destinasi tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi ini terkenal dengan alamnya yang eksotis, khususnya keindahan bawah lautnya. Pemandangan bawah laut Pulau Samalona bahkan sudah terkenal hingga mancanegara.

13. Pulau Kambing

Pulau Kambing terkenal karena keindahan bawah lautnya. Di tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi ini, ada berbagai atraksi laut seperti snorkeling dan diving.

14. Taman Laut Taka Bonerate

Taman laut Taka Bonerate adalah tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi. Ini tempat yang memiliki atol terbesar ketiga di dunia setelah Republik Kepulauan Marshall dan Maldives.

Tempat ini menawarkan panorama pulau koral yang mengelilingi laguna sebagian atau seluruhnya. Luas total area dari Taman Laut Taka bonerate mencapai 220 ribu hektar.

15. Pulau Tinabo

Pulau Tinabo, Selayar adalah tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi. Bukan hanya pemandangan bawah laut yang mempesona, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan darat yang tidak kalah menarik.

Lokasinya berada di Kecamatan Takabonerate, Selayar, Sulawesi Selatan. Saat bertandang ke tempat ini, wisatawan bisa mengeksplor indahnya pemandangan serta terumbu karang untuk aktivitas menyelam.

16. Pulau Lae Lae

Pulau Lae Lae adalah tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi. Lokasinya dekat dengan pantai Losari. Pulau Lae Lae adalah pulau yang sudah berpenghuni dengan fasilitas cukup memadai. Jangan sampai melewatkan tempat wisata Makassar pantai yang wajib dikunjungi ini, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.