Sukses

Viral Guru Terlambat Dihadang Tutup Gerbang oleh Siswa, Nostalgia Jadi Murid

Aksi siswa tertibkan guru terlambat ke sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai pengajar, guru memang selayaknya menjadi teladan bagi muridnya. Bukan hanya soal materi pelajaran di dalam kelas, namun perilaku mereka kerap menjadi contoh murid di lingkungan sekolahan. Jangan sampai terjadi seperti video yang tengah viral guru yang terlambat ditertibkan oleh siswanya sendiri. 

Video yang diunggah pemilik akun TikTok @bohay91830 itu memperlihatkan sekelompok pengajar yang tak bisa masuk ke halaman sekolah. Mereka terpaksa menunggu giliran pemeriksaan oleh murid mereka sendiri perihal keterlambatan datang ke sekolah.

Berasa di dunia terbalik, para guru yang terlambat itu tampaknya hanya bisa pasrah menanti gerbang dibuka kembali. Mereka layaknya seperti bernostalgia berada di posisi sebagai murid. Bahkan ada guru yang memanfaatkan momen ini untuk tahu bagaimana rasanya di posisi murid yang terlambat dan harus menerima hukuman. 

“Gapapalah sekali skali kita diposisi mereka yang kita berikan hukuman kalo telat😅😅,” tulis keterangan dalam video. 

Momen keterlambatan guru dihadang siswanya sendiri ini seketika mencuri perhatian netizen. Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkumnya melansir dari akun TikTok @bohay91830, Kamis (15/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditertibkan OSIS

Sama seperti pelajar yang terlambat pada umumnya, guru yang terlambat dalam video itu ternyata dihadang langsung oleh OSIS. Sebagai organisasi siswa yang paling utama, mereka tak merasa canggung menindak para guru yang terlambat. Para guru yang terlambat ini dicatat hingga dipertanyakan alasan keterlambatannya. Mirip rasanya jadi seorang murid.

“Dipoto dan dicatat nama guru-guru atau pegawai yang datang terlambat serta ditanyain alasan keterlambatannya,” tulis dalam keterangan video. 

Setelah satu persatu guru didata perihal alasan keterlambatannya, mereka kembali ke kendaraan motornya masing-masing untuk menunggu program penertiban berakhir. 

3 dari 4 halaman

Guru Terlambat Harus Menunggu

Video yang berdurasi 24 detik itu memperlihatkan guru-guru yang terlambat harus menunggu di luar gerbang. Meski jam pelajaran sudah berlangsung, mereka harus mengikuti penertiban yang dilakukan oleh siswanya sendiri. 

“Ga dibukakan gerbang selama pembiasaan berakhir,” ungkap dalam video.

Hingga kini sedikitnya sudah ada 2.4 juta penonton yang melihat aksi para siswa menindak tegas para gurunya yang terlambat ke sekolah. Tak disebutkan lokasi sekolah dalam video, namun video yang kini beredar di jagat maya sukses mencuri perhatian.

4 dari 4 halaman

Komentar Netizen

Melihat kejadian ini, tak sedikit netizen yang ikut mendukung para siswa. Tak hanya murid, guru juga mendapatkan aturan yang harus diterapkan dalam hal kedisiplinan. Video yang diunggan akun TikTok @bohay91830 seketika dibanjiri komentar.

“sama kayak di SMA ku dulu, pernah telat bareng bu guru, jadi sama2 di hukum haha,” tulis akun @aquariusboy92.

“saya suka sekali dgn VT ini, kita bisa belajar bagaimana kedisiplinan itu sangat penting dalam dunia pendidikan dan dunia pekerjaan nantinya, “ tulis akun @kingofdog70.

“hahaha inget jgn SMA gw...dl skul punya peraturan klo lambat ga boleh masuk sampai selesai jam pelajaran 1&2,” tulis akun @piraya_2000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.