Sukses

Sistem Komputer Adalah Komponen yang Dilengkapi Hardware, Software dan Brainware

Liputan6.com, Jakarta Sistem komputer adalah sekumpulan perangkat yang memiliki kaitan dan hubungan satu dengan yang lainnya. Perangkat - perangkat ini bisa melakukan interaksi serta dapat melakukan pengolahan data, yang bisa menghasilkan informasi yang diperlukan oleh pengguna. Adapun perangkat yang masuk dalam sistem komputer diantaranya hardware, software dan brainware. 

Sistem komputer adalah penghubung antara komponen ini, memiliki fungsi yang dapat melakukan operasi di komputer, serta ketiganya software, hardware dan brainware saling bergantung satu dengan yang lainnya. Perlu diketahui bahwa ketiga aspek ini tidak bisa melakukan operasi tanpa salah satunya. 

Sistem komputer adalah kumpulan dari berbagai perangkat yang ada di komputer, serta mampu menerima, melakukan operasi bahkan untuk menghasilkan sesuatu. Sistem ini juga dilengkapi dengan berbagai perangkat baik lunak maupun keras, dalam menunjang pengguna untuk melakukan berbagai tugas tertentu. 

Berikut ini Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang sistem komputer dan jenisnya, Kamis (15/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Sekilas Tentang Komputer

Komputer merupakan salah satu perangkat yang dapat menerima informasi atau input, melakukan operasi dengan informasi, serta dapt menghasilkan suatu hasil yang dikenal dengan output. Sistem komputer juga dilengkapi dengan perangkat lunak, perangkat keras, dan periferal lain yang memiliki kemungkinan untuk melakukan tugas tertentu

Terdapat banyak sekali jenis dari sistem komputer, namun yang paling umum adalah desktop, perangkat seluler termasuk laptop, juga server. Perlu disadari bahwa komputer merupakan mesin yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi, serta mengirimkan, dan menerima informasi atau data.

Ada berbagai jenis komputer yang telah ditemukan hingga sekarang, serta dapat dibedakan, mulai dari kemampuan penanganan datanya atau berdasarkan ukurannya.

- Komputer analog

- Komputer digital

- Komputer hibrida

 

3 dari 4 halaman

Jenis - Jenis Komputer

Komputer juga bisa diklasifikasi sesuai dengan daya dan kecepatan komputasinya.

1. Komputer Analog

Jenis komputer ini dirancang secara khusus untuk melakukan proses data secara analog. Data analog adalah salah satu jenis data secara berkelanjutan juga terus menerus berubah dan tidak memiliki nilai diskrit. Komputer analog bisa digunakan ketika pengguna tidak terbiasa dengan nilai pasti seperti suhu, kecepatan, arus, dan tekanan.

Adapun fitur menarik dari komputer analog, karena dapat menerima data  serta alat pengukur tanpa mengubahnya menjadi kode dan angka yang relevan. Dengan fitur ini, komputer analog memiliki kemungkinan untuk mengukur perubahan terus menerus dalam kuantitas fisik. Dalam kebanyakan kasus, output dari komputer ini bisa dibaca pada dial atau skala.

Terdapat beberpa jenis komputer analog 

- Aturan geser

- Penganalisis secara diferensial

- Jam kastil untuk menyimpan semua instruksi pemrograman. 

- Komputer analog elektronik

2. Komputer Digital

Jenis komputer digital diciptakan untuk melakukan perhitungan secara berbeda dan beroperasi logis pada kecepatan yang sangat tinggi. Komputer ini juga dapat menerima data mentah sebagai input, untuk dilakukan dalam bilangan biner (0 dan 1) atau digital. Dengan komputer digital maka perangkat dapat memproses informasi, dengan program yang sudah tersimpan di memori perangkat. 

Ada banyak keuntungan dari komputer digital,

- Komputer digital memungkinkan pengguna untuk melakukan penyimpanan sejumlah besar informasi.  

- Dengan sistem digital, maka dengan mudah menambahkan fitur baru. 

- Kemampuan untuk mengubah program tanpa membuat perubahan pada perangkat keras sistem.

- Biaya perangkat keras komputer digital seringkali lebih murah. 

 

3. Komputer Hibrida

Jenis komputer hybrid merupakan salah satu perangkat yang memiliki fitur komputer digital juga analog. Dengan perangkat ini maka komputer memiliki kecepatan yang mirip dengan komputer analog dan identik dengan komputer digital dalam memori dan akurasinya. Komputer hybrid dapat memproses data diskrit dan kontinu. Oleh karena itu, perangkat ini populer digunakan dalam aplikasi khusus di mana data analog dan digital harus diproses.

Ada banyak manfaat menggunakan komputer hybrid, 

- Kecepatan komputasi komputer hybrid sangat tinggi.

- Dengan komputer hybrid, sangat membantu dalam pemrosesan data online.

- Komputer hybrid dapat mengelola dan menyelesaikan persamaan besar secara real-time.

- Hasil yang dihasilkan lebih cepat dan lebih efisien serta akurat. 

 

4 dari 4 halaman

Aspek Komputer

Terdapat aspek penting yang dimiliki oleh komputer. 

1. Hardware (Perangkat Keras)

Hardware merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam komputer. Tanpa perangkat keras ini, maka pengguna tidak dapat menggunakan komputer. Perlu diketahui bahwa hardware adalah struktur fisik komputer yang meliputi keyboard, monitor dan juga bagian-bagian internal dari komputer.

2. Software (Perangkat Lunak)

Software adalah perangkat lunak yang juga sangat penting dalam komputer. Software ini merupakan seperangkat instruksi yang diberikan kepada perangkat keras yang memberi tahu apa yang harus dilakukan.

3. Brainware

Aspek penting selanjutnya pada komputer adalah brainware. Brainware merupakan salah satu istilah yang bisa digunakan untuk manusia yang memiliki kaitan erat dengan sistem komputer. Hal ini karena, manusia adalah elemen penting yang bisa merancang bagaimana mesin komputer dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan

- Komputer Mainframe

Mainframe juga bisa digambarkan sebagai salah satu sistem komputer yang mahal juga ekstensif. Sebuah mainframe biasanya memiliki kemampuan untuk mendukung ratusan dan ribuan pengguna pada saat yang bersamaan. Perlu diketahui bahwa komputer mainframe biasanya memiliki umur yang sangat panjang, serta dapat beroperasi secara lancar hingga 50 tahun setelah pemasangannya. 

Komputer mainframe juga dapat melakukan distribusi kerjanya di antara prosesor lain atau terminal input dan output. Ketika terjadi kesalahan, maka ada lebih sedikit kemungkinan kesalahan pada perangkat ini. Namun, jika terjadi kesalahan maka dengan cepat diperbaiki oleh sistem. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.