Sukses

20 Wisata di Karanganyar yang Paling Hits, Pesona Alamnya Menakjubkan

Wisata di Karanganyar bisa menjadi destinasi liburan yang menyegarkan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Karanganyar terkenal dengan suasana pegunungan yang menyejukkan. Karanganyar adalah suatu daerah di Jawa Tengah yang berjarak 14 kilometer dari Kota Solo. Karanganyar kerap disebut sebagau “Puncaknya” Solo.

Karanganyar memiliki Gunung Lawu sebagai ikon wisatanya. Tidak heran, Karanganya menawarkan destinasi wisata pegunungan, seperti air terjun, dan pemandangan alam pegunungan. Gunung lawu berlokasi di sebelah timur Karanganyar.

Wisata di Karanganyar bisa menjadi destinasi liburan yang menyegarkan. Bagi kamu yang sudah lelah dengan suasana panas dan ramai di kota, tentunya Karanganyar cocok menjadi pilihan liburan. Kamu akan mendapatkan ketenangan yang kamu inginkan di sini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/9/2022) tentang wisata di Karanganyar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata di Karanganyar

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu merupakan salah satu destinasi wisata di Karanganyar yang sangat terkenal. Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Kata sewu atau seribu berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun. Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah Flying Fox, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, mushola dan MCK.

Rumah Atsiri

Rumah Atsiri Indonesia merupakan taman rekreasi dan edukasi atsiri pertama di Indonesia. Rumah Atsiri Indonesia ini dulunya merupakan pabrik citronella yang sudah ada di Indonesia sebelum Perang Dunia Kedua dan telah menjadi salah satu penghasil minyak atsiri terbaik di dunia. Di Rumah Atsiri Indonesia pengunjung bisa menambah pengetahuan seputar minyak atsir dengan mengikuti tur yang telah disediakan oleh pengelola. Mata pengunjung juga akan dimanjakan dengan hamparan taman atsiri yang indah.

Candi Sukuh

Candi Sukuh merupakan kompleks candi bercorak Hindu yang berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Keistimewaan dari wisata di Karanganyar satu ini adalah bangunan candi yang menyerupai dengan peninggalan budaya Maya di Meksiko atau peninggalan budaya Inca di Peru.

Alun-Alun Karanganyar

Alun-Alun Karanganyar merupakan tempat nongkrong andalan warga Karanganyar. Lokasinya yang berada tepat di tengah kota membuat tempat ini cocok untuk bersantai. Di Alun-Alun Karanganyar kamu bisa menikmati aneka kuliner ringan hingga berat.

3 dari 7 halaman

Wisata di Karanganyar

Agrowisata Sondokoro

Tak perlu naik ke lereng Lawu terlebih dahulu untuk bisa menikmati wisata di Karanganyar. Tak jauh dari pusat kota, terdapat tempat rekreasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Agrowisata Sondokoro dulunya merupakan sebuah pabrik gula. Lokasi ini kemudian dijadikan tempat wisata. Agrowisata Sondokoro memiliki wahana bermain anak, kereta yang bisa ditumpangi, dan wahana lain yang menarik dicoba.

Air Terjun Jomog

Air terjun yang terkenal selanjutnya adalah Air Terjun Jomog. Wisata di Karanganyar ini berada di Jln.dk, Jl. Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Di sini kamu bisa menikmati kesejukan air terjun lereng Lawu yang masih sangat asri. Fasilitas di Air Terjun Jomog juga terbilang lengkap mulai dari kolam renang, gazebo, tempat makan, hingga toilet umum.

Bukit Sekipan

Bukit Sekipan merupakan wisata di Karanganyar yang berada tak jauh dari Bumi Perkemahan Sekipan. Bukit Sekipan dikenal dengan spot fotonya yang menarik dan kekinian. Ada juga wahana permainan seperti flying fox dan taman bermain.

Bumi Perkemahan Sekipan

Bumi Perkemahan Sekipan merupakan area perkemahan yang terletak di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Karanganyar. Area ini berada pada ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut. Bumi Perkemahan Sekipan merupakan tempat yang tepat untuk berkemah bersama keluarga atau teman. Tak cuma berkemah, pengunjung juga bisa sekadar menikmati kesejukan pohon pinus yang menjulang tinggi dan suasana pegunungan yang menenangkan.

4 dari 7 halaman

Wisata di Karanganyar

Candi Cetho

Candi Cetho merupakan candi bercorak Hindu yang diperkirakan dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit. Lokasi candi berada di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1496 m di atas permukaan laut. Wisata di Karanganyar ini berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Kompleks candi hingga kini digunakan oleh penduduk setempat dan juga peziarah yang beragama Hindu sebagai tempat pemujaan. Candi Cetho yang berada di atas ketinggian atau pegunungan menjadikan pemandangan yang di berikan juga sangat indah. Arsitektur candi khas Hindu membuat tempat ini terasa sakral dan indah.

Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgodani adalah salah satu air terjun yang berada di kecamatan Tawangmangu, Indonesia, tepatnya berada di Desa Blumbang. Akses transportasi dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan umum dari Terminal Tawangmangu dengan jarak 5 km. Air terjun ini memiliki 2 tingkatan dengan tinggi mencapai hampir 100 meter.

Air Terjun Semawar Sedinding

Air Terjun Semawar Sedinding berada di Jalan Trengguli, Jenawi, Sekarang, Trengguli, Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Air Terjun Semawar Sedinding merupakan dua air terjun yang letaknya saling berdekatan. Air Terjun Sewawar memiliki tinggi mencapai 25 meter dengan lebar aliran seluas 15 meter. Sementara Air terjun Sedinding memiliki tinggi yang berbeda jauh, yakni sekitar 8 meter dan dengan lebar seluas 2 meter.

5 dari 7 halaman

Wisata di Karanganyar

New Balekambang

Taman New Balekambang Tawangmangu menawarkan wana wisata keluarga berupa taman dengan berbagai fasilitas. Wisata di Karanganyar ini tergolong wisata baru dan menjadi tujuan favorit wisatawan saat berkunjung ke Tawangmangu. Di sini terdapat miniatur ikon dunia, mulai dari Menara Eiffel hingga Candi Borobudur yang cocok bagi kamu pemburu foto instagramable. Selain itu ada pula wahana outbound dan flying fox, ATV, Paint Ball, High Rope dan masih banyak lagi.

Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo berlokasi di Jl. Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Air terjun Parang Ijo mengalir pada dinding tebing-tebing yang sangat hijau. Airnya yang jernih dan segar mampu memberi relaksasi tersendiri.

Astana Giribangun

Wisata di Karanganyar yang juga menarik dikunjungi adalah Astana Giribangun. Astana Giribangun adalah sebuah mausoleum bagi keluarga Presiden Republik Indonesia ke-2, Soeharto. Kompleks makam ini terletak di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 660 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar.

6 dari 7 halaman

Wisata di Karanganyar

Kebun Stroberi Tawangmangu

Di Karanganyar, kamu juga bisa menikmati stroberi segar langsung dari kebunnya. Terletak di kecamatan Tawangmangu, kamu bisa memetik buah stroberi sendiri lalu memakannya langsung. Selain itu, kebun yang berdiri di lahan seluas 2000 m2 ini juga memiliki latar belakang perbukitan yang indah, sehingga pengunjung bisa merasakan enaknya stroberri sambil menikmati pemandangan atau bahkan berswafoto.

Kebun Teh Kemuning

Wisata di Karanganyar yang tak boleh terlewat selanjutnya adalah Kebun Teh Kemuning. Di sini terdapat hamparan perkebunan teh yang hijau dan sejuk. Lokasi perkebunan ini berdekatan denga beberapa komplek objek wisata Karanganyar lainnya seperti candi dan air terjun. Sehingga menjadikan rute perjalanan ini pas untuk dikunjungi satu-satu dalam satu waktu. Nikmati keindahan alam dari ketinggian dengan berwisata di komplek ini.

Telaga Madirda

Wisata di Karanganyar yang satu ini letaknya berada di Ngargoyoso, Karanganyar. Akses untuk menuju ke lokasi ini hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak kecil. Lelahnya perjalanan akan terbayar dengan indahnya telaga yang sejuk dan asri.

7 dari 7 halaman

Wisata di Karanganyar

Gunung Lawu

Puncak Gunung Lawu atau sering disebut Puncak Lawu merupakan wisata pendakian yang menantang dan penuh misteri. Puncak Lawu dapat diakses melalui Cemoro Kandang, desa Gondosuli Kecamatan Tawangmangu. Di Puncak Gunung Lawu terdapat kawah yang dikenal sebagai Kawah Condrodimuko, dan tempat-tempat spiritual seperti Sendang Drajat, Sumur Jolotundo, Argo Dalem, Argo Dumilah, Pasar Dieng, Batu Tugu “Punden Berundak”, Lumbung Selayur, Telaga Kuning, dan Pawon Sewu. Gunung Lawu merupakan gunung api yang berstatus istirahat. Puncak Lawu kerap dijadikan tempat pendakian bagi para pendaki.

Tahura

Karanganyar juga punya Taman hutan raya atau Tahura yang dinamakan TAHURA KGPAA. Mangkunagoro I. Tahura ini berada di Dusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Tambak, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Karanganyar. Memasuki kawasan Tahura, kamu akan disuguhi pepononan pinus yang menjulang tinggi. Suasana pegunungan yang sejuk akan sangat terasa di tempat ini.

Pasar Tawangmangu

Pasar wisata Tawangmangu merupakan pasar tradisional yang bernuansa modern. Di sini kamu bisa menemukan aneka oleh-oleh khas Tawangmangu, kuliner, dan aneka tanaman hias. Pasar yang terletak di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar ini tertata rapi dengan bangunan representatif berlantai tiga, penataan pedagang yang cukup rapi dengan tata ruang yang sudah diklasifikasi sesuai dengan komoditas dagangannya. Di depan pasar Tawangmangu juga terdapat banyak jajanan khas Tawangmangu seperti molen dan sate kelinci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.