Sukses

10 Wisata Palangkaraya, Pamerkan Keindahan Alam yang Indah dan Menawan

Liputan6.com, Jakarta Kota Palangkaraya adalah salah satu kota yang terluas di Indonesia. Luas dari kota yang terletak di Kalimantan Tengah ini sekitar 3,6 kali lipat dari luas Kota Jakarta. Oleh karena itu, dengan mengunjungi Palangkaraya untuk berlibur tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan, karena wisata Palangkaraya memiliki alam yang hijau dan sejuk.

Destinasi wisata Palangkaraya juga beragam, dari segi budaya hingga beberapa taman nasional yang dijadikan sebagai tempat binatang maupun tumbuhan endemik yang dilindungi. Tempat wisata di Palangkaraya merupakan rekomendasi untuk liburan keluarga yang menyenangkan juga sarat edukasi. 

Bagi Anda yang ingin melepas penat dari banyaknya aktivitas, maka wisata Palangkaraya menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi. Kebanyakan tempat wisata di sini tidak memiliki tarif masuk, sehingga pengunjung bisa mengakses dengan bebas. Fasilitas yang tersedia juga berbagai macam, serta beragam spot foto menarik bisa pengunjung nikmati. 

Berikut ini wisata Palangkaraya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Wisata Palangkaraya

1. Arboretum Nyaru Menteng

Wisata Palangkaraya yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Arboretum Nyaru Menteng. Tempat wisata ini merupakan kawasan hutan yang memiliki spesies flora dan fauna. Tempat ini juga adalah salah satu kawasan pelestarian plasma nutfah, dengan ekosistem hutam rawa yang masuk serta mirip dengan hutan tropika dataran rendah. Wisata ini memiliki kondisi tanah yang berawa juga memiliki gambut. Salah satu yang menjadi daya tarik tempat ini adalah pemandangan alam indah, berupa hutan tropis yang memukau. 

Tempat wisata ini terletak di Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya, tempat wisata ini memiliki luas lahan sekitar 65,2 hektar, dengan ketinggian dataran mencapai 20 MDPL. Tempat ini juga bisa ditempuh menggunakan sepeda motor, mobil, dan bus pariwisata dengan jarak tempuh sekitar 28 km. 

2. Danau Tahai

Salah satu wisata Palangkaraya yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Danau Tahai. Tempat ini merupakan wisata andalan masyarakat Kota Palangka Raya. Untuk sampai ke sini, jarak yang harus ditempuh dari pusat Kota kurang lebih 28 km arah. Selain memiliki akses yang mudah, wisata ini juga memiliki keistimewaan tersendiri, karena warna air yang dimiliki berbeda yakni berwarna merah kehitaman. Melansir dari laman resmi Dinas Pariwisata Kota Palngkaraya, berdasarkan hasil penelitian, warna merah tersebut terbentuk karena airnya berasal dari air tanah gambut dan akar-akar pohon di lahan gambut tersebut. Saat berada di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan rumah-rumah terapung yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan rumah lanting, serta berbagai pohon- pohon rindang di sekeliling Danau Tahai. 

3. Kolam Pemancingan Anugrah

Tempat wisata di Palangkaraya yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Kolam Pemancingan Anugrah. Tempat ini merupakan salah satu destinasi pariwisata yang menawarkan pengunjung untuk memancing ikan bagi keluarga. Ikan yang sudah dipancing dapat dibawa pulang ke rumah dengan membayar biaya per kilo gram dengan biaya mulai dari Rp 35.000,00. 

Jangan khawatir, karena akses jalan menuju lokasi ini tidak sulit, melainkan bisa ditempuh menggunakan transportasi darat seperti motor, mobil, dan bus pariwisata dengan jarak 32 km dari pusat Kota Palangka Raya. Tersedia juga berbagai fasilitas, diantaranya aula terbuka, papan informasi, sarana P3K, tempat sampah dan Sarana kuliner, dan pertunjukan musik (live music).

 

3 dari 4 halaman

Wisata Palangkaraya

4. Betang Mandala Wisata

Tempat wisata yang juga dikenal dengan Rumah Betang “Eka Tingang Nganderang” adalah replika rumah betang khas Kalimantan Tengah yang berada di pusat Kota Ralangka Raya. Rumah Betang ini juga digunakan sebagai tempat pertemuan baik itu rapat, sosialisasi, dan kegiatan lainnya. Salah satu yang menjadi daya tarik wisata Rumah Betang adalah replika yang dibuat mendekati bentuk aslinya dari budaya Dayak khas Kalimantan Tengah. Saat berkunjung ke sini, wisatawan akan melihat dekorasi ruangan yang lekat dengan ornamen khas Dayak. Tempat ini terletak di jalan D. I. Panjaitan Kota Palangkaraya, serta dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah. 

 

5. Pasar Blauran

Wisata Palangkaraya yang tak boleh terlewat adalah Pasar Blauran atau Pasar Rakyat atau Pasar Tradisional yang terbesar di Palangka Raya. Tempat ini memiliki tiga waktu operasional yaitu pukul 04.00–06.00 WIB yang berlokasi di sekitar Jalan Seram, dan pasar pagi dan siang yang buka pukul 07.00—16.00 WIB berlokasi di Pusat Pasar Besar (Blauran). Salah satu daya tarik Pasar Blauran, karena pasar tradisional ini berlokasi ditengah Kota Palangka Raya, serta menawarkan berbagai macam jenis bahan sembako, pakaian, suvenir,kebutuhan rumah tangga, jajanan pasar, tempat makan, toko emas, toko elektronik, dan kebutuhan masyarakat umum lainnya.

 

6. Desa Wisata Kanarakan

Desa Wisata Kanarakan merupakan salah satu tempat wisata di Palangkaraya yang wajib untuk dikunjungi. Saat berada di sini, pengunjung akan melihat sandung (house bone of Kaharingan) dan sapundu (wood statue of Kaharingan), menyadap karet atau memantat (rubber tapping), kopi tradisional, dan kearifan lokal Dayak yang masih terjaga. Tempat ini terletak di Kelurahan Kanarakan Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya dengan luas lahan 358,00 ha/km2

4 dari 4 halaman

Wisata Palangkaraya

7. Jembatan Kahayan

Tempat wisata di Palangkaraya ini berupa Jembatan Kahayan yang memiliki jarak tempuh sekitar 14 km dari Bandar Udara Tjilik Riwut, jembatan ini membentang di atas Sungai Kahayan dengan panjang mencapai 640 meter dan lebar 9 meter. Terletak Jl. S. Parman, Langkai, Pahandut, Kota Palangkaraya ini, membuat pengunjung bisa melihat kehidupan masyarakat asli Kalimantan Tengah yang sangat tergantung dengan keberadaan sungai. Jembatan ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menanti matahari terbenam, tentunya dengan pemandangan Jembatan Kahayan yang megah.

8. Taman Nasional Tanjung Puting

Tempat wisata Palangkaraya berikutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Tempat yang terletak di Teluk Pulai, Kabupaten Kotawaringin Barat ini, akan memberikan pengalaman menyusuri hutan yang tidak akan terlupakan. Tersedia juga paket tur yang memungkinkan pengunjung untuk mengunjungi lokasi rehabilitasi orang utan di Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, Camp Pondok Ambung, dan Camp Leakey. Sepanjang perjalanan, kamu bisa melihat bekantan, kera berwarna kuning cokelat kemerah-merahan dan berwarna panjang yang punya hidung besar yang khas, serta beragam spesies hewan unik lainnya. Tempat ini menjadi rekomendasi liburan keluarga yang seru juga menyenangkan. 

9. Taman Nasional Sebangau

Destinasi wisata di Palangkaraya yang juga harus dikunjungi para wisatawan adalah Taman Nasional Sebangau. Bagi pengunjung yang berijiwa petualang tentunya sangat cocok mengunjungi tempat ini. Terletak di Desa Bangkirai, Kecamatan Sebangau, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah ini, merupakan rumah bagi 808 jenis flora, 182 jenis burung, 54 spesies ular serta 35 spesies mamalia termasuk juga satwa-satwa seperti Orang Utan, Bekantan, Owa, Beruang Madu, Burung Rangkong dan satwa-satwa dilindungi lainnya.

10. Danau Hanjalutung

Salah satu wisata Palangkaraya yang tak boleh dilewatkan saat liburan adalah Danau Hanjalutung, di mana dijadikan tempat wisata yang membuat pengunjung bisa melihat keindahan alam dan aktivitas masyarakat setempat, yaitu mencari ikan dan aktivitas lainnya. Salah satu daya tarik Danau Hanjalutung diantaranya seperti memancing, menyusuri danau hanjalutung, menikmati keindahan panorama alam dan danau. Tempat wisata ini juga memiliki lahan seluas 70 hektar dengan berbagai fasilitas memadai yang disediakan oleh pengelola. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.