Sukses

28 Wisata Alam di Malang Terpopuler, Tawarkan Pesona Pegunungan Hingga Pantai

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam di Malang bisa menjadi destinasi liburan yang menyenangkan. Hal ini tentunya karena Malang menawarkan beragam destinasi wisata alam yang lengkap, mulai dari alam pegunungan hingga pantai.

Wilayah pegunungannya menawarkan destinasi berupa pemandangan indah khas pegununganan beserta udara yang sejuk. Belum lagi terdapat begitu banyak air terjun indah di sekitar daerah pegunungan tersebut.

Wisata alam di Malang juga menawarkan keindahan alam laut atau pantai. Kamu dijamin tidak akan kesulitan menemukan destinasi wisata alam yang kamu inginkan di Malang. Liburan di Jawa Timur tentunya belum lengkap tanpa singgah ke Malang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/9/2022) tentang wisata alam di Malang.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Wisata Alam di Malang

Bromo

Wisata alam di Malang yang paling utama tentunya adalah Bromo. Gunung Bromo berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Malang adalah salah satu jalur favorit untuk mengunjungi Bromo. Perjalanan ke Bromo dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Malang. Banyak yang menawarkan paket wisata ke Bromo melalui Rute Malang. Paket yang ditawarkan pun beragam seperti paket sunrise, paket camping, dan masih banyak lagi.

Padang Rumput Savana Bromo

Padang rumput savana masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Sabana Gunung Bromo menjadi pesona tersendiri jika memasuki kawasan wisata Bromo. Di lokasi ini terdapat hamparan padang rumput berbukit yang luas. Saat musim hujan, sabana ini akan menghijau dan segar di pandang mata. Saat memasuki musim kemarau, rumput akan menguning dan cokelat dengan indah. Sabana Gunung Bromo atau yang juga dikenal dengan Lembah Jemplang menjadi destinasi favorit para wisatawan yang melakukan pendakian ke Bromo.

Coban Jahe

Coban Jahe atau yang juga dikenal dengan Air Terjun Begawan berlokasi di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Untuk bisa menikmati keindahan wisata alam di Malang satu ini, kamu harus berjalan kaki lebih kurang sekitar 1 kilometer.

Coban Kethak

Coban Kethak berada di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kediri. Aliran Coban Kethak merupakan aliran Sungai Lanang yang bermuara hingga ke Kediri. Sesuai namanya, dulunya wilayah air terjun ini ditinggali banyak kera (kethek). Hingga kini pengunjung masih bisa menemukan kawanan kera di sekitar air terjun ini.

Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina terletak di Dusun Tumpak Sewu, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Meski terkenal angker karena cerita yang beredar di masyarakat, pantai ini memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik dibandingkan pantai-pantai lainnya. Wisata alam di Malang ini memiliki tiga pulau karang yang ada di pesisirnya.

Sumber Mata Air Maron

Sumber Maron terletak di Desa Pagelaran, Kecamatan Karangsuko, Malang. Sumber Maron merupakan salah satu primadona sumber mata air di Malang. Sumber mata air ini bisa menjadi pilihan menarik untuk berlibur, dan yang menjadi daya tarik adalah air yang sangat jernih serta terdapat air terjun kecil di sana.

3 dari 6 halaman

Wisata Alam di Malang

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan wisata alam di Malang yang sangat populer. Pantai ini berada di Dusun Sumber Jahe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang. Tiket masuk ke pantai ini juga cuma Rp 10 ribu.

Gunung Widodaren

Gunung ini berlokasi masih bersebelahan dengan Gunung Batok dan berada di satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Malang wisata pegunungan ini memiliki puncak ketinggian 2.614 meter diatas permukaan laut. Beberapa masyarakat lokal mengatakan bahwa Puncak Gunung Widodaren sering dijadikan tempat bertapa beberapa penduduk asli suku Tengger.

Coban Sumber Pitu Pujon

Coban Sumber Pitu Pujon berada di Desa Pujon Kidul, Pujon, Krajan, Pandesari, Malang. Dinamakan sumber pitu karena tempat ini memiliki tujuh air terjun yang saling berdekatan dan memenuhi tebing selebar lebih kurang 50 meter.

Coban Nirwana

Coban Nirwana berlokasi di Desa Sumberbendo, Kecamatan Gedangan, Malang. Wisata alam di Malang ini menyuguhkan keindahan air terjun yang bertingkat berbeda dengan air terjun lainnya yang berada di kota Malang.

Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari

Wisata alam di Malang yang satu ini berada di balik hutan lindung, sehingga masih jarang yang mengunjungi pantai ini. Di dekat Pantai Mbehi terdapat ceruk dengan air laut yang jernih dan mirip dengan kolam renang alami. Kolam ini sering disebut dengan Teluk Bidadari. Kamu bisa berenang di sana dan bermain air.

4 dari 6 halaman

Wisata Alam di Malang

Kebun Teh Wonosari

Wisata alam di Malang dengan nuansa pegunungan selanjutnya adalah Kebun Teh Wonosari. Perkebunan ini berada di dua wilayah yaitu di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari dan Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Produksi khas dari perkebunan teh ini adalah teh putih yang merupakan teh berbahan pilihan, sebab diambil dari pucuk daun teh (pucuk peko) yang belum mekar.

Coban Ciblungan

Coban Ciblungan adalah wisata air tejun yang terletak di Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Malang. Air terjun ini memiliki jumlah aliran air terjun yang banyak dan menyuguhkan pemandangan pegunungan yang menyejukkan.

Coban Tundo

Di Coban Tundo kamu bisa menikmati keindahan tiga tingkatan air terjun sekaligus. Air terjun yang berada di Sumbermanjing Wetan, Desa Tambakasri, Kabupaten Malang juga menjadi destinasi favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu. Di sini terdapat 3 air terjun, yaitu Coban Tundo 1, 2 dan 3.

Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter menjadi salah satu habitat penyu abu-abu. Jika kamu berkesempatan, kamu bisa menemukan penyu abu-abu di sana. Di pantai ini terdapat bebatuan karang yang indah. Inilah yang membuat pantai ini dinamai Pantai Watu Leter.

Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar merupakan pemandian yang berada di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut. Pemandian ini terletak di kawasan Taman Hutan Rakyat R. Soerjo. Ada tiga kolam pemandian di sini. Di kawasan Pemandian Air Panas Cangar, kamu bisa merasakan berendam di air panas dengan udara yang sejuk dan segar.

Pantai Jonggring Saloka

Pantai Jonggring Saloka cukup terkenal dengan fenomena watu ngebros, yaitu fenomena semburan air yang muncul dari sela bebatuan karang. Semburan tersebut adalah hasil pertemuan ombak selatan dan utara yang menghasilkan suara gemuruh cukup besar.

5 dari 6 halaman

Wisata Alam di Malang

Wisata Petik Apel

Batu dan Malang terkenal dengan produksi apel lokalnya yang biasa disebut dengan Apel Malang. Perkebunan apel dapat ditemui di kota Batu. Di sini terdapat wisata petik apel yang dikelola oleh warga sekitar yang dapat dinikmati wisatawan. Di sini kamu akan disuguhi oleh hamparan perkebunan apel yang segar. Selain itu, kamu juga dapat memetik dan mencicipi sendiri apel dari pohonnya. Biasanya untuk bisa masuk ke kebun apel, pengunjung dikenakan tarif Rp 25 ribu dengan fasilitas makan apel sepuasnya di kebunnya.

Coban Rondo

Coban Rondo berada di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kabupaten Malang. Coban Rondo termasuk wisata alam di Malang yang sangat populer. Fasilitas di Coban Rondo juga cukup lengkap. Di sini kamu bisa menemukan area perkemahan, dan beberapa wahana permainan seperti outbond, flyingfox, dan masih banyak lagi. Di sini juga terdapat area labirin yang bisa menjadi tempat rekreasi menarik.

Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok termasuk pantai yang cukup unik di Malang. Pantai ini merupakan pertemuan air tawar dan asin, berupa air terjun yang langsung menuju pantai. Terdapat juga gua yang tak terlalu dalam dan bisa ditelusuri. Untuk sampai ke pantai ini cukup membutuhkan perjuangan, yakni perjalanan off road selama kurang lebih 30 menit melewati perkebunan kopi.

Coban Banyu Anjlok

Air terjun Banyu Anjlok berlokasi di Lenggoksono, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang. Jika air terjun lainnya berada di pegunungan, air terjun Banyu Anjlok berada di pesisir pantai. Air terjun ini merupakan tempat pertemuan antara air tawar dan air asin. Di sini kamu tak cuma mendapatkan pemandangan air terjun, namun juga pantai Banyu Anjlok dengan pasir putih yang indah.

Sumber Mata Air Jenon

Pemandian Sumber Jenon berada di kawasan Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Sumber Jenon ini sangat jernih, dilengkapi dengan pemandangan yang asri serta warna airnya yang hijau kebiruan menjadi daya tarik tersendiri obyek wisata ini. Sumber air ini berasal dari pegunungan di kaki Gunung Ronggo. Sumber Jenon terlihat semakin unik dengan adanya fosil akar pohon raksasa yang berada di dasar sumber dan akar tersebut terlihat dari permukaan karena air sumber sangat jernih.

6 dari 6 halaman

Wisata Alam di Malang

Paralayang Batu

Paralayang Batu merupakan tempat yang tepat bagi penggemar olahraga ekstrem paralayang. Dari sini kamu bisa menikmati alam dari ketinggian bukit. Lokasi ini juga banyak digunakan oleh para atlet paralayang untuk latihan bahkan melukukan kompetisi.

Coban Siuk

Coban Siuk berlokasi di Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang. Air terjun ini menyuguhkan panorama sejuk dan menenangkan. Air terjun dengan ketinggian yang hampir mencapai 90 meter ini memiliki debit air yang cukup besar. Tak jauh dari Coban Siuk, kamu bisa menemukan Coban Sisir yang tak kalah indah.

Coban Trisula

Coban Trisula berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Malang. Coban Trisula berada di ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut (mdpl). Disebut Coban (air terjun) Trisula karena terdiri dari tiga air terjun yang terbentuk dari satu aliran Sungai Lanjing.

Pantai Ngliyep

Wisata alam di Malang yang tak kalah terkenal lainnya adalah Pantai Ngliyep. Di Pantai Ngliyep juga terdapat pulau kecil bernama Gunung Kambang. Pulau ini bisa dicapai dengan jembatan yang sudah disediakan. Gunung Kambang juga bisa menjadi spot yang menarik untuk melihat matahari terbenam.

Petirtaan Watugede

Petirtaan Watugede merupakan pemandian peninggalan kerajaan Singhasari. Pemandian ini diyakini merupakan pemandian yang digunakan oleh para putri raja zaman pemerintahan Ken Arok. Petirtaan Watugede berjarak sekitar 2 km dari candi Singosari. Kini pertirtaan ini menjadi wisata alam di Malang yang cukup populer. Tak hanya sarat dengan nilai sejarah, pemandian ini memiliki suasana yang tenang dan teduh.

Mata Air Sumber Sirah

Pemandian alami ini berada di Jalan Sunan Kalijaga I RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Kec. Gondanglegi, Malang. Mata Air Sumber Sirah memiliki air super jernih yang segar. Selain itu, terdapat tumbuh-tumbuhan air dalam kolam tersebut. Di sini pengunjung bisa berenang dan berfoto di bawah air dengan spot-spot menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.