Sukses

6 Wisata Sabang Berbasis Pantai yang Bisa Melengkapi Liburan Anda

Sabang merupakan salah satu kota di Aceh dan berada di Pulau Weh sebagai bagian dari ujung barat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Sabang merupakan salah satu kota di Aceh. Tepatnya yang berada di Pulau Weh yang menjadikannya bagian dari ujung barat Indonesia. Kota Sabang dapat dicapai dengan menempuh perjalanan jalur air selama 30 menit menggunakan kapal feri dari Banda Aceh. Sabang tidak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia karena di sini juga melimpah akan tempat wisata.

Beberapa event terkenal telah berhasil diselenggarakan di Sabang. Dilansir dari Indonesia.travel (website resmi Kemenparekraf RI beberapa di antaranya seperti, Khandori Laot Festival 2018, Sail Sabang 2017 dan Sabang International Freediving Competition pada tahun 2018. Sabang International Freediving Competition tahun 2018 bahkan  berhasil diikuti oleh 40 atlet selam dari 23 negara di seluruh dunia.

Kegiatan-kegiatan tersebut hanya beberapa bukti dari fakta bahwa wisata Sabang juga tidak kalah dengan daerah lainnya. Berbicara tentang Sabang yang ada di Pulau Weh, maka tidak boleh ketinggalan membahas tentang pantainya.

Hal tersebut juga sudah terlihat dari tiga acara besar yang pernah dilakukan di Sabang tersebut berkaitan dengan pantai dan laut Sabang. Anda tidak perlu bingung tentang tempat wisata Sabang apa yang bisa Anda kunjungi karena liputan6 telah merangkumkan dari Indonesia.travel dan berbagai sumber tentang 6 tempat wisata Sabang berbasis pantai yang dapat Anda kunjungi, pada Jum’at (16/9/22) 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Pantai dan Pulau di Sabang

1. Pantai Iboih

Salah satu pantai yang sangat dikenal dan menjadi ikon Kota Sabang adalah Pantai Iboih. Anda bisa sampai di wisata Sabang yang satu ini dengan melalui perjalanan selama 30 menit dari pusat Kota Sabang. Bagi Anda yang ingin melepas penat, maka pantai ini sangat cocok karena Anda akan disuguhi suasana pantai yang tenang. Selain itu, Anda juga wajib untuk melirik alam bawah lautnya yang sangat menarik dan cantik. Jika berkunjung ke Pantai Iboih sebentar tidak cukup, maka Anda dapat menikmati pantai lebih lama dengan menyewa penginapan yang berada di sekitar pantai.

2. Pulau Rubiah

Liburan Anda ke Pulau Rubiah akan sangat tidak lengkap jika Anda tidak mencoba snorkeling di sini. Anda bisa mendapatkan pengalaman berenang yang menyenangkan dengan gerombolan ikan di perairan yang biru jernih dan dangkal di Pulau Rubiah. Tidak hanya itu, ketika ke Pulau yang satu ini, pastikan juga Anda mencoba hiking atau bahkan menyelam di laut dalamnya. Satu hal menarik yang dapat Anda ketahui bahwa pada zaman dahulu, pulau ini menjadi bagian dari ziarah haji Muslim ke Mekkah. Anda dapat mencapai Pulau Rubiah hanya dengan melakukan perjalanan speed boat sebentar dari Pantai Iboih. Di pulau ini juga terdapat resor, sehingga Anda bisa berlama-lama jika berkunjung ke Pulau Rubiah. Wisata Sabang yang satu ini benar-benar harus Anda kunjungi jika ke Sabang.

3. Pantai Anoi Hitam

Pesona pantai dengan pasir hitam yang satu ini juga tidak akan kalah memikat daripada pantai-pantai lainnya di Sabang. Pasir Pantai Anoi Hitam ini berasal dari letusan gunung berapi yang ada di Pulau Weh. Meskipun berpasir hitam, warna air di pantai ini sangat jernih dengan pemandangan yang tidak akan membuat Anda berpikir dua kali untuk berkunjung.

4. Pantai Ujung Kareung

Wisata Sabang berbasis pantai selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Ujung Kareung. Berkunjung ke pantai ini, Anda akan disuguhi panorama jajaran batu karang yang besar-besar di samping area pantai. Kamu dapat menguji adrenalin dan melepas stress dengan melompat dari batu karang ke laut atau hanya duduk-duduk sambil memancing di atas batu karang tersebut. Pantai yang berada di Kecamatan Suka Jaya ini sangat cocok untuk di masukkan ke dalam list wisata Sabang yang akan Anda kunjungi.

3 dari 3 halaman

Wisata Pantai di Sabang

5. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga terletak di pantai timur Pulau Weh, tepatnya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang dan sekitar 15 menit dari Kota Sabang. Bagi Anda yang ingin mencari ketengan melalui matahari terbit atau tenggelam, maka Pantai Sumur Tiga adalah jawabannya. Pantai Sumur Tiga menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah dan menenangkan dengan air laut yang biru kehijauan. Selain itu, pasir pantainya yang putih akan adalah nilai plus lain yang dimiliki pantai ini.

Disebutkan juga bahwa  nama wisata Sabang yang satu ini diambil dari tiga sumur air tawar yang katanya berada di pantai ini. Selain itu, di Pantai Sumur Tiga juga terdapat situs-situs peninggalan Jepang yang bisa Anda kunjungi. Menarik bukan? Anda juga dapat dapat memuaskan perut Anda dengan berbagai makanan laut yang tersedia dia warung-warung sekitar pantai.

2. Pantai Gapang

Dilansir dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Pantai Gapang merupakan salah satu destinasi yang banyak dipilih oleh para penjelajah dunia dan backpacker jika mereka berkunjung ke Aceh. Pantai ini terletak 17 km dari Kota Sabang. Anda dapat sampai di Pantai Gapang dari Pelabuhan Balohan lalu menempuh perjalanan ke bagian barat Pulau Weh selama satu jam perjalanan darat.

Bukan tanpa sebab para backpacker menjadikan Pantai Gapang jadi salah satu destinasi wisata tujuan. Hal tersebut karena wisata Sabang yang satu ini akan membuat, tidak hanya hati senang tetapi kantong juga bisa tetap aman. Pasalnya, di sekitar Pantai Gapang terdapat rumah bungalow berdinding kayu yang eksotis yang memiliki harga sekitar Rp80.000 saja. Akan tetapi, di sini juga tersedia resor penyelam dengan pelayanan khusus yang biayanya sekitar Rp250.000. Anda dapat menikmati keindahan Pantai Gapang dengan menyelam dan snorkeling. Berbagai jenis tempat makan hingga restaurant juga tersedia di sekitar Pantai Gapang.

Nah, itu dia 6 wisata Sabang berbasis pantai yang bisa Anda kunjungi. Perlu diingat bahwa kesopanan dianggap sebagai tanda penghormatan dan dihargai di wilayah ini. Oleh karena itu, jika Anda bersenang-senang di Sabang, jangan lupa untuk tetap menjaga sopan-santun.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini