Sukses

18 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Secara Alami, Sehat dan Tanpa Efek Samping

Cara cepat menumbuhkan rambut pun cukup mudah dengan bahan sederhana yang sering dijumpai di sekitar anda.

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat menumbuhkan rambut secara alami dapat dilakukan di rumah. Bahan alami dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut. Cara menumbuhkan rambut dengan cepat pun cukup mudah dengan bahan sederhana yang sering dijumpai di sekitar anda.

Perawatan rambut supaya dapat tumbuh lebat dan sehat perlu untuk diperhatikan. Dengan memanfaatkan bahan alami sebagai salah satu perawatan rambut, bisa jadi solusinya. Selain rambut akan tampak sehat, cara menumbuhkan rambut secara alami juga aman dan tanpa efek samping.

Cara cepat menumbuhkan rambut secara alami ini perlu dilakukan secara rutin dan konsisten untuk hasil yang maksimal. Bahkan cara menumbuhkan rambut dengan cepat secara alami juga dapat mengatasi rambut yang rontok dan rusak.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara cepat menumbuhkan rambut secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (18/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Secara Alami

1. Lidah buaya

Cara cepat menumbuhkan rambut secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya atau aloe vera. Lidah buaya telah lama digunakan untuk mengobati rambut rontok. Lidah buaya juga menenangkan kulit kepala dan mengkondisikan rambut. Caranya yaitu dengan menggunakan gel lidah buaya ke kulit kepala beberapa kali seminggu. Anda juga bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung lidah buaya.

2. Lemon

Cara cepat menumbuhkan rambut secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Air lemon atau minyak lemon dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Minyak lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut. Caranya yaitu dengan mengoleskan air lemon segar ke kulit kepala dan rambut 15 menit sebelum keramas. Anda bisa menggunakan minyak esensial lemon yang diencerkan sebagai masker rambut.

3. Minyak kemiri

Minyak kemiri atau kukui nut mengandung asam lemak dan asam amino yang mudah menembus kulit kepala dan batang rambut agar tetap lembap dan ternutrisi. Memijat kulit kepala dengan tambahan minyak kemiri dapat membantu rambut mendapatkan kembali kelembapannya dan merangsang pertumbuhan rambut.

3 dari 7 halaman

Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Secara Alami

4. Minyak kelapa

Cara cepat menumbuhkan rambut secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang menembus di dalam batang rambut dan mengurangi kehilangan protein dari rambut. Minyak kelapa bisa digunakan sebelum atau sesudah keramas, tergantung jenis rambut anda.

5. Minyak ikan

Cara menumbuhkan rambut secara alami bisa dengan rajin mengonsumsi minyak ikan. Mengonsumsi asam lemak omega dapat membantu memperbaiki rambut dari dalam, karena mengandung nutrisi dan protein.

6. Ginseng

Cara cepat menumbuhkan rambut secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan ginseng. Ginsenosides adalah komponen aktif ginseng dan dianggap bertanggung jawab atas efek positifnya pada rambut. Menggunakan serum atau suplemen ginseng dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut.

4 dari 7 halaman

Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Secara Alami

7. Minyak rosemary

Rosemary adalah salah satu minyak esensial yang sering jadi andalan cara cepat menumbuhkan rambut. Minyak ini bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut. Campurkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam minyak pembawa seperti kelapa atau zaitun dan pijat ke rambut dan kulit kepala sebelum dibilas. Lakukan ini beberapa kali per minggu. Tambahkan juga beberapa tetes minyak rosemary ke dalam sampo dan kondisioner setiap hari.

8. Teh hijau

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan teh hijau. Teh hijau kaya akan polifenol yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau dapat mencegah kerontokan rambut dengan menghambat aktivitas hormon yang menyebabkan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan kembali rambut dengan merangsang folikel rambut. Caranya yaitu dengan menambahkan 1-2 kantong teh hijau ke dalam air mendidih dan biarkan terendam selama 5 menit. Setelah dingin, oleskan cairan ke rambut Anda di akhir mandi.

9. Minyak geranium

Cara cepat menumbuhkan rambut secara alami dengan minyak geranium. Minyak geranium berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi. Campurkan beberapa tetes ke dalam minyak pembawa dan gunakan untuk membuat masker rambut. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes ke sampo dan kondisioner. Minyak geranium dapat membantu memperkuat, menghidrasi, dan memulihkan rambut.

5 dari 7 halaman

Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Secara Alami

10. Cuka sari apel

Membilas rambut dengan cuka dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus membuatnya tampak berkilau, sehat, dan indah. Caranya adalah dengan mencampurkan dua sendok makan cuka dan satu liter air, gunakan untuk membilas rambut serta membantu menciptakan rambut panjang yang sehat.

11. Pijatan kepala

Cara cepat menumbuhkan rambut secara alami yang selanjutnya adalah dengan sering memijat kepala. Pijatan pada kulit kepala membantu meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres. Pijat kepala juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut. Ini juga dapat memobilisasi minyak dari kulit kepala yang memperkuat akar dan menjaga kelembapan rambut.

12. Jus bawang bombay

Senyawa fitokimia dalam jus bawang bombay dapat membantu menginduksi pertumbuhan kembali rambut. Jika anda tak masalah dengan bau bawang, jus bawang bombay bisa jadi salah satu cara cepat menumbuhkan rambut. Haluskan setengah buah bawang bombay. Saring dan oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama satu jam. Cuci bersih dengan sampo.

6 dari 7 halaman

Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Secara Alami

13. Yogurt

Cara cepat menumbuhkan rambut secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan yogurt. Yogurt adalah sumber probiotik yang kaya dan dapat memfasilitasi pertumbuhan rambut yang kuat dan mencegah kerusakan rambut. Yogurt bisa dikonsumsi setiap hari.

14. Kopi

Kafein dalam kopi bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Kafein dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, dan organ baik pada pria maupun wanita. Anda bisa menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan kafein seperti sampo, kondisioner, atau serum. Menggunakan masker buatan sendiri dari bubuk kopi juga bisa membantu.

15. Masker telur

Cara cepat menumbuhkan rambut secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan masker rambut dari telur. Caranya kocok telur utuh dan 1 sendok makan mintak zaitun sampai bercampur sempurna. Kemudian, oleskan campuran ini ke rambut. Pastikan benar-benar menutupi rambut dengan campuran ini. Biarkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan air dingin dan shampo. Bersihkan rambut dan biarkan hingga kering. Ulangi proses ini sekali atau dua kali seminggu.

7 dari 7 halaman

Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Secara Alami

16. Mengoleskan minyak zaitun

Minyak zaitun cukup dikenal memiliki segudang manfaat dalam bidang kecantikan. Salah satunya dalam hal perawatan rambut. Hal ini karena minyak zaitun tinggi akan kandungan vitamin E. Nah, cara cepat menumbuhkan rambut adalah dengan rutin mengolesi minyak zaitun di rambut dan kulit kepala. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, maka perlahan-lahan daerah di kepala yang botak akan mulai kembali ditumbuhi rambut.

17. Seledri 

Tanaman seledri terkenal akan kandungan vitamin A, B, serta mineral natrium dan kalsium yang mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat. Untuk menggunakan seledri sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat yakni, ambil beberapa helai daun seledri segar lalu bersihkan. Kemudian haluskan daun seledri dengan cara menumbuknya atau menggunakan blender dengan campuran sedikit air bersih.

Setelah itu, oleskan daun seledri ke rambut dan kulit kepala anda secara merata. Untuk menghindari kontaminasi kuman dan bakteri, lebih baik bersihkan rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan maskernya. Lalu diamkan selama 45 menit-1 jam agar vitamin dan mineral yang ada pada daun seledri dapat terserap dengan sempurna oleh kulit kepala dan rambut. Lalu bersihkan kembali rambut dengan air bersih dan tanpa menggunakan shampoo.

18. Daun jambu biji

Daun jambu biji rupanya dapat Anda gunakan sebagai perawatan rambut sebagai cara cepat menumbuhkan rambut. Caranya, rebus daun jambu biji, lalu gunakan air rebusannya (yang telah dingin) untuk dibilaskan ke rambut. Bermanfaat mengatasi rambut rontok dan membuatnya kuat kembali. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.