Sukses

12 Wisata Brunei Darussalam yang Unik dan Menarik, Didominasi Spot Religi

Tempat wisata Brunei Darussalam terkenal dengan wisata sejarah dan religinya.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Brunei Darussalam memang tidak terdengar familiar dikalangan masyarakat. Sebab, negara ini tidak melimpah dengan wisata alam. Meskipun begitu, masih banyak wisata di Brunei Darussalam yang unik dan menarik.

Brunei Darussalam terkenal dengan wisata sejarah dan religinya. Brunei Darussalam termasuk negara yang kecil, meskipun begitu negaranya kaya akan minyak dan bangunannya banyak diselimuti emas.

Tempat wisata Brunei Darussalam dekat dengan Indonesia, karena terletak di pantai utara Pulau Kalimantan. Bagi anda yang berkunjung ke negara ini, dijamin akan dimanjakan dengan berbagai bangunan estetik dan unik yang tidak ada di negara lain.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai destinasi wisata Brunei Darussalam yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (18/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Brunei Darussalam yang Unik dan Menarik

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Tempat wisata Brunei Darussalam yang pertama adalah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin. Masjid ini merupakan masjid kerajaan Kesultanan Brunei yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei Darussalam. Masjid ini merupakan salah satu masjid paling mengagumkan di Asia Pasifik, serta menjadi Land Mark dan daya tarik sebagai tempat wisata di Brunei Darussalam.

Arsitektur masjid ini memadukan Arsitektur Mughal dengan gaya Italia. Masjid ini dibangun di atas laguna di tepi sungai Brunei di Kampong Ayer. Ciri khas yang paling mengagumkan dari masjid ini adalah kubahnya yang dilapisi emas murni. 

2. Masjid James ‘Asr Hassanil Bolkiah

Tempat wisata Brunei Darussalam yang berikutnya adalah Masjid James ‘Asr Hassanil Bolkiah. Masjid ini merupakan tempat ibadah umat Muslim paling besar di Brunei. Sebab negara ini didominasi dengan penganut agama Islam, maka tidak heran jika anda banyak melihat masjid-masjid megah di sini. Salah satunya Masjid James ‘Asr Hassanil Bolkiah, yang didirikan untuk memperingati pemerintahan Sultan Bolkiah Hassanil.

Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat mewah, dengan menggunakan perpaduan antara Italia dan India dengan ciri khas 29 kubah berlapis emas murni. Tak heran jika masjid ini digadang-gadang sebagai masjid terindah di Asia Pasifik.

Di sekeliling masjid terdapat danau buatan dan juga sebuah taman bunga. Dua objek tersebut membuat masjid ini bukan hanya sebagai tempat beribadah, tetapi juga bisa digunakan buat bersantai dan berwisata.

3. Museum Brunei

Tempat wisata Brunei Darussalam yang wajib dikunjungi adalah Museum Brunei. Tempat wisata ini sejenis tempat koleksi barang berharga. Perbedaannya, Museum Brunei dibangun untuk menyimpan barang bersejarah dan benda adat Borneo, seperti belati dan meriam antik.

Koleksi lainnya berupa artefak dan benda temuan yang diperoleh dari bangkai kapal yang terletak di lepas pantai Brunei. Museum ini terletak di Kota Batu dekat Bandar Seri Begawan. Museum ini dibangun mulai pada 1968 dan selesai pada 1970. 

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Brunei Darussalam yang Unik dan Menarik

4. Safari River

Sungai Safari Brunei akan mengajak anda untuk menjelajahi ekosistem sungai menggunakan perahu. Di sepanjang sungai, anda akan disuguhkan pemandangan ekosistem bakau serta berbagai fauna yang hidup di dalamnya.

Wisata Safari ini juga bisa dilakukan saat malam hari sehingga memberikan suasana baru yang lebih menantang. Apabila anda ingin menikmati petualangan yang lebih seru, anda bisa menyewa kapal pesiar untuk mengelilingi Sungai Brunei. 

Selama menikmati tur di tempat wisata Brunei Darussalam ini, anda akan melihat pemandangan yang paling unik dan tidak ada di pulau lain adalah Bekantan. Hewan unik ini memiliki bentuk hidung yang berbeda dari semua monyet yang ada.

5. Kampong Ayer

Kampong Ayer atau biasa disebut Water Village merupakan sebuah desa air terbesar di dunia. Banyak yang menjuluki kampong ini sebagai Venesia dari Timur. Desa prasejarah ini pernah disinggahi selama satu milenium. Kini tempat bersejarah ini dihuni oleh sekitar 40 ribu warga Brunei.

Kampong Ayer terletak di Sungai Brunei, Distrik Brunei Muara, Brunei. Karena dekat Teluk Brunei yang menghadap ke Laut China di sebelah utara Pulau Kalimantan, Kampong Ayer menjadi potret kehidupan warga Brunei masa lalu yang mengandalkan sungai dan laut sebagai jalur perniagaan.

Sudah ada sejak enam abad silam, kini kampung ini memiliki 4.000 bangunan. Rumah di kampong tersebut rata-rata terbuat dari kayu. Selain itu, perahu motor menjadi alat transportasi satu-satunya yang menghubungkan daratan Bandar Seri Begawan dengan Kampong Ayer.

6. Istana Nurul Iman

Istana Nurul Iman merupakan kediaman resmi Sultan Brunei dan pusat dari pemerintahan Brunei. Istana ini terletak di daerah pemekaran, di tepi sungai dengan bukit yang hijau di tepi Sungai Brunei, beberapa kilometer di selatan Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei.

Istana bergaya arsitektur Islam-Melayu klasik ini merupakan karya arsitek asal Filipina, Leandro V Locsin. Istana ini dibangun dengan memiliki ruangan yang cukup banyak. Ada 1.788 kamar, 257 kamar mandi, 18 lift, dan sebuah masjid yang mampu menampung 1.500 jamaah dan 5 kolam dengan berbagai kedalaman.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Brunei Darussalam yang Unik dan Menarik

7. Taman Nasional Ulu Temburong

Tempat wisata Brunei Darussalam yang berikutnya adalah Taman Nasional Ulu Temburong. Ulu Temburong National Park adalah taman nasional pertama yang didirikan di Brunei, dan dilindungi sejak tahun 1991. Taman Nasional di Brunei Darussalam  ini dianggap sebagai hutan hujan tropis terbaik yang dilestarikan di Pulau Kalimantan.

Tempat wisata di Brunei Darussalam ini merupakan surga bagi para ilmuwan. Waktu yang paling pas mengunjungi tempat wisata Brunei Darussalam ini adalah sebelum matahari terbenam, karena pada saat itu atau pagi hari hutan akan dipenuhi dengan burung dan binatang yang keluar mencari makan.

8. Billionth Barrel Monument

Tempat wisata di Brunei Darussalam lainnya adalah Billionth Barrel Monument. One Billionth Barrel Monument adalah sebuah monumen yang dibangun pada tahun 1991 untuk memperingati jumlah satu miliar Barel minyak yang telah diproduksi di ladang minyak lepas pantai di Seria, Brunei Darussalam. Monumen ini terletak di dekat sumur pertama yang ditemukan di Seria Oil Field. Monumen ini merupakan tonggak simbolis besar bagi kesultanan Brunei.

9. Agro Technology Park

Taman Teknologi Agro merupakan salah satu pengembangan baru utama yang dipromosikan oleh pemerintah Brunei melalui Industri dan Sumber Daya Primer. Terletak di Kampong Tunhku, Mukim Gadong adalah Taman Teknologi Agro atau Taman Agro Teknologi.

Wisata Brunei Darussalam ini terletak di lahan seluas 500 hektar dan terbuka untuk umum. Di dalam taman ada rumah kaca yang berisikan aneka tanaman. Ada rumah kaca yang menjual bunga segar. Jika anda berjalan lebih jauh ke taman, sisi lain dari rumah kaca adalah untuk menanam sayuran. Selain tanaman, ada juga beberapa hewan seperti burung unta, burung kalkun, dan rusa.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Brunei Darussalam yang Unik dan Menarik

10. Royal Regalia Building

Tempat wisata Brunei Darussalam berikutnya yang unik dan menarik adalah Royal Regalia Building. Bangunan ini ialah tempat untuk menyimpan koleksi sultan Brunei seperti mahkota, harta karun, dan kereta kerajaan. Kereta emas yang dipamerkan di Royal Regalia Buiding ini memiliki sejarah tersendiri, karena pernah mengiringi Sultan Brunai saat penobatannya sebagai Raja pada tahun 1967. Bukan hanya itu, di sini juga tersimpan beragam benda-benda kebesaran Kesultanan Brunei seperti senjata kerajaan, pakaian pasukan, foto keluarga, hingga tulisan-tulisan mengenai kesultanan. 

11. Danau Tasek Merimbun

Danau Tasek Merimbun merupakan tempat wisata di Brunei Darussalam yang unik dan menarik. Danau ini terletak sekitar 1 jam dari Bandar Seri Begawan. Keunikan danau ini terletak pada bentuknya yang menyerupai huruf S. Di sekeliling danau juga terdapat bunga lili hijau cerah yang membuat pemandangan di danau menjadi semakin indah.

12. Muara Beach

Tempat wisata Brunei Darussalam lainnya adalah Muara Beach. Dapat ditempuh dalam waktu 30 menit menggunakan mobil dari Bandar Seri Begawan, Muara Beach merupakan pantai terbaik di negara ini. Hamparan pasir pantai putihnya sangat lembut dan bersih. Di sekitar pantai juga terdapat taman dengan beberapa bangku untuk piknik, jalur joging, dan spot untuk melihat matahari terbenam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.