Sukses

Partner Adalah Mitra, Ketahui Makna dan Cara Mencarinya yang Tepat

Partner sering kali diartikan sebagai pasangan dalam sebuah hubungan.

Liputan6.com, Jakarta Partner adalah salah sati istilah yang sering kita gunakan dalam sehari-hari. Istilah partner juga digunakan dalam dunia bisnis maupun usaha. Partner sering kali diartikan sebagai pasangan dalam sebuah hubungan.

Istilah partner adalah memiliki makna yang luas tergantung pada konteks yang dibicarakan. Partner juga dianggap sebaga hubungan romantis dalam dua orang, namun juga banyak yang mengartikan partner sebagai hubungan profesional dalam pekerjaan.

Bagi anda yang sedang membangun bisnis, mencari partner yang tepat sangatlah penting. Hal ini supaya dapat mencapai tujuan sama yang diinginkan. Ada berbagai cara memilih partner yang tepat dalam dunia bisnis maupun usaha.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai makna partner dan cara mencarinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (19/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti dan Makna Partner

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian partner adalah orang (badan usaha dan sebagainya) dari dua pihak yang berbeda yang bekerja sama karena saling membutuhkan atau melengkapi (dalam suatu kegiatan, usaha dagang, dan sebagainya); mitra; pasangan.

Kata partner sendiri berasal dari bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan bahasa Indonesia. Sedangkan menurut Oxford Languages, partner adalah salah satu orang dalam sebuah pasangan yang menjalankan aktivitas bersama. 

Secara umum, partner adalah pasangan yang dapat saling melengkapi dalam sebuah hubungan. Bisa dalam hubungan asmara, tugas, maupun pekerjaan. Jika kalian terlibat dalam suatu hubungan yang mengharuskan untuk saling melengkapi, berarti kalian merupakan partner.

Makna partner juga berbeda-beda tergantung pada konteks hubungannya. Hubungan tersebut terikat dalam hubungan keluarga, romantis, persahabatan, lingkungan pekerjaan, dan hubungan platonik.

3 dari 4 halaman

Cara Mencari Partner dalam Pekerjaan

Supaya tidak salah dalam memilih partner yang dapat mengakibatkan kerugian, anda perlu mengetahui cara mencari partner dalam pekerjaan yang tepat. Berikut penjelasannya:

1. Memiliki Visi dan Misi yang Sama

Pastikan bahwa Anda dan calon partner memiliki kesamaan visi dan misi.  Jika visi dan misi Anda berdua berbeda akan sulit rasanya menjalankan bisnis bersama-sama. Anda dan partner akan sering berselisih paham. Sebaliknya, jika memiliki visi dan misi yang sama, maka Anda dan partner akan saling dukung, kompak, dan bantu dalam mengembangkan bisnis, sehingga usaha akan cepat maju.

2. Memiliki Kemampuan

Anda harus jeli mencari partner yang memiliki kemampuan berbisnis, sehingga kerja Anda akan lebih ringan. Jangan sampai memilih partner bisnis hanya karena teman dekat atau saudara yang tidak memiliki skill, sehingga pekerjaan Anda akan semakin berat. Perlu diketahui bahwa yang namanya partner bisnis seharusnya bisa membantu Anda, bukan malah membebani.

3. Memahami Bisnis yang Akan Dijalankan

Penting bagi partner untuk memahami bisnis yang akan dijalani. Jangan mencari partner hanya karena modalnya saja, karena nantinya Anda juga yang repot. Satu-satunya jalan adalah mengajari sang partner dan memulai bisnis dengan perlahan-lahan. Tetapi bukannya bisnis erat hubungannya dengan kecepatan dan efisiensi? Jadi baiknya Anda tidak perlu menghabiskan waktu dengan partner yang masih newbie.

4. Memiliki Kredibilitas Baik

Jangan terburu-buru memilih partner, karena Anda sudah sangat berambisi untuk memulai bisnis. Jangan juga asal comot partner yang bermodal besar tapi Anda tak kenal siapa dia. Ada baiknya Anda mempelajari latar belakangnya secara teliti. Pastikan si calon itu memiliki pengalaman bisnis yang baik dan tidak memiliki rekam jejak yang buruk, misal sering meninggalkan partner sebelumnya atau membawa lari uang perusahaan.

4 dari 4 halaman

Cara Mencari Partner dalam Pekerjaan

5. Ketahui Sifat dan Sikapnya

Anda juga wajib memperhatikan dan mempelajari sifat dan sikapnya dalam melakukan pekerjaan. Misalnya apakah dia pemarah? Atau tidak pedulian? Bagaimana caranya menyelesaikan masalah? Apakah dia cocok menjadi teman diskusi dan tidak ngotot? Bagaimana caranya untuk mengembangkan ide bisnis? Hal-hal seperti itu perlu untuk diperhatikan.

6. Dapat dipercaya

Nah, jika Anda sudah mempelajari sifat serta sikapnya ketika bekerja, maka langkah berikutnya adalah bertanya pada diri sendiri, sejauh mana Anda mempercayainya? Apakah Anda sudah sangat percaya dengan calon partner? Jika Anda masih ragu atau curiga, maka lebih baik cari partner baru. Rasa percaya ini sangat penting dalam menjalankan bisnis. Jangan sampai hubungan Anda berdua diselimuti kecurigaan yang akan menganggu bisnis ke depan.

7. Memiliki Keterampilan Berbeda

Cara mencari partner yang tepat selanjutnya adalah carilah partner yang memiliki keterampilan berbeda, namun tujuan tetap sama. Setiap individu memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, keterampilan berbeda dapat membantu para pemilik bisnis untuk saling melengkapi satu dengan lainnya dalam mendorong perkembangan bisnis.

8. Punya Komitmen yang Kuat

Cara mencari partner yang tepat selanjutnya adalah carilah partner yang memiliki komitmen kuat dan mengutamakan profesionalitas. Selain keterampilan yang dilirik, partner bisnis juga pastinya harus mengemban komitmen yang kuat, sehingga tiap individu yang terlibat di dalamnya bersedia fokus memberikan 100 persen usahanya untuk mencapai tujuan bisnis yang telah dirancang bersama. Bisnis merupakan usaha jangka panjang yang harus terus diupayakan. Dengan memilih partner bisnis yang mau dan mampu memegang teguh komitmen dapat membantu dalam mendorong pertumbuhan bisnis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.