Sukses

PC Adalah Personal Computer, Pahami Kegunaan dan Sejarahnya

Liputan6.com, Jakarta PC adalah singkatan dari Personal Computer atau komputer pribadi. Sekarang, PC sudah menjadi kebutuhan umum dalam berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan, pekerjaan, usaha, dan komunikasi.

PC adalah salah satu yang teknologi informasi dan komunikasi yang mempermudah pekerjaan manusia. PC dirancang dengan berbagai aplikasi dan menyediakan solusi pekerjaan dalam satu teknologi saja.

PC adalah istilah yang identik dengan komputer pribadi seperti dekstop. Berbeda halnya dengan laptop, PC memiliki komponen, cara kerja, bahkan kegunaan yang berbeda. Untuk itu, anda perlu memahami pengertian dari PC.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai PC beserta kegunaan dan sejarahnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (19/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Pengertian PC

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa PC adalah singkatan dari Personal Computer. PC adalah  alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Secara teknis Personal Computer  atau PC adalah komputer pribadi yang memiliki tujuan umum untuk penggunaan secara tunggal atau personal.

PC adalah istilah umum yang merujuk kepada mikrokomputer yang sesuai dengan spesifikasi IBM. PC adalah komputer pribadi yang pertama kali dikeluarkan oleh IBM dan secara tidak langsung mencetuskan penggunaan istilah PC (Personal Computer).

Komputer atau PC adalah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi, atau data. Ia memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengambil, dan memproses data. Komputer dirancang untuk menjalankan aplikasi dan menyediakan berbagai solusi melalui komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang terintegrasi. PC ini bekerja dengan bantuan program dan mewakili bilangan desimal melalui serangkaian digit biner. Ia juga memiliki memori yang menyimpan data, program, dan hasil pemrosesan.

3 dari 5 halaman

Sejarah PC

Awal mula terciptanya PC adalah pada tahun 1971. Pada masa lampau, komputer dirancang dengan ukuran yang cukup besar dan hanya ada satu saja. Kemudian pada akhir tahun 1980-an, kemajuan zaman teknologi memungkinkan pembuatan komputer yang lebih minimalis yang dapat dimiliki dan digunakan setiap orang secara personal.

Setelah itu, penggunaan PC mulai tersebar dan banyak di gunakan pada tahun 1980-an. Tentu saja komputer ini di jual dengan harga yang sangat mahal. Sejarah mengatakan bahwa mesin hitung adalah pendahulu dari komputer. Dari itu kemudian dikembangkan sistem operasi antarmuka yang efektif dan penggunaan yang ramah memberikan dorongan pengembangan menjadi pengolahan kata.

Menurut sejarah, PC pertama kali diluncurkan pada tahun 1971. PC pertama tersebut memiliki memori 256 byte dan diiklankan oleh Scientific American dengan harga $750. Namun, komputer ini tidak memiliki CPU dan sistem lainnya di era itu, PC tersebut dirancang hanya untuk penggunaan pendidikan saja.

Sedangkan PC sendiri diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1980 oleh almarhum Eddy Liew, pendiri Dragon Computer & Communication melalui merek Sinclair yang berasal dari Inggris. Kemudian mengalami perubahan hingga saat ini dengan mengikuti perkembangan teknologi.

4 dari 5 halaman

Kegunaan PC

1. Media Komunikasi

Sebelum ponsel marak digunakan, PC sudah terlebih dahulu dimanfaatkan sebagai media komunikasi jarak jauh yakni dengan mengirimkan pesan elektronik atau e-mail. Berkat kemajuan teknologi, saat ini PC sudah dapat dengan mudah mengakses layanan pesan singkat dan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, serta WhatsApp. Kini, banyak pengguna yang sudah beralih melakukan panggilan video call dan video conference secara real-time melalui Zoom dan Google Meet.

2. Penunjang Pendidikan

PC dalam dunia pendidikan bisa digunakan oleh guru untuk memberikan materi pelajaran. Hanya dengan menyajikan video interaktif, simulasi, dan program presentasi melalui komputer, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran. Bahkan, saat pandemi muncul, kegunaan PC dapat digunakan sebagai alat pembelajaran jarak jauh.

3. Memudahkan Pekerjaan

Dalam dunia kerja, PC dirasa mampu membantu menyelesaikan segala urusan. Beberapa manfaat PC yang bisa anda rasakan dengan menggunakan komputer ini adalah bisa mengolah data, mempercepat pekerjaan, berkirim informasi, mencetak dokumen penting, hingga berkomunikasi dengan orang penting yang berhubungan dengan perusahaan. Biasanya yang sering menggunakan PC dalam pekerjaannya yaitu mereka yang bekerja di posisi back office, seperti resepsionis, programmer, akuntan, dan masih banyak lagi.

4. Berbisnis

Untuk mendapatkan kegunaan PC dengan berbisnis ini, anda bisa melakukannya dengan membuka rental komputer, warnet, kursus komputer, video editing, percetakan, programmer, dan lain sebagainya. Mengikuti perkembangan zaman seperti saat ini, anda juga dapat menggunakan PC sebagai media dalam mempromosikan usaha mereka secara online. Hal ini terbilang sangat penting, mengingat kini masyarakat sudah terbiasa dengan sistem belanja online melalui situs e-commerce.

5. Platform Hiburan

Banyak sekali jenis hiburan yang bisa didapatkan dari komputer. Misalnya saja dengan menonton film, bermain game, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Ditambah semakin pesatnya perkembangan internet, membuat hadirnya banyak situs-situs yang menawarkan pengguna untuk menikmati hiburan yang disediakan.

5 dari 5 halaman

Fungsi PC

Seperti yang telah dijelaskan di atas, fungsi perconal computer atau PC adalah sebagai berikut:

1. Data input (Data Entry)

Fungsi PC yang pertama adalah sebagai data input. Artinya PC akan berfungsi untuk menerima data atau informasi dari sumber luar. Data yang diterima melalui aktivitas di keyboard, mouse dari komputer lain, atau peralatan lainnya.

2. Pengolahan data

Selanjutnya, fungsi PC adalah melakukan pemrosesan. Berbagai macam informasi merupakan sebuah data yang perlu diproses oleh PC. Data yang diproses akan menghasilkan output yaitu berupa informasi. Contohnya seperti teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

3. Penyimpanan informasi

Berikutnya, fungsi PC adalah sebagai tempat untuk menyimpan informasi. Penyimpanan yang dilakukan berbeda-beda tergantung bagaimana informasinya akan digunakan. Fungsi PC ini memudahkan pengguna untuk menemukan data yang akan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori internal komputer maupun memori eksternal.

4. Keluaran data

Berikutnya, fungsi PC adalah sebagai keluaran data. Data yang telah diproses dalam komputer, hasilnya akan tersedia untuk digunakan oleh pengguna atau perangkat lainnya dengan berbagai tujuan. Contoh dari data output yaitu sebagai file audio, hard copy ke kertas, dicetak sebagai 3D model dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.