Sukses

7 Manfaat Gerakan Sholat bagi Ibu Hamil dan Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil yang selama ini jarang disadari. Ibu hamil dan janin dalam kandungannya akan mendapat manfaat gerakan sholat jika mampu mempraktikkannya dengan benar.

Manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil adalah mampu melancarkan peredaran darah, menjaga kelenturan tubuh ibu, menjaga organ kewanitaannya, menjaga kesehatan pencernaanya, hingga mampu mencegah wasir pada ibu hamil.

Melansir website resmi Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun. Ditegaskan bahwa manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil sekaligus kesehatan fisik tersebut telah terbukti dalam riset atau penelitian dan telah mendapat pengakuan dari Harvard University, Amerika Serikat.

Adanya manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil tersebut dijelaskan pula dalam buku berjudul Sehat dengan Ibadah oleh Dr. Jamal Muhammad Az-Zaki. Manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil adalah sekaligus mampu meminimalkan risiko komplikasi serta kerusakan jaringan bagi ibu setelah melahirkan.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tujuh manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil dilansir dari kedua sumber tersebut, Senin (19/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Manfaat Gerakan Sholat bagi Ibu Hamil dan Penjelasannya

Ini tujuh manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil yang dimaksudkan:

1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil adalah mampu melancarkan peredaran darah ibu dan menjadikan asupan nutrisi dari plasenta ibu ke janin lebih maksimal. Jika suplai gizi ke janin secara teratur lancar, maka gerakan sholat bagi ibu hamil akan membuat janin tubuh dengan baik dan sehat.

Adanya manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil ini bisa didapatkannya ketika melakukan takbiratul ihram. Gerakan sholat bagi ibu hamil ini mampu melancarkan aliran darah, getah bening (limfe), dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh.

2. Melenturkan Sendi

Manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil adalah mampu melenturkan persendian ibu. Persendian yang kuat, dampak baiknya membuat tubuh ibu menopang berat badan selama masa hamil lebih kuat. Manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil ini berupa menjaga kelenturan persendian pelvis atau tulang duduk dan otot-otot perut.

Adanya manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil ini bisa didapat dari gerakan saat mengangkat kedua tangan. Kemudian otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Lalu, didapat dari kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

3. Menghindarkan dari Masalah Tulang

Tak hanya menguatkan sendi, manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil adalah mampu menghindarkan ibu dari berbagai masalah tulang. Khususnya menghindarkan ibu hamil dari berbagai penyakit tulang belakang. Mulai dari Acute Lumbargo; sengal (rasa sakit) pinggang mendadak, Cronic Recurant; sengal (rasa sakit) pinggang menahun, dan Spondilosis; tergelincirnya ruas tulang belakang.

4. Mencegah Masalah Pencernaan

Manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil adalah mencegah ibu memiliki masalah pencernaan. Ibu hamil pasti akan dihadapkan dengan masalah mual dan muntah yang dikenal sebagai morning sickness. Di sinilah peranan penting dari gerakan sholat bagi ibu hamil.

Adanya manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil ini berasal dari gerakan iktidal. Pada saat Iktidal dilakukan, organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Gerakan sholat bagi ibu hamil seperti iktidal ini mampu memberi efek melancarkan pencernaan.

5. Mencegah Wasir Ibu Hamil

Manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil adalah mampu mencegah wasir yang sangat berisiko dialami oleh ibu hamil. Posisi seperti ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir.

Khusus bagi wanita atau ibu hamil, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Agar bisa merasakan manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil ini, lakukan sujud dengan tumakninah, tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak.

6. Menjaga Saluran Kemih

Manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil adalah mampu menjaga saluran kemihnya yang berisiko tertekan di masa kehamilan. Manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil ini bisa didapat saat duduk iftirosy dan tawaruk.

Duduk setelah sujud terdiri dari dua macam yaitu iftirosy (tahiyat awal) dan tawarru’ (tahiyat akhir). Perbedaannya terletak pada posisi telapak kaki. Gerakan ini membuat tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus Ischiadius.

Posisi iftirosy membuat bagi ibu hamil, menghindarkannya dari nyeri pada pangkal paha, yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Sementara duduk tawarruk baik untuk saluran kemih wanita. Termasuk pula sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretra), kelenjar kelamin pria (prostate) dan saluran vas deferens.

7. Mencegah Sakit Kepala Ibu Hamil

Manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil adalah mencegah dari masalah sakit kepala dan tubuh yang terasa meriang di masa pertumbuhan janin. Manfaat ini berasal dari gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal.

Manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil adalah mampu merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala. Kemudian gerakan sholat bagi ibu hamil ini mampu menyempurnakan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.

3 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat yang Benar dan Penjelasannya

Agar bisa mendapatkan manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil, pahami tata sholat yang benar beserta bacaan niatnya. Ini penjelasan tata cara sholat yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Berdiri Tegak

Tata cara sholat pertama, kedua belah tangan diturunkan ke samping, mata merunduk ke bawah ke arah tempat sujud dengan membulatkan niat sholat semata-mata karena Allah.

2. Membaca Niat Sholat 5 Waktu

Tata cara sholat kedua, membaca bacaan niat sholat 5 waktu sesuai dengan waktunya seperti yang sudah dijelaskan pada penjelasan di atas.

3. Takbir

Tata cara sholat ketiga, mengangkat kedua belah tangan hingga telinga sambil membaca:

اللَّهُ أَكْبَرُ

 Allahu Akbar.

4. Bersedekap

Tata cara sholat keempat, posisi tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian membaca doa Iftitah:

للهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Allaahu akbaru kabiira walhamdulilaahi katsiro, wa Subhaanallaahi Bukratawn wa'ashiila, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wamaa anaa minal musyrikiin. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil 'aalamiina.

5. Membaca Surat al-Fatihah

Tata cara sholat kelima, mulai membaca surat al-Fatihah dan sebisa mungkin menghayatinya agar bisa sholat lebih kusyuk.

Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin. Arrahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaakana' budu waiyyakanasta 'iin. Ihdinash shiraathal mustaqiim. Shiraathal ladziina an 'amta 'alaihim ghairil maghdhuubi 'alaihim waladh dhaaliin.

6. Membaca Surat Pendek dalam Al-Qur’an

Tata cara sholat keenam, membaca salah satu surat pendek dalam Al-Qur’an. Misalnya membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan lainnya.

7. Membaca Allahu Akbar Sambil Mengangkat Tangan, Lalu Ruku'

Tata cara sholat ketujuh membaca:

سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ

Subhaana rabbiyal 'adziimi wabihamdih. (3x)

8. Berdiri Sambil Mengangkat Tangan

Tata cara sholat kedelapan membaca:

سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Sami 'allaahu liman hamidah.

Lanjutkan tata cara sholat bagian ini dengan membaca doa i'tidal:

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَىْءٍ بَعْدُ

Robbanaa lakal hamdu mil us samawaati wamil ul ardhi wamil u maa syi'ta min syain ba'du.

9. Sujud Pertama

Tata cara sholat kesembilan, bersujud kemudian membaca doa sujud:

سُبْحَانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

Subhaana rabbiyal a'laa wa bihamdih (3x)

10. Duduk di Antara Dua Sujud

Tata cara sholat kesepuluh, melipat kaki kiri dan mengembangkannya lalu pajtat duduk di atasnya, serta menegakkan telapak kaki kanan sambil menghadapkan jari-jarinya ke arah kiblat.

Kemudian tu'maninah dan membaca doa:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَاجْبُرْنِي وَارْفَعْنِي وَارْزُقْنِي وَاهْدِنِي وَعَافَنِي وَاعْفُ عَنِّي

Rabbighfirlii warhamnii wajburnii  warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafiini wa'fu 'annii.

11. Sujud Kedua

Tata cara sholat kesebelas bagian sujud kedua membaca doa sama dengan sujud pertama.

12. Berdiri untuk Rakaat Kedua atau Selanjutnya

Tata cara sholat kedua belas, sama seperti rakaat pertama sampai sujud, tetapi tidak membaca doa Iftitah.

13. Tasyahud Awal

Tata cara sholat ketiga belas, sikap duduk pada tahiyyat pertama sama dengan sikap duduk di antara dua sujud. Lalu membaca doa:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ

At-tahiyyaatul-mubaarakaatuh shalawaatuth-thayyibaatulillaah. As-salaamu 'alaika ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullahi wabarakaatuh, as-salaamu 'alainaa wa'alaa 'ibaadillahish-shaalihiin. Asyhadu alaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah. Allshumma shalli alaa sayyidinaa Muhammad.

14. Tasyahud Akhir

Tata cara sholat keempat belas, permulaannya sama dengan tasyahud, hanya ditambah sholawat kepada Nabi Ibrahim:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Allahumma shalli 'alaa Muhammad wa 'alaa aali Muhammad. Kamaa shalaita 'alaa Ibraahim wa 'alaa aali Ibrahiim. Wa baarik 'alaa Muhammad wa' alaa aali Muhammad. Kamaa barakta 'alaa Ibrahiim wa 'alaa aali Ibraahiim. Fii 'aalamiina, innaka hamiidum majiid.

15. Salam

Tata cara sholat kelima belas, menoleh ke kanan dan ke kiri sambil membaca:

السَّلاَمُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللَّهِ

Assalamu 'alaikum wa rahmatullaah.

4 dari 4 halaman

Bacaan Niat Sholat 5 Waktu dan Artinya

Ini penjelasan bacaan niat sholat 5 waktu yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Bacaan Niat Sholat Subuh

Memahami sholat subuh adalah dikerjakan pada waktu mulai dari terbit fajar sampai matahari terbit dengan jumlah 2 rakaat. Ini bacaan niat sholat 5 waktu yang subuh.

Bacaan Niat Sholat Subuh Arab:

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Subuh Latin:

Usholli fardlon shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta'aala

Arti Bacaan Niat Sholat Subuh:

"Aku niat melakukan sholat fardu subuh dua rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala."

2. Bacaan Niat Sholat Zuhur

Memahami sholat zuhur adalah dikerjakan pada waktu mulai dari tergelincirnya matahari dari tengah-tengah langit sampai bayangan sesuatu yang ada di bawahnya hampir sama panjangnya dengan jumlah 4 rakaat. Ini bacaan niat sholat 5 waktu yang zuhur.

Bacaan Niat Sholat Zuhur Arab:

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Zuhur Latin:

Usholli fardlon dhuhri arba'a rok'aataim mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta'aala

Arti Bacaan Niat Sholat Zuhur:

"Aku niat melakukan sholat fardu dhuhur empat rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala."

3. Bacaan Niat Sholat Ashar

Memahami sholat ashar adalah dikerjakan pada waktu mulai dari bayangan suatu benda sama panjangnya dengan benda itu sendiri sampai matahari hampir terbenam atau cahaya matahari belum berwarna kuning dengan jumlah 4 rakaat. Ini bacaan niat sholat 5 waktu yang ashar.

Bacaan Niat Sholat Ashar Arab:

أُصَلِّى فَرْضَ العَصْرِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Ashar Latin:

Usholli fadlol ashri arba'a roka'aataim mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta'aala

Arti Bacaan Niat Sholat Ashar:

"Aku niat melakukan sholat fardu ashar empat rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala."

4. Bacaan Niat Sholat Magrib

Memahami sholat magrib adalah dikerjakan pada waktu mulai dari matahari terbenam sampai mega merah hampir hilang dengan jumlah 3 rakaat. Ini bacaan niat sholat 5 waktu yang magrib.

Bacaan Niat Sholat Magrib Arab:

أُصَلِّى فَرْضَ المَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَ

Bacaan Niat Sholat Magrib Latin:

Usholli fardlol maghribi tsalaatsa roka'aataim mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta'aala

Arti Bacaan Niat Sholat Magrib:

"Aku niat melakukan sholat fardu maghrib tiga rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala."

5. Bacaan Niat Sholat Isya

Memahami sholat isya adalah dikerjakan pada waktu mulai dari hilangnya mega merah sampai fajar shadiq hampir terbit dengan jumlah 4 rakaat. Ini bacaan niat sholat 5 waktu yang isya.

Bacaan Niat Sholat Isya Arab:

أُصَلِّى فَرْضَ العِشَاء ِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Isya Latin:

Usholli fardlol i'syaa-i arba'a roka'aataim mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta'aala

Arti Bacaan Niat Sholat Isya:

"Aku niat melakukan sholat fardu isya empat rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala."

 Nah itu tadi pembahasan mengenai manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil serta tata cara sholat yang benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.