Sukses

19 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit, Cegah Stretch Marks sampai Obat Gatal

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak zaitun untuk kulit ada banyak sekali. Yang jelas, dengan minyak zaitun saja, Anda dapat mendapatkan banyak manfaat dari perawatan kulit.

Tidak hanya itu, manfaat minyak zaitun untuk kulit juga dapat mempercepat penyembuhan jika terjadi luka. Selain cepat menyembuhkan, manfaat minyak zaitu untuk kulit juga bisa mengatasi berbagai macam iritasi dan ruam.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit jelas tak lepas dari kandungan nutrisinya. mengandung lemak, vitamin E, antioksidan, dan vitamin K. Minyak zaitun juga mengandung zat besi, kalsium, dan kalium, namun kadarnya sangat sedikit.

Maka tidak mengherankan jika manfaat minyak zaitun atau olive oil untuk kulit banyak sekali, dan telah dipercaya sejak lama. Berikut adalah manfaat minyak zaitun untuk kulit, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (19/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Mengatasi Kulit Kering dan Obat Gatal

1. Mengatasi Kulit Kering

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kulit adalah mengatasi kulit kering. Minyak zaitun adalah salah satu pelembab alami terbaik, jadi tidak mengherankan jika minyak zaitun dapat mengatasi masalah kulit kering.

Oilve oil memiliki sifat mengisi kelebapan kulit yang membantu mengatasi kulit kering, serpihan dan bercak kasar.

2. Obat Gatal

Selain mengatasi kulit kering, manfaat minyak zaitun untuk kulit adalah dapat mengatasi gatal. Sifat anti-inflamasi minyak zaitun dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Dengan kata lain, olive oil adalah obat alami yang efektif untuk gatal dan iritasi kulit seperti eksim.

Minyak zaitun juga bagus untuk mengatasi ruam dan luka bakar yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

manfaat minyak zaitun untuk kulit antara lain adalah dapat membantu menyembuhkan luka. Cara kerja minyak zaitun dalam mempercepat penyembuhan luka adalah dengan cara meningkatkan aliran darah, meningkatkan produksi kolagen, dan mengurangi peradangan.

Selain itu, sebuah studi pada tahun 2002 yang diterbitkan dalam Pharmacological Research menemukan bahwa olive oil dapat meningkatkan penyembuhan luka dengan mempercepat re-epitelisasi cangkok kulit.

4. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan

Manfaat minyak zaitun untuk kulit selanjutnya adalah membantu memelihara kesehatan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, mencerahkan wajah, dan meningkatkan produksi kolagen di kulit wajah.

3 dari 7 halaman

Mengecilkan Pori hingga Melebapkan

5. Mengecilkan Pori-Pori

Memiliki pori-pori besar di area wajah merupakan salah satu masalah kulit yang banyak tidak disukai. Tak hanya mengganggu penampilan, pori-pori yang besar juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai masalah kulit wajah lainnya. Melalui pori-pori yang besar, berbagai macam partikel kecil bisa masuk dan dapat menimbulkan banyak minyak dan komedo.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit salah satunya adalah mengatasi masalah tersebut. Anda bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dengan mengoleskannya di area-area tertentu yang mengalami masalah pori-pori besar dan berminyak.

6. Bantu Hilangkan Komedo

Minyak zaitun adalah obat alami untuk mengatasi komedo. Menggunakan olive oil di wajah akan membuka sumbatan di pori-pori dengan menyerap kotoran yang terkumpul sehingga komedo dapat terangkat. Jadi manfaat minyak zaitun untuk kulit ini tidak boleh Anda lewatkan.

7. Melembapkan Kulit Wajah

Melebapkan kulit wajah adalah salah satu manfaat minyak zaitun untuk kulit. Minyak zaitun dipercaya bisa melembapkan dan mengatasi kulit wajah yang kering dengan cara mengunci kelembapan di kulit. Minyak ini juga diduga dapat dijadikan pelembap untuk kulit yang terpapar sinar matahari.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, oleskan minyak zaitun tipis-tipis ke wajah. Jika minyak zaitun yang dioleskan terlalu tebal, lap dengan tisu agar tidak menyumbat pori-pori dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

4 dari 7 halaman

Mengatasi Jerawat Hingga Make-Up Remover

8. Mengatasi Jerawat

Selain itu, manfaat minyak zaitun untuk kulit adalah membantu mengatasi jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini bisa Anda rasakah apabila menggunakan sabun yang mengandung minyak zaitun.

9. Membersihkan atau Make-up Remover

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghapus sisa-sisa make-up di wajah. Banyak merek kosmetik yang membuat produk cleansing oil (minyak pembersih) untuk “mencuci wajah”. Cleansing oil tersebut terbuat dari minyak alami, salah satunya olive oil.

10. Penangkal Sinar Matahari atau Tabir Surya

Zat antioksidan dan antiradang yang ada dalam minyak zaitun diduga dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih cerah. Minyak zaitun bahkan dapat membantu melindungi dan menangkal dampak sinar matahari pada kulit wajah.

5 dari 7 halaman

Mengatasi Peradakan dan Menghaluskan

11. Mengurangi Radang

Melansir dari halaman Oregon State University, vitamin E digunakan sebagai anti inflamasi pada kulit setelah terpapar sinar matahari. Peran vitamin E dari olive oil digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada kulit yang disebabkan peradangan.

12. Menghaluskan Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk kulit berikutnya bisa menjadi penghalus kulit alami. Hasilnya akan lebih maksimal bila dicampur dengan buah pepaya, sebab enzim papain akan membantu meregenerasi kulit.

Selain itu terdapat vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit, dan menghaluskan wajah. Pepaya bisa menjadi sunscreen atau tabir surya alami. Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun semakin mempercepat wajah jadi halus seketika. Langkahnya, haluskan buah pepaya dan campurkan 2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan 30 menit. Bilas menggunakan air hangat.

13. Scrub untuk Kulit Bersisik dan Kering

Manfaat minyak zaitun untuk kulit selanjutnya adalah dapat mengatasi kulit bersisik. Minyak zaitun akan melembabkan dan mengatasi kulit gatal meradang tipe kulit bersisik dan kering.

Sebaiknya menggunakan scrub wajah alami dengan racikan minyak zaitun dan garam laut. Campurkan 3 sendok teh minyak zaitun murni bersama 5 sendok teh garam laut. Lalu, pijat lembut ke area sisi hidung dan bagian wajah lain yang kering. Campuran garam dan minyak akan membantu mengelupas kulit kering, serta meningkatkan kelembaban wajah Anda.

6 dari 7 halaman

Mengencangkan Kulit hingga Menghilangkan Kutil

14. Mengencangkan Kulit Wajah

Antioksidan dalam olive oil mampu mengencangkan kulit wajah dan melindungi sel-sel dari kerusakan. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah. Hidrasi yang cukup membuat kulit tetap kencang bercahaya. Jadi, kamu bisa menggunakan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan sebagai perawatan harian.

15. Menghilangkan Kutil di Wajah

Kutil merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sel kulit dan menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa gatal. Bila digaruk, biasanya iritasi akan semakin parah dan malah makin sakit. Anda bisa menggunakan manfaat minyak zaitun untuk kulit untuk mengatasi masalah ini..

Anda bisa merasakan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dengan mengoleskan langsung minyak zaitun pada bagian kutil dan diamkan beberapa menit. Lakukan cara ini sehari tiga kali, yaitu pagi, siang, dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

16. Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk kulit yang lainnya adalah dapat menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Manfaat ini tidak lepas dari kandungannya berupa vitamin E yang tinggi. Cara mengaplikasikannya cukup mengoleskan minyak zaitun pada area bekas jerawat yang menghitam di kulit.

7 dari 7 halaman

Cegah Stretch Marks sampai Mengatasi Eksim

17. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat minyak zaitun untuk kulit antara lain adalah dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Olive oil dapat dimanfaatkan untuk membuat masker wajah. Mengaplikasikan masker wajah yang dibuat dari minyak zaitun dapat mengangkat kotoran dan sel-sel mati sehingga membuat kulit Anda menjadi halus selembut sutra.

18. Mencegah Stretch Marks

Manfaat minyak zaitun untuk kulit dapat mencegah stretch mark akibat kehamilan. Oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke kulit sampai benar-benar terserap di area yang lebih sensitif seperti paha, glutes, payudara dan perut. Lakukan secara rutin, dua atau tiga kali sehari.

19. Mengatasi Eksim

Berkat sifat anti-inflamasinya, manfaat minyak zaitun untuk kulit juga dapat mengatasi eksim. Untuk menyembuhkan kulit sensitif atau teriritasi, pijat dengan beberapa tetes minyak zaitun di bagian yang terkena eksim secara teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.