Sukses

12 Penyebab Komputer Hang, Ketahui Solusi Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa kesal ketika sedang melakukan pekerjaan penting menggunakan komputer, tiba-tiba komputer berhenti beroperasi? Hal ini pasti banyak dialami oleh orang-orang yang menggunakan komputer. Kursor digerakkan dan diklik ke bagian mana pun tidak menimbulkan respon.

Jika Anda mengalami kondisi ini, berarti komputer Anda hang atau freeze. Dilansir dari TechTarger, hangup atau disebut juga dengan hang merupakan kondisi yang kadang terjadi saat program komputer tidak berjalan dengan baik. Ketika komputer hang, terkadang dapat teratasi dengan sendirinya.

Jika simbol jam pasir muncul, Anda dapat menunggu beberapa saat. Akan tetapi, jika kursor Anda tidak mendapatkan respon setelah mengklik apapun, maka Anda harus menghentikan aplikasi yang sedang digunakan atau me-reboot komputer Anda.

Meskipun demikian, Anda harus tetap mengetahui penyebab komputer hang dan bagaimana solusi yang mungkin bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan pada komputer yang lebih lanjut. Dengan mengetahui penyebab komputer hang juga memungkinkan Anda mencegah hal yang terburuk yang bisa terjadi dengan data yang sedang Anda kerjakan atau komputer Anda.

Berikut liputan6 telah merangkumkan dari technologysage.com, stellarinfo.com dan berbagai sumber tentang penyebab komputer hang dan solusi mengatasinya, pada Senin (19/9/22) :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penyebab Komputer Hang dan Solusi Mengatasinya

1. Malware

Malware dan virus adalah salah satu dari beberapa penyebab komputer hang yang paling umum. Mereka membawa masalah pada komputer Anda dengan memakan sumber daya, seperti RAM dan kecepatan prosesor. Hal tersebut nantinya akan membuat komputer Anda menjadi lamban dan bahkan tidak dapat membuka file. Solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi hal ini adalah dengan menginstal dan selalu memperbaruinya versi terbaru untuk perlindungan terbaik. Cobalah sesekali untuk menjalankan diagnosis sistem lengkap untuk mengetahui masalah yang ada di komputer Anda.

2. Software

Penyebab komputer hang selanjutnya mungkin adalah program yang ada pada komputer. Selain rusak, beberapa mungkin mencoba mendapatkan sumber daya yang tidak boleh diakses dari awal. Hal tersebut kemudian akan menyebabkan komputer akan bermasalah dan mengalami hang. Masalah ini dapat diketahui oleh software antivirus yang ada pada komputer Anda dan akan memberi tahu tentang masalah dengan perangkat lunak Anda.

3. Driver Issues

Driver yang usang atau rusak dapat menjadi penyebab komputer hang. Yang harus Anda lakukan adalah selalu memperbarui driver pada komputer Anda. Sebagian besar komputer akan memberitahu Anda terkait dengan pembaruan yang tersedia pada driver Anda atau bahkan beberapa di antaranya dapat memperbaruinya secara otomatis. Misalnya, jika driver video yang diinstal pada sistem Anda tidak diperbarui, komputer mungkin akan menutup ketika mencoba memutar video atau game. Analisislah Windows Device Manager untuk memastikan tidak ada perangkat lain yang terhubung. Periksa juga daftar perangkat untuk memeriksa apakah tidak ada tanda seru yang sesuai dengan driver perangkat atau jika ada X merah yang di tandai di sebelah berangkat.

4. Overheating

Panas berlebihan pada komputer Anda dapat dikarenakan ketika Ana melakukan terlalu banyak hal dalam satu waktu atau ketika komputer tidak dapat menghindari panas tersebut dengan mudah. Dalam beberapa kasus, yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyediakan lingkungan yang mana komputer dapat “bernapas” dengan mudah agar hang hilang. Selain itu dilanisir dari stellarinfo.com, Anda juga dapat memantau RPM, masukkan pengaturan CMOS dan pastikan bahwa tidak ada pesan kesalahan yang dilaporkan oleh BIOS. Dilansir dari technewstoday.com, komputer yang berdebu yang dapat menjebak pans lebih dari komputer yang bersih. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan udara yang terkompresi serta kain lembut bebas serat untuk membersihkan komputer.

3 dari 4 halaman

Penyebab Komputer Hang dan Solusi Mengatasinya

5. Kesalahan Konfigurasi Perangkat Keras

Alasan selanjutnya yang menjadi penyebab komputer hang adalah kesalahan konfigurasi perangkat keras. Hal ini mungkin disebabkan karena miskonfigurasi komponen perangkat keras yang Anda install ke komputer sebelumnya. Perangkat komputer tersebut mungkin tidak kompatibel dengan komputer. Jadi, solusi untuk yang satu ini adalah dengan melepaskan hardware tersebut, lalu coba apakah komputer berjalan lebih lancar. Setelah itu, carilah hardware lainnya yang lebih tepat untuk hardware yang dilepas tersebut.

6. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Setiap aplikasi yang dibuka pada sistem komputer akan membutuhkan sumber daya internal dan perangkat keras terus berjalan. Jika beberapa aplikasi dan program dijalankan di saat yang bersamaan, maka komputer Anda mungkin akan kehabisan sumber daya karena memori digunakan oleh aplikasi-aplikasi dan program tersebut. Oleh karena itu, lebih baik Anda hanya menjalankan satu program saja dalam satu waktu untuk mencegah komputer hang karena beberapa aplikasi yang digunakan secara bersamaan. Anda bisa menutup aplikasi atau program yang tidak benar-benar harus dibuka atau digunakan saat itu juga.

7. BIOS

Memodifikasi pengaturan BOS ternyata dapat menjadi penyebab komputer hang. Hal tersebut bahkan dapat menimbulkan masalah serius. Hal yang Anda dapat lakukan jika hal tersebut menyebabkan komputer hang adalah dengan menyetel ulang pengaturan BIOS ke mode default. Hal ini dapat dilakukan dengan menghapus CMOS dan mengembalikannya setelah beberapa saat. Catatan yang penting bagi Anda adalah untuk selalu memastikan jika firmware BIOS diperbarui tepat waktu untuk mencegah komputer hang.

8. Daya yang Bermasalah

Daya komputer Anda harus cukup untuk memberikan tegangan yang cukup juga ke sistem komputer. Bahkan ketika Anda mempunyai komputer dengan prosesor terbaru, RAM yang besar, GPU dan motherboard canggih, catu daya yang tidak layak atau lonjakan daya yang mendadak dapat  membuat komputer Anda hang atau freeze. Yang dapat Anda lakukan untuk mencegah komputer hang ini adalah dengan memasang unit catu daya yang dapat menangani masalah tegangan rendah dan memastikan sistem berjalan beberapa saat meskipun ketika tidak ada daya.

4 dari 4 halaman

Penyebab Komputer Hang dan Solusi Mengatasinya

9. RAM Tidak Cukup

Komputer hang juga dapat disebabkan karena RAM penuh dan sudah tidak cukup lagi. Jika banyak yang Anda perlukan, maka anda perlu memiliki RAM yang besar. Misalnya Anda yang memiliki aplikasi game 3D yang besar sehingga menyebabkan komputer hang. Anda juga dapat mengatasi penyebab komputer hang yang satu ini dengan mencoba memutakhirkan RAM atau menginstal ulang OS Windows.

10. Mouse

Jika Anda menggunakan komputer dekstop, mouse dapat bermasalah, seperti baterai lemah untuk mouse bluetooth, koneksi yang buruk atau memang harus sudah diganti mousenya karena sudah lama. Hal ini juga memungkinkan komputer laptop menghadapi masalah yang sama ketika touchpad telah disusupi dengan satu atau cara lain. Solusi jika masalah ini terjadi pada touchpad Anda adalah Anda akan membutuhkan ahli untuk menggantinya.

11. Hard Drive yang Rusak atau Penuh

Jika terdengar suara klik dari CPU sistem Anda, maka Anda perlu waspada karena hal ini berarti terdapat sesuatu yang salah dengan hard drive Anda. Jalankan pemeriksaan diagnostik untuk memeriksa hard drive dan jalankan petunjuk selanjutnya. Kemudian, jika tidak ada ruang di hard drive Anda, maka komputer Anda akan kehabisan ruang untuk file tempt dan sistem. Hal tersebut juga dapat menjadi penyebab komputer hang. Oleh karena itu, solusinya adalah dengan menghapus file yang sudah tidak dibutuhkan.

12. Masalah File Sistem

File sistem yang rusak atau hilang juga dapat menjadi penyebab komputer hang. Oleh karena itu, Anda bisa menjalankan pemindaian pemeriksa sistem untuk menentukan apakah ada yang salah dengan file sistem Anda. Terkadang kesalahan yang tidak segera terlihat dapat berdampak signifikan pada komputer Anda.

Demikianlah beberapa penyebab komputer hang. Meskipun demikian, terkadang hal yang hanya bisa dilakukan ketika komputer Anda hang adalah melepaskan tangan dari keyboard dan menunggu beberapa saat. Hal tersebut karena terkadang ketika proses yang bertanggung jawab pada komputer freeze atau hang selesai atau mati, maka komputer akan mulai beroperasi secara normal kembali.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS