Sukses

Penyebab Pasang Surut Air Laut, Jenis, dan Manfaatnya untuk Kehidupan

Liputan6.com, Jakarta Penyebab pasang surut air laut perlu kamu pahami. Pasalnya, pasang surut air laut tersebut tidak terjadi begitu saja. Ada beragam faktor yang menjadi penyebab air laut pasang ataupun surut. Hal ini berkaitan dengan gaya gravitasi.

Pasang surut air laut dikenal juga dengan sebutan Ocean Tide. Gaya gravitasi bulan dan matahari terhadap bumi menjadi faktor penyebab pasang surut air laut. Hal ini menyebabkan permukaan air laut mengalami naik dan turun secara teratur dan berulang-ulang.

Penyebab pasang surut air laut adalah gravitasi bulan dan matahari. Namun yang lebih terasa pengaruhnya adalah gravitasi bulan karena jaraknya lebih dekat dengan bumi. Kamu tentunya permu mengenali penjelasan terjadinya apsang surut air laut ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/9/2022) tentang penyebab pasang surut air laut.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Pasang Surut Air Laut

Sebelum mengenali penyebab pasang surut air laut, kamu perlu mengenali dulu apa itu pasang surut. Ocean tide  atau pasang surut adalah kondisi naik turunnya permukaan air laut secara berkala. Pasang surut air laut merupakan fenomena alam yang terjadi ketika permukaan air laut mengalami naik turun secara teratur dan berulang-ulang. Fenomena ini dapat menyebabkan pergerakan partikel massa air dari permukaan sampai ke dasar laut. Istilah populer pasang surut air laut adalah ocean tide. Secara periodik fenomena ini terjadi akibat gaya gravitasi benda-benda langit, terutama bulan dan matahari.

Mengutip sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id, pasang surut air laut adalah suatu fenomena pergerakan naik turunnya permukaan air laut secara berkala yang diakibatkan gaya gravitasi bulan dan matahari terhadap bumi. Namun yang lebih terasa pengaruhnya adalah gravitasi bulan karena jaraknya lebih dekat dengan bumi. Jadi, bisa disimpulkan penyebab pasang surut air laut adalah gaya gravitasi bulan dan matahari terhadap bumi.

3 dari 5 halaman

Penyebab Pasang Surut Air Laut

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab pasang surut air laut adalah gaya gravitasi dari benda-benda langit, terutama bulan dan matahari. Gaya gravitasi bulan atau matahari terhadap massa air laut ini akan menimbulkan gelombang laut.

Penyebab pasang surut air laut yang paling utama yaitu gravitasi bulan, karena gayanya lebih besar daripada gravitasi matahari. Selain itu, jarak bulan lebih dekat dengan bumi. Pada saat bulan purnama, jarak air laut dengan pusat bulan sangat dekat daripada pusat bumi ke pusat bulan sehingga menyebabkan permukaan air laut naik.

Penyebab pasang surut air laut, terutama pada pasang naik terjadi karena gaya gravitasi bulan lebih kuat daripada gravitasi bumi dalam menarik air laut. Sementara itu, air laut akan surut jika pada bumi tidak sedang terjadi bulan baru atau bulan purnama. Kondisi permukaan air laut yang surut ini dikenal dengan nama pasang perbani.

Pada saat belahan bumi lain mengalami pasang naik, maka pada sebagian lainnya akan mengalami surut. Kemudian saat terjadi bulan separuh, kondisi air laut surut jauh lebih banyak. Penyebab pasang surut air laut tersebut karena bagian bumi yang surut berada tepat di tengah antara bagian yang mengalami bulan baru atau purnama.

4 dari 5 halaman

Jenis Pasang Surut Air Laut

Setelah mengenali penyebab pasang surut air laut, kamu juga perlu memahami jenisnya. Pasang surut air laut dibedakan menjadi dua, yaitu pasang purnama dan pasang perbani.

Pasang Purnama

Pasang purnama adalah pasang naik dan pasang naik setinggi-tingginya terjadi pada saat bulan purnama dan bulan baru.

Pasang Perbani

Pasang perbani adalah pasang naik dan pasang surut terendah terjadi pada waktu matahari, bumi, dan bulan membentuk sudut 90°C.

5 dari 5 halaman

Manfaat Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air laut tentunya memiliki manfaat tertentu untuk kehidupan. Bahkan, peristiwa pasang surut air laut sudah banyak dimanfaatkan manusia dari sejak dulu. Melansir suzuki.co.id, berikut beberapa manfaat pasang surut air laut:

Menentukan Waktu Nelayan untuk Melaut

Manfaat utama pasang surut air laut adalah para nelayan bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk berlayar. Pada saat air laut pasang atau naik, para nelayan tersebut akan jauh lebih mudah dalam menangkap ikan di laut.

Berguna untuk Pengelola Tambak Garam

Tambak garam bisa mendapatkan air laut dengan mudah saat terjadi pasang, karena air laut lebih gampang untuk diambil sebanyak-banyaknya.

Sebagai Pembangkit Listrik

Pasang surut air laut juga bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Gerakan air laut dapat digunakan untuk menghidupkan generator sebagai sumber listrik. Pembangkit listrik dengan bantuan pasang surut air laut sudah banyak dijumpai seperti PLTU.

Transportasi Air

Pasang surut air laut juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan transportasi air seperti perahu, kapal kecil, dan kapal besar. Saat air laut naik, transportasi air bisa berangkat dan berlabuh di pelabuhan. Sementara itu, saat air laut surut, transportasi air tersebut bisa bersandar atau berhenti sejenak.

Wisata Air

Manfaat pasang surut air laut yang terakhir adalah untuk wisata air. Keadaan air laut yang naik dan turun dapat menjalankan papan selancar bagi kamu yang hobi surfing. Semakin tinggi ombak laut, maka semakin memancing adrenalin saat berselancar di atas permukaan air laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.