Sukses

6 Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Artinya, Bebas dari Kecemasan

Liputan6.com, Jakarta - Mengetahui bacaan doa menghilangkan rasa takut bagi seorang Muslim akan memberikan ketenangan dan dibebaskan dari kecemasan. Manusia yang masih hidup di dunia pasti akan dihadapkan dengan perasaan takut.

Dalam penelitian berjudul Playing With Fire : A Field Study in Recreational Horror oleh Marc Malmdorf Andersen, dkk, dijelaskan bahwa rasa takut manusia, mengacu pada perasaan tidak menyenangkan yang dimiliki seseorang secara sadar ketika berada di hadapan ancaman terhadap kesejahteraan, yang sering tetapi tidak selalu disertai dengan reaksi defensif perilaku dan fisiologis.

Takut bisa berupa perasaan takut pada kejahatan, orang-orang jahat, situasi yang sulit, dan takdir yang belum pasti. Bacaan doa menghilangkan rasa takut ini akan membuat seorang muslim lebih mudah mendapat ketenangan dari petunjuk-petunjuk yang Allah SWT berikan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang enam bacaan doa menghilangkan rasa takut dan artinya, Selasa (20/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Artinya

1. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut pada Kejahatan

Apabila merasa takut akan kejahatan dalam wujud apapun, dalam kitabnya Al Adzkar oleh Imam an-Nawawi dianjurkan membaca bacaan doa menghilangkan rasa takut dan artinya berikut ini:

Allahumma inna naj'aluka fi nuhurihim wa na'udzubika min syururihim.

Artinya:

"Ya Allah, kami menjadikan Engkau sebagai pihak yang memegang leher mereka dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka."

2. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut pada Kesulitan

Selain bacaan doa menghilangkan rasa takut di atas, kemudian direkomendasikan pula membaca bacaan doa menghilangkan rasa takut pada kesulitan dan artinya:

Bismillahir rahmanir rahim. Ilahi kaifa ad'uka wa ana ana, wa kaifa aqtho'u rajai wa anta anta ilahi, falaqtal bahra li musa 'alaihis salam wa najjaitahu minal gharaqi rabbi najjini mimma ana fihi rabbi hab li farjan wa makhrajan birahmatika ya arhamar rahimin.

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Tuhanku, bagaimana aku memohon kepada-Mu sementara aku adalah aku, dan bagaimana aku memutus harapanku sementara Engkau adalah Tuhanku.

Engkau belah lautan untuk Nabi Musa (keselamatan atasnya) dan Engkau selamatkan dia dari tenggelam. Wahai Tuhanku, selamatkan aku dari apa yang sedang aku ada di dalamnya. Wahai Tuhanku, berilah aku kemudahan dan jalan keluar dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pengasih di antara para pengasih."

3. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dari Nabi Musa

Apabila sedang diliputi rasa takut berlebihan dalam wujud apapun, simak bacaan doa menghilangkan rasa takut dan artinya sebagaimana yang dibaca oleh Nabi Musa saat membelah lautan berikut ini:

Bismillahir rahmanir rahim. Ilahi kaifa ad'uka wa ana ana, wa kaifa aqtho'u rajai wa anta anta ilahi, falaqtal bahra li musa 'alaihis salam wa najjaitahu minal gharaqi rabbi najjini mimma ana fihi rabbi hab li farjan wa makhrajan birahmatika ya arhamar rahimin.

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Tuhanku, bagaimana aku memohon kepada-Mu sementara aku adalah aku, dan bagaimana aku memutus harapanku sementara Engkau adalah Tuhanku. Engkau belah lautan untuk Nabi Musa (keselamatan atasnya) dan Engkau selamatkan dia dari tenggelam. Wahai Tuhanku, selamatkan aku dari apa yang sedang aku ada di dalamnya. Wahai Tuhanku, berilah aku kemudahan dan jalan keluar dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pengasih di antara para pengasih."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Artinya

4. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan

Memiliki rasa takut yang berlebihan ini bukan hal baik. Diajurkan membaca bacaan doa menghilangkan rasa takut berlebihan dan artinya sebagaimana dalam hadis riwayat Thabrani dari Abu Umamah berikut ini:

Sesungguhnya Nabi saw. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah:

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

5. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dengan Urusan Duniawi

Urusan duniawi tidak akan ada habisnya kecuali manusia dihadapkan dengan kematian. Ini mengapa manusia pasti akan diliputi perasaan takut dengan urusan duniawi yang sebenarnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Ketika mengalami rasa takut yang demikian, dianjurkan membaca bacaan doa menghilangkan rasa takut dengan urusan duniawi. Ini bacaan doa menghilangkan rasa takut dalam buku berjudul Doa Zikir Mohon Pelindungan dan Ketenangan Hati oleh Darul Insan:

Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul’udatam-milisaanii. Yafqohuu qoulii

Artinya:

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekauan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

6. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas

Diliputi perasaan cemas merupakan hal lumrah bagi manusia. Khusus bagi seorang muslim, posisi demikian bisa diringankan dengan membaca bacaan doa menghilangkan rasa takut dan cemas sebagaimana dikutip dari Al-Qur’an surat at-Thaha berikut ini:

وَالضُّحٰىۙ وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ فَاَمَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْۗ وَاَمَّا السَّاۤىِٕلَ فَلَا تَنْهَرْ وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Artinya:

“Demi waktu dhuha (ketika matahari sepenggalah). Dan demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu, Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan, Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas.

Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu) Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk, dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan, Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang meminta-minta janganlah engkau menghardik (nya). Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.