Sukses

27 Wisata Kota Padang yang Wajib Dikunjungi, Terbaru dan Populer

Wisata kota Padang yang seru juga menyenangkan, rekomendasi liburan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Wisata kota Padang merupakan salah satu tempat yang bisa dijadikan sebagai pilihan tepat, untuk liburan yang seru juga menyenangkan. Banyak sekali destinasi yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Padang Sumatera Barat, mulai dari wisata alam dengan pantai yang indah, wisata edukasi dan budaya yang masih melekat sampai sekarang. 

Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi tempat wisata, maka wisata kota Padang merupakan rekomendasi yang menarik. Kota yang berbatasan langsung dengan laut ini, memiliki sejumlah pantai juga pulau yang bisa pengunjung singgahi, selain itu pengunjung juga bisa melakukan diving dan snorkeling sekedar menikmati keindahan bawah laut. 

Namun bagi pengunjung yang tidak bisa melakukan aktivitas bawah laut, wisata kota Padang juga memiliki deretan air terjun, danau dan pantai yang bisa dinikmati. Salah satunya adalah Pantai Padang yang cukup populer juga ikonik. Tempat ini memiliki sarana dan prasarana fasilitas umum yang lengkap, juga bersih dan tertata rapi.

Berikut ini wisata kota Padang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/9/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Kota Padang

1. Lubuk Paraku

Salah satu wisata kota Padang yang wajib untuk dikunjungi adalah Lubuk Paraku. Tempat ini berlokasi di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Lubuk ini berada di tepian jalan antara Kota Padang dan Kota Solok, sehingga pengunjung yang datang ke sini, bisa melihat air sungai Lubuk Paraku yang masih jernih hingga dasar sungai. Tempat ini juga dipenuhi dengan bebatuan kecil yang sangat jelas terlihat.

2. Pemandian Lubuk Minturun

Tempat wisata kota Padang yang wajib dikunjungi adalah Pemandian Lubuk Minturun. Wisata ini memiliki bentuk yang menyerupai sebuah lubuk, dan pemandian ini sudah terbentuk secara alami dan berumur sudah cukup tua. Menurut cerita, wisata ini konon dijadikan sebagai tempat mandi bagi nona-nona Belanda pada tempo dulu. Saat berada di sini, pengunjung bisa menikmati area di sekitar lokasi yang masih terasa sejuk sampai sekarang, karena kerindangan lingkungannya yang memang masih terjaga rimbun.

3. Danau Cimpago

Danau Cimpago merupakan wisata kota Padang yang terletak di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Purus, Padang. Tempat wisata ini merupakan danau seluas dua hektar, yang pada awalnya memang dibuat sebagai drainase untuk mengendalikan banjir di kota Padang. Namun tempat ini juga kemudian beralih fungsi sebagai tempat ekowisata masyarakat sekitar. Khususnya pada akhir pekan, tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan sekitarnya.

4. Bendungan Niagara Koto Pulai

Tempat wisata kota Padang berikutnya adalah Bendungan Niagara Koto Pulai. Sesuai namanya, tempat ini memiliki bentuk layaknya air terjun niagara, dan terletak di Koto Pulai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Saat berkunjung, Anda akan melihat dan menikmati keindahan pemandangan dan bentuknya yang menyerupai Niagara, dan sering didatangi pengunjung untuk berwisata.

5. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan merupakan destinasi wisata kota Padang, yang berada di sisi barat Pantai Padang dengan luas sekitar 5 hektar. Dengan pasir berwarna putih dan dipadukan dengan jernihnya air laut yang berwarna biru sejauh mata memandang. Daya tarik lain yang dimiliki tempat wisata di Padang ini adalah permukaan laut yang seolah terbagi menjadi tiga warna dengan gradasi warna bening, hijau, dan biru jika dilihat dari bibir pantai.

6. Pulau Sikuai

Destinasi wisata kota Padang selanjutnya adalah Pulau Sikuai yang merupakan salah satu pulau yang terletak di sisi barat pulau Sumatra. Pulau ini termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami. Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau ini telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya masih berupa kawasan hutan dan pantai. Tempat ini menjadi rekomendasi liburan keluarga yang menyenangkan. 

7. Pulau Sirandah

Pulau Sirandah merupakan salah satu destinasi wisata kota Padang. Perlu diketahui bahwa destinasi ini termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Sirandah berasal dari bahasa Minang yang berarti rendah yang artinya, tempat ini merupakan pulau berbukit dengan pantai berpasir putih yang ditumbuhi beberapa jenis pohon tingkat tinggi seperti kelapa, semak dan bakau.

8. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya adalah destinasi wisata kota Padang yang cukup ikonik, di mana jembatan ini membentang sepanjang 156 meter di atas Sungai Batang Aru. Jembatan ini sebagai akses penghubung menuju Gunung Padang yang menjadi latar tempat novel klasik Siti Nurbaya. Selain sebagai jalur akses penghubung, jembatan ini biasanya juga dijadikan tempat untuk menikmati panorama matahari terbenam dengan pemandangan Kota Tua Padang.

3 dari 5 halaman

Wisata Kota Padang

9. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman merupakan salah satu wisata kota Padang yang sering dijuluki sebagai Taman Mininya Sumatera Barat. Tempat ini memiliki luas area sekitar 2,6 hektar dengan luas bangunan sekitar 2.855 m2. Tempat ini memiliki banyak koleksi benda-benda bersejarah baik cagar budaya Minangkabau maupun nasional. Salah satu koleksi yang cukup ikonik adalah Rumah Bagonjong atau Banjuang yang memiliki arsitektur khas Minang.

10. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat merupakan salah satu wisata religi kota Padang yang dikenal dengan arsitekturnya yang unik. Masjid ini tidak memiliki kubah, namun arsitektur Rumah Gadang dengan empat sudut lancip khas budaya Minangkabau. Bangunan dari Masjid Raya Sumatera Barat ini berbentuk lonjong dengan luas mencapai 18.000 m2. Bagi pengunjung yang ingin beribadah juga menikmati kemegahan dengan arsitektur yang bernuansa budaya, maka Masjid Raya merupakan tempat yang cocok.

11. Pantai Padang

Pantai Padang adalah destinasi wisata kota Padang yang cukup populer dikunjungi oleh wisatawan, karena selain berbagai fasilitas yang disediakan secara lengkap, pemandangan tempat ini juga sangat menawan. Ketika cuaca cerah, Pantai Padang termasuk tempat yang ideal untuk menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat dengan bias merahnya yang mengagumkan. Bagi kamu yang ingin menikmati liburan menyenangkan, maka tempat ini sangat cocok untuk disambangi.

12. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis adalah wisata kota Padang yang cukup populer juga ikonik. Di pantai ini terdapat sebuah batu yang menyerupai manusia dengan posisi sedang bersujud. Batu ini diyakini sebagai bentuk Malin Kundang yang dikutuk sang ibu. Selain itu, terdapat bentuk bebatuan yang berbentuk tali tambang kapal serta kayu yang menyerupai bentuk pecahan badan kapal. Penduduk setempat juga percaya bahwa batu-batuan tersebut tidak hanya sebatas kebetulan, melainkan menjadi bukti jika legenda dari Malin Kundang memang sungguh terjadi.

13. Pantai Caroline

Wisata kota Padang yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Caroline atau yang sering juga dikenal Pantai Bungus. Saat berkunjung, Anda akan melihat hamparan pasir putih yang bersih dan halus, juga memiliki pepohonan rindang yang membuat suasana nampak teduh dan segar. Tempat ini bisa dijadikan sebagai wisata keluarga untuk sekedar piknik dan liburan.

14. Taman Sitti Nurbaya

Taman Sitti Nurbaya juga dikenal sebagai Taman Gunung Padang yang berada di ketinggian bukit dengan pepohonan hijau dan rindang. Taman ini terletak di sebelah barat Kota Padang yang terhubung langsung dengan Jembatan Siti Nurbaya. Di taman ini bisa ditemukan tumpukan batu yang dipercaya sebagai makam Sitti Nurbaya.

15. Miniatur Makkah

Miniatur Makkah Madinah merupakan wisata religi yang ada di kota Padang. Berlokasi tepat di Masjid Nur Zikrillah, Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tengah, Padang. Tempat ini terdapat Miniatur Makkah yang dibuat sedemikian rupa mirip dengan kota Makkah di Arab Saudi yang menjadi tujuan haji oleh umat muslim. Tempat ini juga memiliki berbagai koleksi satwa seperti unta, ular pyton, dan ikan besar juga dipelihara di tempat ini. Sentuhan wisata rohani, wisata alam dan wisata edukasi bisa didapatkan di satu lokasi.

16. Kota Tua Padang

Kota Tua Padang merupakan wisata kota Padang yang memiliki deretan gedung tua yang usianya hampir mencapai ratusan tahun. Wisata Padang ini membentang dari Jalan Muaro, Pasa Mudik, Pasa Gadang, Batang Arau, Pada Tanah Kongsi, hingga wilayah Pondok. Kota Tua Padang cocok dikunjungi bagi kamu yang tertarik dengan sejarah dan budaya.

4 dari 5 halaman

Wisata Kota Padang

17. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak adalah wisata kota Padang yang terletak 17 kilometer dari pusat kota, serta memiliki kontur yang luas dan datar membuatnya cocok sebagai rute bersepeda. Saat berkunjung ke tempat ini, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan mulai dari aktivitas berenang, berjemur, bermain, hingga menyewa perahu.

18. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana adalah tempat wisata yang berada tak jauh dari pelabuhan Teluk Bayur. Dari Pantai Nirwana pengunjung akan melihat kapal-kapal yang sedang bersandar di pelabuhan Teluk Bayur. Namun saat air surut, batu karang dan koral kecil yang bertebaran bisa terlihat di sepanjang pantai. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pantai yang memukau, ditemani pepohonan kelapa di pinggir pantai yang memberi nuansa tropis juga eksotis.

19. Pantai Sako

Pantai Sako berlokasi di Bungus Teluk Kabung, Padang. Meskipun tidak sepopuler wisata Padang lainnya, akan tetapi keindahan pantai Sako tak bisa diragukan lagi. Mulai dari pantai yang memiliki luas mencapai 6000 meter persegi, dengan topografi pantai yang landai, juga memiliki pasir yang sedikit coklat, serta ombaknya yang tenang membuat tempat ini menjadi rekomendasi untuk liburan menyenangkan

20. Air Terjun Sarasah

Air Terjun Sarasah adalah tempat wisata kota Padang yang cukup populer. Tempat ini dulunya terdapat adalah Gariang karena banyak sekali ditemukan Ikan gariang. Air terjun ini memiliki 2 tingkat, di mana tingkat pertama, air meluncur di bebatuan yang tersusun rapi seperti piramida serta memiliki tinggi sekitar 15 meter, lalu, di tingkat kedua, air meluncur dari alur sungai yang menyempit yang memiliki tinggi sekitar 25 meter.

21. Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam merupakan wisata kota Padang yang secara administratif berada di Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan yang indah, dan masing-masing air terjun dimulai sekitar 2 meter, 10 meter, dan 20 meter. Saat berkunjung, jangan lupa untuk mengabadikan momen indah dengan latar air terjun.

 

5 dari 5 halaman

Wisata Kota Padang

22. Air Terjun Lubuak Tampuruang

Air Terjun Lubuak Tampuruang merupakan tempat wisata yang berada di Gunung Sarik, Kuranji, Padang. Lubuak Tampuruang juga terdiri dari air terjun kecil dari sungai yang mengalir tidak terlalu deras. Lubuak Tampuruang berasal dari kata Lubuak yang berarti kolam alami dan Tampuruang yang berarti batok kelapa. Saat berada di sini, pengunjung akan melihat sungainya yang hampir membentuk setengah lingkaran seperti batok kelapa.

23. Air Terjun Lubuak Rantiang

Lubuak Rantiang merupakan salah satu tempat wisata kota Padang yang memiliki kolam di aliran sungainya. Meskipun hanya setinggi 6 meter, namun air terjun yang dikenal dengan Lubuak Ngalauan, atau Sarasah Lubuak Rantiang ini menyuguhkan panorama indah. Belum lagi dilengkapi dengan air berwarna kehijauan bening yang sangat menyegarkan, sehingga bisa digunakan oleh pengunjung untuk berenang.

24. Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan salah satu wisata kota Padang yang terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Sitinjau. Di sekeliling Danau Maninjau juga terdapat bukit - bukit berdiri dengan sangat indah untuk dipandang. Selain itu, tempat ini masih asri, sejuk, dan tenang sehingga kamu dapatkan berelaksasi di kawasan Danau Maninjau ini. Airnya sangat jernih membuat pikiran rasanya lebih tenang ketika memandangnya.

25. Danau Singkarak

Danau Singkarak adalah wisata kota Padang yang harus kamu kunjungi. Danau Singkarak juga terbentuk akibat pergerakan lempeng bumi akibat letusan gunung berapi. Keindahan danau ini berhasil menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat yang memukau ini selalu dikunjungi, juga rutin dijadikan venue perlombaan. Tempat ini juga sangat bersih serta memiliki luas sekitar 107,8 km persegi. Luas sebesar itu menjadikan danau ini sebagai danau terbesar kedua di Sumatera.

26. Pulau Cubadak

Kalau kamu sebagai pecinta destinasi wisata bahari, pulau ini merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi, karena menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan mempesona dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Kejernihan air laut juga bisa digunakan untuk diving dan snorkeling dengan nyaman. 

27. Lembah Harau

Wisata kota Padang selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Lembah Harau . tempat ini memiliki hamparan luas sawah dan perkebunan hijau yang diapit oleh bukit berbatu yang berwarna kemerahan. Sejak tahun 1993, Lembah Harau telah menjadi wilayah cagar alam karena di lembah ini hidup banyak flora khas hutan hujan tropis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.