Sukses

Provider Adalah Penyedia Layanan Internet, Pahami Definisi dan Fungsinya

Liputan6.com, Jakarta Provider adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan kepada pengguna atau user. Istilah provider sering digunakan dalam teknologi komputer, laptop, telepon rumah, maupun telepon seluler.

Provider kerap disebut sebagai penyedia jasa internet. Provider adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan dengan internet. Bahkan provider dapat digunakan dalam jangkauan nasional hingga internasional.

Secara sederhana, koneksi internet akan dihubungkan dengan internet provider. Provider adalah salah satu kebutuhan teknologi yang berperan penting dalam segala aktivitas sehari-hari. Mulai dari pekerjaan, pendidikan, maupun berbisnis.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai definisi provider dan fungsinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Definisi Provider

Seperti yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya, provider adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan kepada pengguna atau user. Provider adalah istilah yang sering digunakan dalam perkembangan teknologi terutama pada  jaringan komputer. Untuk itu, berbagai layanan dalam jaringan komputer bisa kita dapatkan melalui provider. Biasanya disebut juga sebagai provider internet atau Internet Service Provider.

Internet Service Provider atau ISP adalah perusahaan yang menyediakan koneksi dan layanan internet untuk individu dan organisasi. Setiap ISP menyediakan layanan yang berbeda-beda kepada pelanggannya. Tidak hanya menyediakan koneksi internet tetapi juga meliputi pemeliharaan dan instalasi.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

Untuk bisa mengakses ISP, pengguna memerlukan perangkat tambahan seperti modem atau router yang berfungsi untuk menghubungkan koneksi internet dari ISP ke gadget. Sebelum menghubungkan internet ke rumah, biasanya ISP minta untuk diverifikasi akun kita dan memberikan alamat IP ke modem. Apabila anda sudah melakukan registrasi maka peralatan modem atau router akan otomatis dipinjamkan oleh ISP.

3 dari 4 halaman

Fungsi Provider Internet

Fungsi dari ISP adalah untuk menghubungkan gadget pengguna dengan koneksi internet melalui perangkat modem atau router. Jadi tanpa adanya ISP, Anda tidak bisa mengakses layanan internet dengan baik, seperti streaming, browsing, berkirim e-mail, dan sebagainya, kendati telah memiliki perangkat modem atau router.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa ISP berfungsi untuk memverifikasi alamat IP (Internet Protocol) di modem agar bisa dialiri dengan koneksi internet, sehingga bisa menyebarkan koneksi tersebut ke perangkat lain seperti laptop atau ponsel.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam ISP

1. Dial-up

Jenis-jenis Internet Service Provider atau ISP yang pertama adalah dial-up. Internet dial-up menggunakan saluran telepon. Kelemahannya, tidak bisa menggunakan telepon rumah dan internet bersamaan. Dial-up adalah jenis koneksi internet paling lambat.

2. DSL (Digital Subscriber Line)

Jenis-jenis Internet Service Provider atau ISP lainnya adalah DSL. Layanan DSL menggunakan koneksi broadband, yang jauh lebih cepat daripada dial-up. DSL terhubung ke internet melalui saluran telepon tanpa harus memiliki telepon di rumah. Tidak seperti dial-up, kita bisa menggunakan internet dan saluran telepon bersamaan. Kabel Layanan kabel terhubung ke internet melalui TV kabel. Layanan ini menggunakan koneksi broadband dan bisa lebih cepat daripada layanan dial-up dan DSL. Namun hanya tersedia jika memiliki TV kabel.

3. Serat optik

Jenis-jenis Internet Service Provider atau ISP yang lainnya adalah serat optik. Broadband serat optik adalah jenis broadband berkecepatan tinggi yang menggunakan kabel serat optik. Keunggulannya, lebih baik dalam mentransfer data daripada kabel tembaga standar. Pengguna dapat melakukan semua hal yang disukai di internet dengan lebih cepat, seperti main game online, streaming film dan musik.

4. Satelit

Jenis-jenis Internet Service Provider atau ISP yang lainnya adalah satelit. Sambungan satelit menggunakan broadband tetapi tidak memerlukan kabel atau saluran telepon. Dengan satelit kita dapat terhubung ke internet melalui satelit yang mengorbit Bumi. Jenis layanan ini dapat digunakan hampir di mana saja di dunia, tetapi sambungannya dipengaruhi cuaca. Koneksi satelit biasanya lebih lambat dari DSL atau kabel.

5. Mobile internet

Jenis-jenis Internet Service Provider atau ISP yang lainnya adalah mobile internet. Mobile internet atau internet seluler terhubung secara nirkabel melalui jaringan ISP. Namun, jenis koneksi ini tidak selalu secepat DSL atau kabel. Kelemahannya, jumlah data yang dapat digunakan terbatas, tidak seperti kebanyakan paket broadband. Saat ini, layanan 3G dan 4G paling umum digunakan dengan ponsel pintar.

6. TV Kabel

Jenis-jenis Internet Service Provider atau ISP yang lainnya adalah TV kabel. TV kabel adalah jenis internet yang dihasilkan dari sambungan TV kabel. Sambungan untuk TV kabel sendiri sama dengan DSL yaitu menggunakan jaringan broadband.

Pada umumnya, jaringan broadband dari TV kabel diantarkan melalui jaringan kabel fiber optic. Kemudian, kabel tersebut disambungkan ke modem atau router untuk menyebarkan koneksi internet di perangkat.

Kelebihan dari jaringan dari TV kabel ini terbilang cukup stabil dibandingkan dengan DSL yang menggunakan kabel tembaga. Bahkan, pengguna yang tidak memiliki TV kabel dapat menggunakan koneksi internet dari TV kabel tersebut. Asalkan berada di lokasi yang terjangkau dengan TV kabel.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS