Sukses

Arti Resonansi adalah Getaran dari Satu Benda ke Benda Lain, Simak Contohnya

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti resonansi? Memahami arti resonansi adalah getaran dari satu benda ke benda lain. Wujud sesuai arti resonansi adalah berupa dengungan seperti gema dan getaran. Bisa dikatakan pula, bahwa resonansi ini berupa getaran dari sumber bunyi.

Secara bahasa, melansir dari Sciencing, arti resonansi adalah berasal dari bahasa Latin resonantia yang berarti "gema". Lalu, ketahui sesuatu yang dapat beresonansi sesuai arti resonansi adalah berupa benda, gas, atau udara di sekitar bunyi. Selain itu, bisa disebut pula arti resonansi adalah cara kerja suara yang memiliki keuntungan dan kerugian.

Contoh peristiwa sesuai definisi arti resonansi adalah mengguntungkan jika getaran mampu menghasilkan suara yang merdu dari perpaduan alat musik. Contoh peristiwa sesuai arti resonansi adalah merugikan jika getaran terjadi sangat dahsyat dari suara keras hingga menyebabkan kehancuran pada benda-benda di sekitarnya.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang arti resonansi dan contoh peristiwa resonansi, Kamis (22/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Arti Resonansi adalah Getaran dari Satu Benda ke Benda Lain

Memahami arti resonansi adalah degungan atau segala yang berhubungan dengan suara. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan arti resonansi adalah dengungan berupa gema atau getaran.

Menurut ilmu fisika, arti resonansi adalah peristiwa turut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran gelombang elektromagnetik luar. Menurut ilmu seni, arti resonansi adalah kualitas suara ucapan yang tergantung pada kekayaan, warna, dan vibrasi bunyi, merupakan totalitas mekanisme produksi suara.

Arti resonansi adalah getaran yang dihasilkan dari sumber bunyi. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, adanya sumber yang menggambarkan arti resonansi adalah bisa berasal dari sesuatu di sekitar sumber bunyi. Sesuatu yang dapat beresonansi itu berupa benda, gas, atau udara di sekitar bunyi.

Berasal dari arti resonansi sebagaimana sudah dijelaskan, bisa memahamkan bahwa resonansi adalah bagian dari cara kerja suara. Secara bahasa, melansir dari Sciencing, arti resonansi adalah berasal dari bahasa Latin resonantia yang berarti "gema". Apabila disederhanakan lagi, melansir dari Science Learning Hub, arti resonansi adalah getaran dari salah satu benda yang menyebabkan benda lain bergetar.

Arti resonansi ini memahamkan pula, bahwa peristiwa sesuai arti resonansi adalah bisa terjadi ketika ada frekuensi sama antara kedua benda. Selain frekuensi sama, peristiwa resonansi adalah bisa terjadi dengan keberadaan selaput tipis dan ruang udara dengan panjang yang sama dengan ┬╝ panjang gelombang.

Fungsi sesuai dengan arti resonansi adalah memperkuat bunyi asli. Contoh peristiwa resonansi adalah pada garpu tala. Simak penjelasan lengkap tentang contoh peristiwa resonansi.

3 dari 3 halaman

Contoh Peristiwa Resonansi dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami tentang arti resonansi, kemudian pahami lebih mendalam tentang resonansi dari contoh peristiwa resonansi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ini penjelasan contoh peristiwa resonansi yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Contoh Peristiwa Resonansi pada Garpu Tala

Pada percobaan garpu tala sebagai peristiwa resonansi, bayangkan dua buah garpu tala yang memiliki frekuensi sama diletakkan pada kotak yang diberi kotak udara. Jika garpu tala A kemudian digetarkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul dan dibiarkan bergetar.

Beberapa saat kemudian dipegang hingga berhenti bergetar, ternyata garpu tala B yang didekatnya terlihat masih bergetar. Hal tersebut bisa terjadi karena getaran yang dihasilkan oleh garpu tala A merambat di udara dan menggetarkan garpu tala B.

Contoh peristiwa resonansi adalah peristiwa garpu tala ini. Jika frekuensi garpu tala B tidak sama dengan frekuensi garpu tala A, maka garpu tala B tidak akan bergetar. Jadi, dapat disimpulkan resonansi adalah ikut bergetarnya suatu sumber bunyi akibat sumber bunyi yang lain.

2. Contoh Peristiwa Resonansi pada Piano dan Gitar

Peristiwa resonansi adalah pada alat musik piano dan gitar, mereka mengalami resonansi ketika dipetik. Gitar yang dipertik akan menghasilkan getaran, di mana udara dalam kolom gitar akan ikut serta bergetar dan mampu menghasilkan suara yang merdu.

Contoh peristiwa resonansi adalah ketika gitar dipetik. Kemudian ketika piano dan gitar dimainkan secara bersamaan, getaran akan muncul dari induksi gitar dan piano dengan nada tertentu ketika frekuensi yang sama dimainkan, dinyanyikan dengan jarak yang berdekatan.

3. Contoh Peristiwa Resonansi pada Gelas yang Pecah

Gelas yang pecah menjadi contoh peristiwa resonansi. Peristiwa ini biasa terjadi dalam sebuah pertunjukan. Pada peristiwa resonansi gelas yang pecah, terjadi dipengaruhi oleh suara penyanyi opera yang menggelegar dan memiliki getaran yang merambat.

Pada peristiwa ini, getaran akan merambat pada gelas, menggetarkan molekul pada gelas, hingga membuat gelas akhirnya menjadi pecah. Contoh peristiwa resonansi adalah gelas yang pecah karena getaran suara yang menggelegar, getaran memengaruhi molekul gelas.

4. Contoh Peristiwa Resonansi pada Ledakan Bom

Adanya ledakan bom adalah contoh peristiwa resonansi yang cukup merugikan. Bunyi dari ledakan bom yang menggelegar, tanpa material yang menyusunkan secara tidak langsung bisa memicu getaran yang merambat pada gedung. Rambatan getaran yang sangat tinggi berisiko sekali meruntuhkan gedung-gedung.

5. Contoh Peristiwa Resonansi pada Kereta Api

Contoh peristiwa resonansi adalah bisa timbul dari getaran kereta api yang lewat di dekat rumah penduduk. Getaran dari kereta api menyebabkan atau membuat rumah penduduk ini ikut bergetar, terutama yang ada di pinggir rel. Peristiwa resonansi ini jika terus dibiarkan atau terjadi dalam tempo waktu yang lama, akan berisiko merusak rumah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS