Sukses

10 Cara Desain Baju Untuk Pemula, Ikuti Langkah-langkahnya

Liputan6.com, Jakarta Cara desain baju dapat dilakukan oleh siapa saja, terdapat beberapa tip dan langkah yang bisa diikuti untuk dapar membuat desain baju bagi pemula. Dalam mendesain sebuah baju diperlukan kombinasi antara imajinasi, kreatifitas dan keterampilan, namun hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah peralatan.

Cara desain baju dimulai dengan mempersiapkan peralatan berupa pensil, kuas, cat air dan kertas gambar terlebih dahulu. Lalu kemudian saat sudah terbentuk desain yang diinginkan, hal yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah alat jahit dan kain yang akan dibentuk menjadi baju impian.

Namun jika anda masih bingung dengan cara desain baju, terdapat beberapa tips dan langkah-langkah yang bisa diikuti untuk cara desain baju yang mudah bagi pemula. Yang perlu anda lakukan adalah mengikuti langkah membuat desain baju.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara desain baju yang mudah untuk pemula, Kamis (22/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Desain Baju Untuk Pemula

LANGKAH 1: Menggambar Croquis

Croquis adalah sketsa cepat yang menguraikan proporsi figur mode. Croquis hampir seperti boneka kertas, croquis merupakan template dan dapat ditempatkan di bawah selembar kertas untuk menggambar pakaian.

Hal yang perlu dipersiapkan adalah Kertas, Pensil dan Penghapus, Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menyelesaikan gambar croquis.

1. Pertama adalah gambar garis vertikal di tengah kertas. Garis yang membentang dari kepala hingga kaki ini akan menjadi pusat keseimbangan figur fashion.

2. Pisahkan kertas menjadi sembilan bagian yang sama . Kesembilan bagian akan mencakup kepala, payudara, pinggang, pinggul, paha, betis, pergelangan kaki, dan kaki figure fashion. Anda dapat menggambar garis horizontal, masing-masing sekitar satu inci dan seperdelapan, untuk memisahkan sembilan bagian.

3. Gambarlah daerah panggul. Di tengah garis keseimbangan, gambarlah persegi untuk pinggul figur fashion. Ini dapat dimiringkan ke arah yang berbeda untuk membuat pose yang berbeda.

4. Gambar batang tubuh dan bahu. Gambar dua garis ke atas dari bagian atas alun-alun panggul untuk membuat batang tubuh. Garis melengkung ke dalam dan ke luar lagi untuk membuat pinggang. Lebar bahu harus kira-kira sama dengan panggul, tetapi garis bahu dapat dimiringkan untuk menciptakan pose yang membulat ke depan.

5. Gambar leher dan kepala. Leher harus sepertiga lebar bahu, dan setengah panjang kepala. Gambarlah sebuah lingkaran untuk kepala secara proporsional dengan tubuh.

6. Gambar kaki. Kaki sosok itu harus kira-kira empat kali panjang kepala yang digambar. Kaki dibagi menjadi dua bagian: paha dan betis. Bagian atas paha harus memiliki panjang yang sama dengan kepala. Turunkan garis ke lutut, dan lagi ke pergelangan kaki sehingga pergelangan kaki kira-kira seperempat ukuran kepala.

7. Gambar lengannya. Buat lengan dengan garis meruncing ke siku dan kemudian lagi ke pergelangan tangan. Lengan dapat diposisikan di samping tubuh sosok, atau berpose di pinggul. Selesai dengan tangan dan jari.

3 dari 5 halaman

Cara Desain Baju Untuk Pemula

LANGKAH 2: Mencari Ide atau Inspirasi

Selanjutnya adalah menentukan ide dari desain baju yang akan dibuat. Anda dapat menyusun koleksi inspirasi ke dalam papan suasana hati yang mewakili estetika di balik desain. Untuk membuat desain yang kohesif, anda harus terlebih dahulu mengatur ide dan inspirasi anda ke dalam mood board. Meluangkan waktu untuk mengatur ide-ide akan menghasilkan pakaian akhir yang bagus.

1. Kumpulkan Inspirasi Melalui Media Sosial. Pinterest adalah cara yang bagus untuk mengumpulkan gambar inspirasi anda. Anda juga dapat melihat majalah, buku, foto, alam, dan platform tren untuk mendapatkan inspirasi.

2. Kompilasi Ide. Biarkan inspirasi memandu anda. Catat dan buat sketsa ide untuk desain, siluet, konstruksi, bahan, dan warna pakaian atau aksesori yang akan anda buat. Di sinilah croquis yang dibuat sebelumnya sangat berguna untuk mengilustrasikan ide anda dengan cepat.

 

LANGKAH 3: Membuat Ilustrasi atau Sketsa

Cara desain baju yang selanjutnya adalah dengan menggunakan croqui untuk mulai membuat sketsa ide untuk pakaian anda berdasarkan inspirasi, langkah ini tentang menuangkan ide-ide anda dari kepala ke atas kertas. Cobalah beberapa kombinasi unik, anda tidak pernah tahu apa yang akan memicu ide-ide desain terbaru.

Lanjutkan ini sampai anda membuat desain yang anda sukai. Sekarang setelah anda mempersempit desain akhir, anda dapat menggambar desain "final" sebagai ilustrasi mode formal dengan warna dan aksesoris. Jika Anda memiliki kain atau bahan tertentu, pastikan untuk melampirkan contoh kainnya.

 

LANGKAH 4: Membuat Sketsa Teknis

Selanjutnya, Perancang Teknis akan membuat CAD dari desain anda. CAD, Sketsa Datar, Sketsa Teknis atau Datar Teknis adalah semua nama untuk gambar datar dan pengukuran akurat dari pakaian anda. Sketsa Teknis adalah cetak biru untuk desain anda, jadi sketsa harus mencerminkan konstruksi pakaian yang benar sesuai dengan tubuh manusia asli.

4 dari 5 halaman

Cara Desain Baju Untuk Pemula

LANGKAH 5: Paket Teknologi

Sketsa Teknis anda kemudian akan digunakan untuk membuat Paket Teknologi untuk garmen jika anda berencana untuk memproduksinya dalam jumlah besar. Perancang Teknis akan menggunakan siluet dan desain untuk menentukan detail dan spesifikasi konstruksi. Mereka akan bekerja dengan agen sumber atau pengembang untuk menghasilkan opsi kain yang cocok. Setelah detail diselesaikan, Paket Teknologi dikirim ke pabrik dan sumber kain.

 

LANGKAH 6: Sumber

Setelah Paket Teknologi gaya anda dibuat, anda dapat mengirimkannya ke sumber elemen desain yang berbeda. Anda dapat melihat ini seperti fase berbelanja untuk desain anda. Hal-hal yang ingin anda kunjungi diantaranya mungkin adalah tempat pemasok kain, label, kemasan, dan manufaktur tempat baju anda akan diproduksi. Dalam beberapa kasus, anda mungkin menemukan pabrik atau pemasok yang menyediakan layanan lengkap yang dapat melakukan semua proses pembuatan pakaian sampai selesai.

 

LANGKAH 7: Sampling

Sekarang setelah anda mendapatkan pabrik dan bahan, anda dapat memperbarui Paket Teknologi anda untuk mencerminkannya dan mengirim Paket Teknologi ke anda untuk pengambilan sampel. Sampel anda dibuat di ruang terpisah di pabrik di luar jalur produksi hingga garmen anda siap diproduksi.

Pabrik anda akan bekerja dari spesifikasi Paket Teknologi anda untuk mengembangkan pola awal. Bergantung pada kain dan trim yang Anda pilih, pabrik anda dapat menggantinya dengan yang cocok. Pabrik akan melanjutkan dengan pengganti pengambilan sampel untuk menemukan kecocokan saat kain yang sedang dikembangkan.

5 dari 5 halaman

Cara Desain Baju Untuk Pemula

LANGKAH 8: Cocokan dan Tinjau Ulang

Saat sampel anda masuk, anda perlu meninjau sampel dan menyesuaikan Paket Teknologi seperlunya. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam meninjau sampel anda, Anda dapat  melakukan siklus [Tech Pack -> Sample -> Review -> Update Tech Pack -> Send ] sampai anda puas dengan prototipe akhir.

 

LANGKAH 9: Persetujuan Desain

Sekarang setelah anda menyelesaikan proses pengambilan sampel dan menyukai desain anda yang sudah dibuat, inilah saatnya untuk menyetujuinya dan hal yang perlu anda lakukan adalah memeriksa ulang semua detail dan memastikan produksi baju anda akan 100 persen akurat.

 

LANGKAH 10: Tahap Produksi Baju

Pakaian anda akan diproduksi di jalur produksi pabrik. Setelah desain disetujui, anda dan pabrik akan menyetujui tanggal pengiriman target. Jika anda telah menentukannya di Tech Pack anda, pakaian anda akan dikemas dan dikirim ke distributor anda sekaligus. Setelah pakaian diterima, diperiksa (QC), dikemas ulang, pakaian siap didistribusikan ke pengecer dan diperjual belikan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS