Sukses

16 Tempat Wisata Palembang yang Cocok untuk Memulai Perjalanan di Luar Jawa

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang mungkin lebih mengenal Palembang dengan makanan khasnya, yakni pempek. Namun perlu diketahui bahwa tempat wisata Palembang juga tak kalah menarik dengan destinasi wisata lain, terutama yang berada di Pulau Jawa.

Jika Anda memiliki hobi travelling dan sudah mengunjungi hampir semua destinasi wisata di Pulau Jawa, tempat wisata Palembang mungkin bisa menjadi opsi menarik untuk memulai perjalanan Anda di luar Pulau Jawa.

Ada banyak tempat wisata Palembang yang bisa menjadi pilihan menarik untuk berbagai gaya perjalanan Anda. Mulai dari wisata alam, wisajat budaya, wisata sejarah, wisata religi, hampir semuanya ada di Palembang.

Apalagi, sebagai wilayah yang memiliki sejarah panjang sejak zaman Kerajaan Sriwijaya, tentunya ada banyak nilai menarik yang bisa Anda peroleh ketika mengunjungi sejumlah tempat wisata Palembang.

Berikut adalah daftar tempat wisata Palembang yang dapat menjadi opsi menarik untuk memulai perjalanan Anda di luar Pulau Jawa, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com, Kamis (22/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Tempat Wisata Palembang Paling Ikonik

1. Jembatan Ampera

Ini sebenarnya bukan benar-benar tempat wisata, namun Jembatan Ampera adalah salah satu arsitektur yang sangat ikonik. Maka tidak berlebihan rasanya untuk memasukkan Jembatan Ampera ke dalam daftar tempat wisata Palembang.

Sebagai salah satu akses yang menghubungkan antara hulu dan hilir antardaerah, membuat Jembatan Ampera di Palembang Sumsel menjadi salah satu akses utama untuk dilewati.

Jembatan Ampera menjadi salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara, dengan panjang 1.000 meter, lebar 22 meter, dan tingginya mencapai 63 meter ini, membelah Sungai Musi di Kota Palembang Sumsel. Jika berdiri di atas jembatan kuno yang dibangun pada 1962 ini, wisatawan akan melihat bentangan Sungai Musi.

Nama Jembatan Ampera merupakan akronim dari amanat penderitaan Rakyat, yang merupakan slogan bangsa Indonesia era 1960-an.

2. Pulau Kemaro

Tempat wisata Palembang yang wajib dikunjungi adalaj Pulau Kemaro. Salah satu objek bersejarah ini terletak di tengah Sungai Musi. Di Pulau Kemaro berdiri bangunan Pagoda 9 lantai, Klenteng Hok Tjing Rio, Pohon Cinta, dan makam keramat.

Bangunan di Pulau Kemaro memiliki ciri khas khas Tionghoa. Menurut sejarah, pulau ini dulunya ditempati sepasang Kekasih Tan Bun An dan Siti Fatimah, yang akhirnya menceburkan diri ke Sungai Musi, dan jasadnya dimakamkan di Pulau Kemaro.

Untuk akses menuju ke pulau ini, wisatawan harus menggunakan kapal yang disebut ketek, yang dapat muatan 6 penumpang. Selain dengan perahu ketek, pengunjung juga dapat mengakses Pulau Kemaro dengan menggunakan kapal besar bermuatan puluhan orang penumpang.

3 dari 8 halaman

Tempat Wisata Palembang untuk Nongkrong

3. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak (BKB) berlokasi tepat di pinggiran Sungai Musi. Tempat wisata Palembang ini merupakan peninggalan pada masa kejayaan Kesultanan Palembang Darussalam. BKB dulunya didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I pada masa pemerintahannya tahun 1724 hingga 1758.

BKB kini digunakan sebagai ruang perkantoran Komando Daerah Militer (Kodam) Sriwijaya. Namun, pemerintah di Sumsel membangun kawasan Plasa BKB, tepat di depan benteng, sebagai salah satu areal wisata di Palembang.

Dari Plaza BKB Palembang, para wisatawan bisa menikmati keindahan Sungai Musi, dengan beragam aktivitasnya. Pada sore hingga malam hari, pengunjung bisa merasakan angin sepoi-sepoi, dan menikmati beragam kuliner lokal yang dijajakan para pedagang di kawasan tersebut.

4. TWA Punti Kayu

Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu berlokasi di Kilometer 6,5 Palembang. Tempat wisata Palembang ini cukup mudah diakses karena tak jauh dari pusat Kota Palembang. Di TWA Punti Kayu terdapat banyak jenis tanaman dan satwa liar yang masih hidup di sana.

Tempat wisata Palembang ini memiliki luas sekitar 50 hektare, sangat cocok untuk para penikmat objek wisata alam dengan udara yang sejuk dan hijaunya alam yang asri, di tengah polusi udara di Kota Palembang.

Ribuan pohon pinus yang menjulang tinggi, membuat suasana semakin tenang dan alami. Ada juga beberapa replika ikon bangunan dari berbagai negara, yang menjadi spot foto yang eksotik. Untuk masuk ke TWA Punti Kayu, wisawatan cukup membayar Rp30.000 per orang.

4 dari 8 halaman

Tempat Wisata Palembang: Jejak Sejarah Kerajaan Sriwijaya

5. Bukit Siguntang

Seperti yang sempat sebelumnya, Palembang merupakan wilayah yang memiliki sejarah panjang sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Salah satu peninggalan kerajaan maritim terbesar di masanya itu terdapat di Bukit Siguntang.

Tempat wisata Palembang ini memili daya tarik berupa alamnya yang indah dengan kombinasi sejarah yang khas, membuat tempat ini sangat komplet untuk dikunjungi. Berdasarkan fakta sejarah, Bukit Siguntang merupakan tempat ibadah umat Buddha, yang ditandai dengan beberapa arca dan batu granit peninggalan sejarah umat Buddha.

Di tempat wisata Palembang ini juga terdapat makam-makam yang dipercaya sebagai tempat peristirahatan terakhir keluarga Kerajaan Sriwijaya. Salah satunya yang terkenal adalah makam Putri Kembang Dadar.

6. Museum Negeri Sumsel

Museum Negeri Sumsel atau dulunya disebut Museum Bala Putra Dewa merupakan salah satu bangunan yang menyimpan beragam peninggalan bersejarah di masa Kerajaan Sriwijaya dan sebelum masehi. Di tempat wisata Palembang ini terdapat rumah Limas, rumah khas warga Sumsel, dengan ornamen dan perabotan khas di masa lalu.

Bahkan rumah Limas tersebut menjadi salah satu ikon dalam mata uang rupiah Rp10.000. Hal tersebut menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke sana.

5 dari 8 halaman

Tempat Wisata Palembang

7. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Tempat wisata Palembang yang satu ini bisa dikunjungi ketika musim liburan. Di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, para wisatawan yang berkunjung melakukan berbagai aktivitas termasuk mengambil foto–foto keren, karena pemandangan stadion ini super megah juga instagramable.

8. Kampung Warna-Warni

Tempat wisata Palembang berikutnya berada tepian Sungai Musi. Tempat wisata Palembang ini tak lain adalah Kampung Warna-Warni Lorong Mari. Tempat wisata Palembang ini tergolong objek wisata baru yang ada di Palembang yang diperkenalkan pada tahun 2017 lalu.

Munculnya gagasan untuk membuat Kampung Warna-Warni bermula saat pemerintah setempat mempunyai keinginan mengubah kawasan padat penduduk yang kumuh menjadi lebih terjaga kebersihannya. Tempat ini dibentuk sebagai salah satu cara dalam memanfaatkan kreativitas warga lokal yang pandai melukis.

6 dari 8 halaman

Tempat Wisata Palembang Cocok untuk Jalan-Jalan Santai

9. Rumah Apung Sungai Musi

Pemukiman yang memiliki suasana yang menarik tidak hanya ada di Kampung Warna-Warni. Pemukiman lain yang tak kalah menarik juga ada di Rumah Apung Sungai Musi. Tempat wisata Palembang ini menyuguhkan perumahan warga yang cantik dan juga berwarna-warni.

Kreativitas masyarakat Palembang akan terasa kental terasa saat pengunjung mendatangi Rumah Apung Sungai Musi. Masyarakat setempat memanfaatkan permukaan air Sungai Musi yang luas, dengan mendirikan sebuah rumah di atas rakit. Desain bangunan yang unik, dengan penghuninya mayoritas etnis Tionghoa.

10. Sekanak Sidewalk

Jika Anda ingin berjalan-jalan santai, Anda bisa mengunjungi Sekanak Sidewalk. Tempat wisata Palembang ini merupakan hasil dari program pemerintah setempat, saat menyambut kemeriahan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Palembang.

Tempat ini masih terjaga hingga saat ini. Warna-warna unik yang ada pada dinding rumah warga, membuat wisatawan bisa mengabadikan momen gambar di sana, yang tentunya instagramable.

11. De Jakabaring

De Jakabaring berlokasi di Komplek Graha Teknologi Jakabaring. Untuk masuk ke tempat wisata Palembang yang satu ini, pengunjung harus membeli tiket dengan harga Rp20.000 pada hari Senin-Jumat, dan Rp25.000 untuk hari Sabtu-Minggu. Di De Jakabaring ada banyak spot selfie dan wefie, dengan latar belakang gambar tiga dimensi, siap memanjakan mata Anda.

7 dari 8 halaman

Tempat Wisata Palembang: Air Terjun

12. Air Terjun Lematang Indah

Tempat wisata Palembang selanjutnya adalah Air terjun Lematang Indah. tempat wisata Palembang ini menawarkan daya tarik berupa kesejukan alam yang indah juga menarik. Tingginya yang mencapai sekitar 40 meter menjadikan tempat ini salah satu destinasi wisata alam andalan di Sumatera Selatan.

Terdapat juga tangga di sisi kanan yang berliku seakan memasuki hutan yang memesona, serta banyak warung yang siap mengganjal perut saat lelah menuruni tangga.

13. Air Terjun Bidadari

Tempat wisata Palembang yang juga menawarkan kesejukan serta indahnya kemilau air adalah Air Terjun Bidadari. Di tempat wisata Palembang ini terdapat pepohonan yang mengelilingi. Di sini pengunjung juga bisa menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari Kota Lahat. Uniknya tempat ini memiliki sebuah goa yang tertutupi oleh rindangnya pohon dan tanaman menjalar.

8 dari 8 halaman

Tempat Wisata Palembang: Wisata Religi

14. Kampung Arab

Bagi pengunjung yang ingin menikmati penjelajahan waktu, coba berkunjung ke Kampung Arab. Di tempat wisata Palembang ini terdapat bangunan yang sangat unik, dengan mengusung konsep tempo dulu yang khas, dan menyerupai limas.

15. Museum AlQuran Palembang

Salah satu tempat wisata Palembang yang paling terkenal adalah Museum AlQuran. Tempat wisata Palembang ini memiliki daya tarik yang akan membuat pengunjung merasa takjub. Sebab, di Museum Al Quran ini terdapat koleksi berupa  AlQuran raksasa yang menjulang hingga ke langit-langit.

Tersedia juga ukiran tulisan yang dibuat di atas permukaan kayu berjenis trembesi dan memiliki panjang 177 sentimeter, serta lebar sekitar 140 sentimeter. Sementara ketebalannya hingga 2,5 centimeter. Saat berada di sini, jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan unik yang patut diunggah di media sosial.

16. Tangga 2001

Masih terbilang baru, tetapi Tangga 2001 sudah mampu memikat hati wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Lokasinya berada di kawasan kaki Gunung Dempo. Sebenarnya, pemberian nama Tangga 2001 ini hanyalah julukan, karena jumlah tangga yang ada mungkin hanya ratusan.

Anak tangga yang akan Anda lalui membelah perkebunan teh hingga akhirnya tiba di puncak. Dari sini, keindahan Gunung Dempo bisa Anda lihat secara lebih seksama. Di tempat wisata Palembang ini juga tersedia pula permainan sepeda gantung yang harus Anda coba.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS