Sukses

6 Wisata Segitiga Bermuda yang Tengah Viral, Simak Sejarah dan Misterinya

Liputan6.com, Jakarta Segitiga Bermuda sering juga disebut sebagai Segitiga Setan, di mana tempat ini merupakan kawasan perairan di Samudra Atlantik yang menghubungkan tiga titik yaitu Bermuda, Puerto Rico dan Miami. Tempat ini juga diselimuti misteri karena banyak kejadian aneh yang terjadi, akan tetapi saat ini Segitiga Bermuda merupakan tempat yang dijadikan sebagai tujuan wisata. 

Melansir dari laman unmuseum.org, istilah Segitiga Bermuda pertama kali digunakan dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Vincent H. Gaddis untuk majalah Argosy pada tahun 1964. Dalam artikel tersebut, Gaddis mengklaim bahwa di laut aneh ini terdapat sejumlah kapal dan pesawat yang telah menghilang serta tidak memiliki jejak. Gaddis juga bukan orang pertama yang mengklaim hal ini, karena pada awal tahun 1952, George X. Sands juga melaporkan sejumlah kecelakaan besar yang cukup aneh di wilayah itu.

Perlu diketahui bahwa Segitiga Bermuda bukanlah lautan yang berbahaya, asalkan tidak membawa angkutan yang melebihi kapasitas ketika melalui wilayah ini. Bahkan hal ini juga dibenarkan oleh perusahaan asuransi laut Lloyd’s of London, serta penjaga pantai yang mengonfirmasi karena beberapa pengamatan serta penyelidikan kasus yang dilakukan. Namun terlepas dari misteri yang aneh, Bermuda juga memiliki tempat wisata menarik untuk dikunjungi para wisatawan. 

Berlokasi ideal di tengah Samudra Atlantik, Bermuda adalah tempat liburan yang sempurna dengan banyak atraksi dan hal yang harus dilakukan. Mulai dari gua yang menakjubkan dan pantai pasir merah muda yang indah hingga kota-kota kuno hingga museum sejarah yang membuat liburan menjadi menarik

Berikut ini misteri Segitiga Bermuda dan tempat wisata yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/9/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Sejarah Segitiga Bermuda

- Teori Kusche

Pada tahun 1975 Larry Kusche, seorang pustakawan di Arizona State University, memiliki kesimpulan yang sama sekali berbeda, di mana Kusche memutuskan untuk menyelidiki klaim yang dibuat oleh beberpa artikel dan buku ini, sehingga Kusche menulis buku tentang apa yang ditemukan, kemudian dipublikasikan dalam bukunya sendiri yang berjudul The Bermuda Triangle Mystery-Solved. Kusche dengan hati-hati menggali catatan yang diabaikan oleh penulis lain. Di mana  menemukan bahwa banyak dari kecelakaan aneh tidak begitu aneh.

Seringkali seorang penulis Segitiga telah mencatat sebuah kapal atau pesawat telah menghilang di "laut yang tenang" ketika catatan menunjukkan badai yang mengamuk sedang berlangsung. Yang lain mengatakan kapal-kapal telah "menghilang secara misterius" ketika jenazah mereka benar-benar ditemukan dan penyebab tenggelamnya mereka dijelaskan. Namun dalam satu kasus, terdapat sebuah kapal yang terdaftar hilang di Segitiga sebenarnya telah menghilang di Samudra Pasifik sekitar 3.000 mil jauhnya. 

Lebih penting lagi bahwa, pemeriksaan catatan kecelakaan Lloyd's of London oleh editor Fate pada tahun 1975 menunjukkan bahwa Segitiga tidak lebih berbahaya daripada bagian lain dari laut. Catatan Penjaga Pantai A.S. juga mengkonfirmasi hal ini dan sejak saat itu tidak ada argumen bagus yang pernah dibuat untuk membantah statistik tersebut. Terdapat begitu banyak pendapat, yang mengatakan bahwa misteri Segitiga Bermuda telah menghilang, bersamaan dengan banyak korban yang menghilang.

Sementara tenggelamnya Cyclops tetap menjadi misteri, sehingga insiden ini bisa terjadi di mana saja antara Barbados dan Baltimore, sehingga tidak harus di Segitiga Bermuda. Pendukung teori Segitiga Bermuda menunjukkan kurangnya panggilan darurat sebagai bukti akhir paranormal untuk kapal. Akan tetapi kenyataannya adalah bahwa komunikasi nirkabel pada tahun 1918 tidak dapat diandalkan, sehingga kapal tenggelam dengan cepat dan tidak memiliki kesempatan untuk mengirim panggilan darurat yang berhasil sebelum jatuh.

3 dari 5 halaman

Misteri Segitiga Bermuda

1. Ratu Sulfur Laut SS Menghilang

SS Marine Sulphur Queen merupakan sebuah kapal tanker yang membawa belerang cair, menghilang di lepas pantai selatan Florida pada tahun 1963. Kejadian ini merenggut sebanyak 39 awaknya hilang dan tidak ada puing-puing dari kapal tanker yang pernah ditemukan. Selain itu, struktur kapal telah dikompromikan lebih lanjut oleh konversi dari misi aslinya sebagai kapal tanker minyak untuk membawa belerang cair. Konversi telah meninggalkan kapal dengan pusat gravitasi yang sangat tinggi, meningkatkan kemungkinan itu akan terbalik. 

2. Hilangnya NC16002

NC16002 adalah pesawat penumpang DC-3 yang menghilang pada malam 28 Desember 1948, di mana penerbangan yang dilakukan dari San Juan, Puerto Rico, menuju Miami, Florida. Awalnya cuaca baik-baik saja dengan visibilitas tinggi, namun dalam jarak 50 mil dari Miami pesawat ini menghilang, dengan tiga anggota awak dan dua puluh sembilan penumpang. Meskipun tidak ada kemungkinan penyebab kerugian yang ditentukan oleh penyelidikan resmi, diketahui bahwa baterai pesawat tidak terisi penuh saat lepas landas dan ini mungkin mengganggu komunikasi selama penerbangan. 

3. Nasib Penerbangan 19

Terdapat kisah penerbangan 19 yang dimulai pada 5 Desember 1945, di mana sekitar satu setengah jam setelah penerbangan berangkat, Lt. Robert Cox, di pangkalan menerima transmisi radio dari Taylor. Taylor juga menunjukkan bahwa kompasnya tidak berfungsi, tetapi dia yakin dirinya berada di suatu tempat di atas Florida Keys. Namun, pada tahun 1945, pesawat yang terbang di atas air ini harus bergantung dengan titik awal mereka, berapa lama dan cepat mereka terbang, dan ke arah mana. Akan tetapi jika seorang pilot membuat kesalahan dengan salah satu dari tombol yang tersedia, maka mereka akan tersesat, karena di atas lautan tidak ada petunjuk yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. 

 

4 dari 5 halaman

Wisata Segitiga Bermuda

1. Horseshoe Bay Beach

Meskipun terkenal dengan tempat yang memiliki banyak misteri, namun para wisatawan bisa menikmati pantai terbaik di dunia yang terletak di Paroki Southampton di Bermuda di South Shore. Horseshoe Bay Beach, merupakan pantai berpasir merah muda berbentuk bulan sabit yang menghadap ke formasi batuan, sehingga menarik banyak sekali wisatawan. Selama bulan Mei hingga September, diperkirakan pantai ini ramai, dan penjaga pantai berpatroli di area tersebut. Pergi lebih awal di pagi hari selama musim ramai untuk menghindari berjemur dan perenang. 

2 Hamilton

Ibukota Bermuda yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Hamilton, yang memiliki suasana kosmopolitan dan energik. Tempat ini sangat menawan, serta memiliki bangunan bersejarah juga jalan-jalan yang indah dengan deretan rumah berwarna-warni yang menghadap ke pelabuhan. Hamilton juga memiliki bangunan yang berasal dari tahun 1800-an, seperti Katedral Anglikan dari Tritunggal Mahakudus, Gereja Presbiterian St. Andrew, Gereja St. Paul, dan Gedung Ibukota Bermuda. Majelis Bermuda, Parlemen tertua di Belahan Barat, mengadakan sesi pertamanya pada tahun 1620.

Tempat ini juga memiliki Front Street tepi laut yang sering dikunjungi oleh pengunjung dari kapal pesiar kecil dan feri antar pulau dan kapal wisata. Selama musim panas, jalanan berubah semarak pada hari Rabu untuk festival Harbour Nights mingguan, yang menampilkan penari Gombey dan makanan jalanan, banyak kesenangan keluarga, dan pengrajin lokal yang memamerkan karya mereka dari pukul 19:00 hingga 22:00. Ada juga Balai Kota dan Pusat Seni Bermuda, yang terletak di pusat Hamilton, serta menampung Galeri Nasional Bermuda yang memamerkan seni dan artefak dari Bermuda, Afrika, dan Eropa. 

3. St. George

Wisata Segitiga Bermuda yang juga sangat menawan adalah St. George. Tempat ini terletak di Ujung Timur pulau, sehingga wisatawan bisa menelusuri jalan berbatu melewati bangunan batu berwarna cokelat di pemukiman Inggris tertua di Dunia Baru.

Dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, St. George mewakili situs pemukim pertama yang tiba mulai tahun 1612. Gali sejarah Bermuda di beberapa museumnya, termasuk Bermuda National Museum Trust, St. George Historical Society Museum, Bermudian Heritage Museum, dan Museum Rumah Tucker. Sorotan paling populer di St. George adalah Pantai Teluk Tembakau, di mana tidak lagi memiliki tanaman nikotin yang tumbuh, tetapi memberikan pengalaman pantai Bermuda yang klasik. 

5 dari 5 halaman

Wisata Segitiga Bermuda

4. St. George's Island Forts

Sejarah pelayaran Bermuda yang kaya juga terbentang di berbagai benteng dan museumnya. Serangkaian benteng yang melindungi Bermuda ini, terutama di St. George. Benteng St. Catherine yang telah dipugar sepenuhnya dan mengesankan di ujung timur laut St. George memiliki sebuah museum yang memamerkan galeri diorama yang menggambarkan sejarah Bermuda yang kaya.

Gates Fort, dibangun pada 1620-an serta terletak di ujung Cut Road di St. George yang menawarkan pemandangan Atlantik yang luar biasa. Di dekatnya terdapat Alexandra Battery, yang berasal dari tahun 1840 dan berada di atas pantai yang terkenal, juga Building Bay Beach yang terkenal dengan kaca lautnya yang semarak.

5. National Museum of Bermuda

Terletak di dalam benteng di The Keep at the Royal Naval Dockyard dan meliputi Commissioner's House abad ke-19 yang telah dipugar dengan indah, National Museum of Bermuda memiliki koleksi artefak dan pameran yang mempelajari sejarah maritim Bermuda. Tempat ini dibangun untuk menjaga seluruh pangkalan angkatan laut, benteng ini memiliki tujuh bastion dan benteng.

Pengunjung dapat belajar tentang bangkai kapal, pertempuran, dan banyak lagi di delapan bangunan pameran bersejarah. Terdapat juga rumah Komisaris, bangunan tempat tinggal, serta rangka besi cor tertua di Belahan Barat, membawa pengunjung kembali ke masa lalu dengan perabotan kuno dan pameran masa lalu militer pulau itu.

6. Gibb's Hill Lighthouse

Untuk pemandangan Bermuda yang klasik, wisatawan bisa mencoba untuk naiki 185 anak tangga ke puncak Mercusuar Gibbs Hill. Mercusuar setinggi 117 kaki, dibangun pada tahun 1846, adalah salah satu dari hanya dua mercusuar besi, dan merupakan yang tertua di dunia. Menghadap ke South Shore, mercusuar ini menawarkan pemandangan pantai, Kota Hamilton, dan Royal Naval Dockyard. Saat musim semi, pengunjung bahkan dapat melihat paus bungkuk yang bermigrasi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS