Sukses

Viral Tradisi Unik di Pati, Mempelai Pria Dikira Menikah dengan Dua Wanita Sekaligus

Selain mempelai wanitanya yang dirias, saudara perempuan sang pengantin juga ikut didandani.

Liputan6.com, Jakarta Banyak daerah di Indonesia yang masih mempertahankan tradisi hingga saat ini, salah satunya adalah tradisi pernikahan. Keunikan dari tradisi inilah yang membuat pernikahan di suatu daerah jadi terlihat berbeda.

Lantaran ada beragam dan tak semua tradisi diketahui oleh orang di luar daerah tersebut, pastinya menimbulkan banyak pertanyaan. Seperti salah satu tradisi pernikahan yang belum lama ini viral di TikTok.

Ramai di TikTok seorang mempelai pria yang dikira menikahi dua wanita sekaligus, namun faktanya, dua wanita yang bersanding di samping mempelai pria merupakan bagian dari tradisi salah satu daerah di Indonesia.

Menimbulkan banyak pertanyaan soal tradisi tersebut, sang pemilik akun pun menjelaskan dengan bijak di video setelahnya. Informasi soal tradisi tersebut tentunya menambah pengetahuan soal keberagaman tradisi di Indonesia.

Berikut Liputan6.com merangkum dari laman TikTok @shintabarbiee mempelai pria yang bersanding dengan dua wanita karena ikut tradisi, Kamis (22/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tradisi Unik Salah Satu Desa di Pati

Mempelai pria yang menikahi dua wanita sekaligus pernah viral di media sosial beberapa tahun lalu. Belum lama ini, video pria bersanding dengan dua wanita kembali viral, namun kali ini fakta menariknya, hal tersebut merupakan tradisi turun termurun salah satu desa di Pati, Jawa Tengah.

Dijelaskan dalam video tersebut, orang tua yang mempunyai dua anak wanita, dua-duanya harus didandan ketika adiknya atau kakak dari mempelai wanita menikah. Ada yang tak percaya tradisi tersebut, netizen lainnya membenarkan bahwa tradisi tersebut merupakan tradisi di Desa Beketel, Kayen, Pati, Jawa Tengah.

Terlihat mirip bak saudara kembar, kakak adik ini ternyata terpaut usia 12 tahun. Sulit dibedakan, sang MUA sekaligus si pemilik akun TikTok tersebut membalas salah satu komentar dan menjelaskan untuk membedakan antara pengantin dan kakak dari pengantin adalah riasan bunga mawar di telinganya.

“Pengantin nya yg mana kak.” Tanya salah satu netizen.

“Yg kupingnya ada mawar 3 kak😁.” Jelas MUA sekaligus pemilik akun TikTok tersebut.

Selain riasan, baju adat yang dikenakan mempelai wanita dan suadaranya juga bisa membedakan keduanya. Pasalnya baju pengantin si mempelai wanita terlihat lebih mencolok dan menarik.

@shintabarbiee

Membalas @nininglaras0105 part 2 jadi ini bukan istri 2 ya guys 😬#fyp

♬ Begini Batem Remix - BeginiBatem🦑
3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Untuk memperjelas tulisannya dalam video, sang pemilik akun pun memperjelas soal fakta tradisi tersebut di kolom komentar unggahannya, bahwa tak semua desa di Pati mempunyai tradisi tersebut dan setiap desa punya tradisi yang berbeda-beda.

“Hai kak, d video sudah saya tulis, SEBUAH DESA, jadi gak semua desa di pati ada tradisi seperti ini ya... tiap daerah itu punya tradisi masing2🥰.” Jelas sang pemilik akun.

Video yang diunggah pada 22 September 2022 ini sudah ditonton lebih dari 500 ribu kali. Beragam komentar dan pertanyaan pun dibubuhkan lantaran banyak yang penasaran dengan tradisi salah satu desa di Pati, Jawa Tengah tersebut.

“ak orng pati baru tau kalau ad tradisi kayk gini😁.” Tulis anak jawa tengah.

“kirain istrinya dua😅.” Kata Ay.

“orang pati tp baru tau tradisi ini. kemarin nikah soalnya gk gini 😳.” Timpal Reni.

“nek desaku beketel Yo ngunu iku mbk,, tradisi nek ndue anak 2 wedok kabeh,,, kembang sepasang.” Imbuh Rowi297.

“biasanya sih tradisi bukan dari desa nya aja, dari nenek moyang nya, kn ada jga beda keturunan beda tradisi.” Tambah elsanovitasary.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.