Sukses

10 Cara Membakar Kalori Lebih Banyak saat Tidur yang Mudah dan Aman

Liputan6.com, Jakarta - Memahami cara membakar kalori saat tidur ini cocok bagi orang-orang yang tidak terlalu suka olahraga dan tidak memiliki waktu untuk melakukannya. Tubuh yang tertidur atau istirahat bukan berarti tidak melakukan metabolisme. Justru pada saat tidur inilah tubuh bisa memaksimalkan pembakaran kalori, artinya kalori bisa dibakar lebih banyak.

Bagaimana cara membakar kalori saat tidur tersebut? Melansir dari Her Beauty, pada Kamis (22/9/2022) ada sepuluh cara membakar kalori saat tidur yang perlu diketahui. Cara membakar kalori saat tidur ini dilakukan dengan memperbaiki pola makan dan rutinitas harian.

Cara membakar kalori saat tidur yang dimaksudkan adalah mengupayakan tidur menjadi lebih nyenyak, memaksimalkan rileksasi sistem pencernaan sebelum tidur, mengonsumsi cemilan lebih awal dan menghindari konsumsinya di tengah malam, konsumsi protein shake, buat suhu ruang menjadi lebih dingin, hingga menjauhkan perangkat elektronik dari tempat tidur.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sepuluh cara membakar kalori saat tidur yang mudah dan aman dilakukan, Kamis (22/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Membakar Kalori Saat Tidur yang Mudah dan Aman

1. Makan Lebih Banyak Triptofan

Cara membakar kalori saat tidur, cobalah makan lebih banyak makan makanan triotofan. Triptofan ini bahan dalam makanan yang dapat membuat tubuh merasa lebih lelah.

Makanan yang tinggi kadar triptofan adalah kuning telur, tahu, ikan salmon, keju, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Asam amino dalam triptofan ini juga terdapat pada beberapa jenis daging dan dapat membuat tidur lebih nyenyak. Tidur lebih nyenyak inilah yang nantinya akan membantu tubuh lebih banyak membakar kalori.

2. Secangkir Teh Sebelum Tidur

Cara membakar kalori saat tidur, konsumsi secangkir the sebelum tidur. Coba konsumsilah teh seperti chamomile, lavender atau akar valerian.

Ini pilihan the yang baik dikonsumsi sebelum tidur, dan akan membantu rileks, serta lebih santai. Tak hanya cocok sebagai cara membakar kalori saat tidur, beberapa teh juga membantu menekan nafsu makan.

3. Makan Roti di Siang Hari

Cara membakar kalori saat tidur, cobalah mengonsumsi roti cukup pada siang hari saja. Bagi penyuka roti dan sering memakannya, cobalah mengatur waktu mengonsumsi roti cukup saat makan siang daripada makan malam.

Adanya cara membakar kalori saat tidur dengan mengonsumsi roti pada siang hari ini telah dibuktikan dalam sebuah studi.

Hasil dari cara membakar kalori saat tidur ini menunjukkan bahwa karbohidrat kompleks lebih baik di siang hari daripada sebelum tidur, sehingga sistem pencernaan tidak memproses karbohidrat saat tidur.

4. Makan Cemilan Ringan di Malam Hari

Cara membakar kalori saat tidur, terapkan kebiasaan dengan makan cemilan ringan di malam hari. Bagi yang suka mengonsumsi cemilan sepanjang hari, pastikan lebih santai mendekati waktu tidur dengan kebiasaan ini. Pola ini baik diterapkan jika ingin perut tenang dan santai sebelum memasuki jam tidur, tujuannya kalori lebih mudah terbakar.

5. Matikan Dapur Setelah Jam Kerja

Cara membakar kalori saat tidur, pastikan mematikan lampu dapur setelah jam kerja usai. Menyelinap di dapur setiap saat sepanjang malam harus dihentikan, kebiasaan ini buruk untuk pencernaan.

Tetapkan batasan dengan diri sendiri. Tujuan dari cara membakar kalori saat tidur ini, seseorang jadi tidak mengunjungi dapur untuk mengonsumsi cemilan saat larut malam setelah waktu tertentu.

3 dari 3 halaman

Cara Membakar Kalori Saat Tidur yang Mudah dan Aman

6. Coba Konsumsi Satu atau Dua Protein Shake

Cara membakar kalori saat tidur, konsumsilan satu atau dua protein shake. Studi terbaru tentang cara membakar kalori saat tidur ini, menunjukkan hubungan manfaat protein shake dengan pola tidur.

Hasil dari penelitian tentang cara membakar kalori saat tidur ini menunjukkan, mengonsumsi protein shake sebelum tidur dapat mengirim metabolisme tubuh seseorang ke hyperdrive saat seseorang tidur.

7. Ciptakan Aroma Minyak Esensial Peppermint atau Lilin

Cara membakar kalori saat tidur, ciptakan aroma minyak esensial pappermint atau lilin. Meskipun peppermint memang suguhan yang lezat, aroma peppermint sebenarnya dapat menekan nafsu makan. Cobalah cara membakar kalori saat tidur dengan menghirup aroma minyak esensial peppermint, atau nyalakan lilin peppermint sebelum tidur.

8. Membuat Suhu Ruang Menjadi Lebih Dingin

Cara membakar kalori saat tidur, cobalah dengan membuat suhu ruang menjadi lebih dingin. Penelitian telah menunjukkan, cuaca yang lebih dingin efektif menurunkan berat badan lebih banyak saat tidur, termasuk membakar kalori.

Cara membakar kalori saat tidur ini, dipengaruhi karena atmosfer yang lebih dingin memaksa tubuh membakar lebih banyak kalori agar tetap hangat.

9. Matikan Lampu Malam

Cara membakar kalori saat tidur, terapkan kebiasaan dengan mematikan lampu setiap malam. Mematikan lampu tidur akan membantu tubuh tidur lebih nyenyak. Cobalah beberapa malam dalam kegelapan total untuk melihat apakah tidur membaik. Jika benar demikian, cara membakar kalori saat tidur ini akan berhasil.

10. Jauhkan Perangkat dari Tempat Tidur

Cara membakar kalori saat tidur adalah jauhkan perangkat selular atau elektronik dari tempat tidur. Ponsel pintar dan perangkat serupa dapat merusak siklus tidur dan kemampuan alami tubuh menjadi lebih.

Perhatikan baik-baik, terus-menerus terganggu oleh teknologi dan pemberitahuan tidak akan memberikan dampak apa pun kecuali kualitas tidur yang buruk. Cobalah cara membakar kalori saat tidur dengan meletakkan perangkat dari lokasi yang jauh dari tempat tidur di malam hari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS