Sukses

Menikmati Wisata Tanjung Lesung dengan 9 Aktivitas Menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta Banten adalah provinsi yang berada di ujung barat pulau Jawa. Banten memiliki tempat-tempat yang indah, budaya yang menakjubkan dan landmark sejarah yang unik sehingga membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang dipilih banyak orang. Akan tetapi, pernahkah Anda berpikir untuk memilih Tanjung Lesung?

Wisata tanjung lesung yang dimaksud ini terletak di pantai paling barat Jawa, tepatnya di Kabupaten Pandeglang, Banten. Wisata Tanjung Lesung merupakan salah satu dari banyaknya hal menakjubkan yang Banten miliki. Tempat yang satu ini dijamin tidak kalah jika dibandingkan dengan Bali.

Mulai dari pemandangan yang indah hingga olahraga yang menantang, Tanjung Lesung siap menawarkan berbagai hal yang tidak akan mengecewakan. Tanjung Lesung saat ini menyandang status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Nama Tanjung Lesung berasal karena kemiripannya dengan lesung. “Lesung” berasal dari bahasa Sunda yang berarti tempat untuk menumbuk beras.

Tanjung Lesung mempunyai luas 1.500 hektar dan sejak tahun 1996  telah dikembangkan oleh Banten West Java Tourism Development Corporation (BWJ). Tanjung lesung juga memiliki pola yang sama dengan Nusa Dua Resort yang terkenal di Bali. Resor ini dipertimbangkan untuk berisi resor kelas satu, restoran, convention hall, lapangan golf, marina, dan taman hiburan. Beberapa aktivitas lain yang bisa Anda lakukan jika berkunjung ke wisata Tanjung lesung telah liputan6 rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (22/9/2022) :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Aktivitas Menyenangkan yang Dapat Dilakukan di Tanjung Lesung

1. Membenamkan Diri Dalam Lanskap Tropis

Tanjung lesung menjadi tempat yang sempurna untuk Anda bersantai sendiri atau dengan keluarga dan membenamkan diri dalam hamparan pasir putih yang lembut dan halus. Suasana sekitar dengan tanaman hijau subur, perairan biru yang jernih dan menenangkan serta angin tropis yang segar dijamin membuat Anda ingin berlama-lama di sini. Selain itu, Anda juga dapat mencoba aktivitas, seperti voli pantai, berfoto, berselancar, mencoba perahu motor dan masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan di bibir pantai sepanjang 15 km tersebut.

Anda juga dapat mencoba menyelam di sini mengingat pemandangan bawah laut wisata Tanjung Lesung yang tidak kalah menakjubkan. Terumbu karang yang dipenuhi ikan warna-warni akan segera menyambut Anda ketika menyelam atau snorkeling. Di sini juga terdapat banyak spot memancing yang disediakan.

2. Surfing di Pulau Panitan

Jika ke wisata Tanjung Lesung, Anda juga dapat mencoba mengunjungi Pulau Panitan. Pulau yang satu ini dipenuhi dengan hutan bakau, berbagai jenis satwa, seperti rusa, kancil, aneka jenis burung dsb. Selain itu, juga terdapat berbagai peninggalan sejarah, seperti archa ganesha. Ombak yang cukup tinggi disini cocok bagi Anda yang ingin berselancar

3. Petualangan ATV

Dengan adanya beberapa pilihan trek di Tanjung Lesung, Anda dapat mencoba untuk mengendarai ATV. Dengan menggunakan ATV, Anda dapat sambil menikmati pemandangan pantai dan hutan. Anda tidak perlu khawatir jika belum pernah mencobanya karena di sini terdapat instruktur yang siap membantu Anda

4. Pusat Kebudayaan Mongolia

Mongolian Culture Cenre merupakan area yang memang digunakan untuk memperkenalkan budaya Mongolia. Di sini, Anda dapat mengunjungi Gers, mencoba pakaian khas Mongolia, menaiki kuda, memanah, bermain “Shagai” dan mencoba berbagai menu makanan khas Mongolia.

5. Menikmati Panorama Gunung Krakatau dengan Joy Flight

Ketika ke wisata Tanjung Lesung, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah Gunung Krakatau. Anda dapat menikmati indahnya panorama Gunung Krakatu dengan penerbangan joy flight yang menggunakan pesawat Cessna 152 dan 172. Penerbangan joy flight ini merupakan hasil inisiasi kerja sama dengan Indonesia Flying Club. Joy flight merupakan salah satu dari upaya untuk menjadikan wisata Tanjung Lesung berkelas dunia seperti Bali. 

3 dari 4 halaman

Aktivitas Menyenangkan yang Dilakukan di Tanjung Lesung

6. Berkunjung ke Kampung Badui

Kampung yang ditempati oleh suku Baduy ini masih sangat memegang erat adat dan istiadat mereka dan tidak membiarkan dunia luar yang terus berkembang memengaruhinya. Mulai dari tempat tinggal hingga kebudayaan sehari-hari mereka akan memberikan pengalaman menarik dan luar  biasa jika Anda melihatnya. Karena jauh dari kata modern, maka lingkungan sekitar kampung ini juga masih asri dan alami.

7. Pikat Diri Anda dalam Atraksi Budaya yang Menarik

Wisata Tanjung Lesung yang satu ini juga tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Ketika matahari terbenam, Anda akan sering menemukan berbagai pertunjukan seni Banten di sepanjang garis pantai Tanjung Lesung. Anda dapat menikmati tarian api yang menakjubkan, debus, pertunjukkan musik tradisional Banten dan masih banyak lagi.

8. Mencicipi Hasil Tangkapan yang Segar

Perjalanan Anda ke wisata Tanjung Lesung tidak akan lengkap tanpa mencoba masakan lokal khas masyarakat setempat. Hal ini karena perairan Tanjung Lesung dipenuhi berbagai jenis ikan. Anda tidak akan sulit menemukan ikan segar di sini. Anda juga harus mencoba sate bandeng sebagai salah satu makanan laut yang paling diincar di sini. Sate bandeng adalah sate dengan bahan ikan bandeng yang ditusuk seperti sate, dibumbui dengan bumbu tradisional dan memiliki citarasa asap. Makanan lain yang patut Anda coba, seperti rabeg banten, kari kambing pedas, nasi uduk empal dsb.

9. Olahraga

Jika Anda ingin liburan tetapi tetap ingin sehat, maka Anda dapat mencoba bersepeda ketika ke wisata Tanjung Lesung. Anda dapat melakukan olahraga yang satu ini dengan ditemani pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Selain itu, di resornya Anda juga dapat mencoba bilyard dan golf.

4 dari 4 halaman

Cara Menuju Ke Tanjung Lesung

Jika Anda ingin berkunjung ke wisata Tanjung Lesung, maka Anda dapat melakukan perjalanan sekitar 160 km dari Jakarta. Anda dapat menggunakan mobil pribadi, sewaan atau bus umum dalam waktu tiga sampai empat jam. Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi jalannya kalrena jalan-jalan menuju wisata Tanjung Lesung relatif baik dan bahkan terdapat pemandangan indah di beberapa tempat menuju ke sini.

Dari Jakarta, Anda dapat mengambil jalan tol Jakarta-Merak dan mengambil jalan keluar Serang Timur. Setelah melewati Serang, Anda akan menuju Kota Pandeglang, Labuan dan akhirnya sampai di Tanjung Lesung. Selain itu, Anda dapat mengambil jalan keluar Cilegon, lalu ke selatan dari pantai utara Banten, melewati Anyer dan Pantai Carita ke arah Labuan. Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum, maka Anda dapat menaiki bus ke Terminal Bus Labuan dari Jakarta, lalu dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek ke Tanjung Lesung.

Nah, demikian informasi tentang berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menikmati wisata Tanjung Lesung. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan Anda.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS