Sukses

9 Cara Ikat Dasi yang Sederhana dan Mudah Dicoba, Pahami Langkahnya

Liputan6.com, Jakarta Dasi merupakan salah satu aksesori yang sudah sangat lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dasi kerap digunakan oleh kaum pria saat menggunakan setelah formal seperti kemeja maupun jas. Dasi juga sering digunakan sebagai pelengkap seragam bagi anak sekolah dasar hingga menengah atas. Meskipun sering digunakan sebagai pelengkap, masih banyak yang merasa sulit ketika menyimpulkan dasi. Oleh karena itu, perlu mengatahui cara ikat dasi yang mudah juga sederhana. 

Mengikat atau membuat simpul dasi memang tak bisa dilakukan secara sembarangan, alih-alih menghasilkan simpul yang rapi, ikatan dasi justru bisa mencekik leher. Kondisi ini sering membuat penampilan menjadi tidak rapi, sehingga perlu mengetahui beberapa cara ikat dasi yang rapi juga mudah untuk dipelajari dan dipraktikkan.

Cara ikat dasi akan sederhana dilakukan, ketika mengikuti langkah dan tahapannya dengan baik. Ketika Anda bisa menyimpulkan dasi dengan benar, maka dapat menunjang penampilan baik itu untuk acara formal, maupun semi formal. Meskipun terlihat susah, namun jika Anda melakukannya secara berulang, maka akan menjadi hal yang biasa.

Berikut ini cara ikat dasi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/9/2022).  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Ikat Dasi

1. Dasi Sederhana

- Cara ikat dasi sederhana ini, cukup mudah dilakukan. Langkah pertama yang Anda lakukan adalah letakkan dasi di leher dengan posisi terbalik, di mana bagian luar dasi berada di dalam. 

- Berikutnya Anda bisa meletakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan, serta ujung dasi yang sempit berada di kiri. Jangan lupa untuk posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

- Selanjutnya Anda bisa silangkan ujung dasi yang sempit ke atas ujung dasi yang lebar, sehingga dasi akan membentuk huruf X, lalu tarik ujung lebar dasi ke kiri.

- Langkah berikutnya tarik ujung lebar dasi yang telah berada di kiri, kemudian naik ke atas lingkaran simpul dasi dari bawah dan asukkan dasi melalui lingkaran simpul namun kamu sudah membuat bagian depan dasi.

- Selanjutnya Anda bisa menarik ujung dasi yang lebar ke bawah, kemudian kencangkan dasi, dan yang terakhir, geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.

2. Dasi Panjang

- Untuk dasi panjang, langkah pertama yang harus dilakukan adalah meletakkan dasi di leher dengan posisi terbalik, di mana bagian luar dasi berada di dalam. 

- Langkah selanjutnya adalah letakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri.

- Berikutnya Anda bisa memposisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan, lalu silangkan ujung dasi yang sempit ke atas ujung dasi yang lebar, sehingga dasi akan membentuk huruf X.

- Tarik ujung lebar dasi ke kiri, dan tarik ujung lebar dasi yang telah berada di kiri naik ke lagi ke atas lingkaran simpul dasi dari bawah menuju kanan.

- Langkah selanjutnya adalah masukkan dasi ke dari kiri ke atas menuju bawah lingkaran sebelah kanan lagi, kemudian masukkan dasi melalui lingkaran simpul dengan melewati bagian depan, dan masuk ke atas lingkaran sebelah kiri dari bawah dan masukan ke dalam simpul. 

- Langkah terakhir adalah tarik ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi, setelah itu geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.

3. Dasi yang Lebar

- Untuk membuat dasi yang lebar, maka letakkan dasi di leher dengan posisi terbalik, di mana bagian luar dasi berada di dalam. 

- Langkah selanjutnya adalah letakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri, lalu posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

- Langkah berikutnya adalah silangkan ujung dasi yang sempit ke atas ujung lebar dasi, sehingga dasi akan membentuk huruf X, setelah itu tarik ujung dasi yang lebar ke depan lalu masuk lingkaran atas menuju sebelah kanan.

- Setelah itu, Anda bisa menarik ujung dasi yang lebar yang ada di depan naik ke atas lingkaran sebelah kanan dari bawah lingkaran, dan tarik ujung lebar dasi yang telah berada di kanan melewati bagian depan dan naik ke atas.

- Masukkan dasi melalui lingkaran simpul namun kamu sudah membuat bagian depan dasi, kemudian tarik ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi.

- Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.

 

3 dari 4 halaman

Cara Ikat Dasi

4. Simpul Jari

- Untuk membuat dasi dengan simpul jari, Anda bisa melingkarkan dasi pada leher kerah yang telah terangkat, lalu letakkan ujung lebar dasi di sisi kanan, dengan ujung kecil sekitar 30 cm lebih tinggi di sisi kiri.

- Pindahkan ujung lebar dasi ke sisi kiri, kemudian silang ujung lebar dasi ke sisi kiri, melewati ujung lainnya dan pegang kedua sisi dasi menggunakan tangan kiri.

- Tarik ujung lebar dasi ke belakang ujung yang lain, setelah itu selipkan ujung lebar dasi ke ujung yang lain. Ambil ujung dasi yang lebar, kemudian tarik kembali ke sisi kanan.

- Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah putar ujung lebar dasi, dan ujung dasi yang lebar arahkan ke sebelah kiri. Dengan begitu, bagian depan dasi kembali menghadap ke depan.

- Langkah berikutnya adalah pindahkan ujung lebar dasi ke ujung satunya sekali lagi, dan selipkan ujung lebar dasi di bawahnya dan tarik ke atas melalui lilitan di leher.

- Anda bisa menarik ujung lebar dasi di bawah ikatan yang mengelilingi leher, kemudian tarik ujung lebar dasi ke bawah, "melalui" ikatan di bagian depan dasi.

- Langkah terakhir dari cara ikat dasi adalah kencangkan ikatan dasi dengan cara menarik ujung yang dasi yang kecil, dan setelah ditarik selalu pastikan bahwa dasi terlihat lurus dengan panjang yang sesuai.

5. Dasi yang Pendek

- Langkah pertama yang bisa dilakukan cara ikat dasi model ini adalah meletakkan dasi di leher dengan posisi terbalik, di mana bagian luar dasi berada di dalam.

- Langkah kedua Anda bisa meletakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri, kemudian posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

- Berikutnya silangkan ujung dasi yang sempit ke atas ujung dasi yang, sehingga dasi akan membentuk huruf X, dan tarik ujung dasi yang lebar ke kanan dari belakang menuju lingkaran atas.

- Langkah selanjutnya adalah menarik ujung dasi yang lebar yang berada di kiri menuju ke depan, lalu masukkan ke dalam simpul dari bawah. Setelah itu masukkan dasi ke dari kiri ke atas menuju bawah lingkaran sebelah kanan lagi.

- Berikutnya tarik ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi, kemudian Anda bisa menggeser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.

6. Dasi untuk Badan Besar

- Letakkan dasi di leher dengan posisi terbalik di mana bagian luar dasi berada di dalam. 

- Berikutnya letakkan juga bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri, lalu posisikan ujung dasi yang lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

- Silangkan ujung sempit dasi di atas ujung lebar dasi, sehingga dasi akan membentuk huruf X, dan tarik ujung dasi yang lebar ke kanan dari belakang menuju depan.

- Langkah yang terakhir Anda bisa menarik ujung dasi yang lebar yang berada di depan sebelah kiri naik ke atas dari bawah lingkaran menuju simpul.

 

4 dari 4 halaman

Cara Ikat Dasi

7. Dasi Oriental Knot

- Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah letakkan dasi di leher dengan posisi terbalik, di mana bagian luar dasi berada di dalam.

- Letakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri, setelah itu posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

- Silangkan ujung dasi yang sempit ke atas ujung dasi yang lebar, sehingga dasi akan membentuk huruf X, kemudian tarik ujung dasi yang lebar dasi ke kanan.

- Tarik juga ujung dasi yang lebar yang berada di kanan naik ke atas lingkaran simpul dasi dari bawah, lalu masukkan dasi melalui lingkaran simpul namun kamu sudah membuat bagian depan dasi.

- Tarik ujung dasi yang lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi, lalu geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.

8. Dasi Kupu-kupu

- Langkah pertama, lingkarkan dasi di leher dengan jahitan menghadap ke bawah dan sisi kanan lebih panjang dari kiri, kemudian tempatkan ujung dasi kanan di atas ujung kiri, buat bentuk X tepat di bawah dagu.

- Langkah kedua, lingkarkan ujung yang lebih panjang di belakang 'X' untuk membuat simpul secara sederhana yang mirip dengan simpul pertama sambil mengikat tali sepatu.

- Setelah itu tarik kencang dan biarkan ujung yang lebih panjang bertumpu pada bahu, dan letakkan jari telunjuk di bagian terlebar dari lekukan ujung yang lebih pendek, lipat untuk membuat bentuk busur.

- Tempatkan ujung terlipat di kerah dengan ujung yang lebih pendek sedekat mungkin dengan leher, dan pegang busur yang dibuat di atas dengan telunjuk dan ibu jari tangan kiri, bawa ujung yang lebih panjang lurus ke bawah melewati ujung yang lebih pendek di tengah busur.

- Dengan menggunakan tangan kanan, lipat ujung yang lebih panjang ke belakang ke arah dada, lalu cubit lipatan dan gandakan ujungnya untuk membuat sayap.

- Setelah itu, selipkan ujung yang terlipat dari ujung yang lebih panjang di belakang ujung yang terlipat dari ujung yang lebih pendek dan melalui lingkaran kecil yang bentuk saat pertama kali melewatkannya di belakang simpul.

- Dengan sayap di tempatnya, tarik simpul di belakangnya untuk mengencangkan simpul vertikal depan, dan tahan bagian depan simpul dengan satu jari, dan goyangkan sayap hingga simetris.

- Langkah terakhir adalah pastikan dasi kupu-kupu rata dan horizontal pada tulang selangka.

9. Four In Hand Knot

- Langkah pertama yang bisa dilakukan cara ikat dasi model ini adalah melingkarkan dasi di kerah, lalu tempatkan ujung tebal di sebelah kiri, 3-4 inci lebih rendah dari ujung yang tipis.

- Silangkan ujung yang lebar di depan ujung yang sempit, kemudian balutkan ujung lebar di belakang ujung sempit dan silangkan secara horizontal dari kanan ke kiri.

- Tarik ujung tebal secara horizontal melintasi bagian depan simpul dari kanan ke kiri, setelah itu selipkan jari di bawah pita horizontal ini.

- Berikutnya putar ujung lebar ke atas dan ke dalam, geser ujung bawah lingkaran ke sekeliling leher, lalu masukkan ujung yang lebar ke bawah melalui lubang yang kamu buka dengan jari.

- Tarik ujung yang lebar melewati loop dan pegang simpul dengan erat, kemudian kencangkan simpul dengan memegangnya dengan lembut di satu tangan dan tarik ujungnya yang sempit.  

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS