Sukses

Sejarah Adalah Studi Tentang Masa Lampau, Ketahui Manfaat dan Unsur-Unsurnya

Liputan6.com, Jakarta Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang orang, tindakan yang dilakukan, keputusan serta interaksi, dan perilaku manusia. Sejarah juga bisa dikaitakn dengan peristiwa ruang maupun waktu. Oleh karena itu, masalah mengenai waktu sangatlah penting dalam memahami suatu peristiwa. Oleh karena itu, para sejarawan lebih cenderung untuk mengatasi masalah itu dengan membuat periodisasi.

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang masa lampau, di mana ilmu sejarah sejauh ini hanya dianggap sebagai sebuah cerita atau dongeng yang bisa dibuat dan ditulis oleh siapa saja. Namun perlu diketahui bahwa sejarah tidak hanya demikian, akan tetapi ketika menulis dan mengetahui sejarah maka Anda harus mengerti segala hal tentang ilmu sejarah.

Melansir dari laman History Today, tujuan utama sejarah adalah untuk berdiri di tengah-tengah perdebatan yang semakin beragam, toleran, serta keberadaan berbagai sistem, mulai dari sistem politik, kepemimpinan, masyarakat, ekonomi, serta budaya. Menulis sejarah bisa menjadi alat yang ampuh, dalam membentuk identitas, khususnya di tingkat nasional. Selain itu, sejarah juga memberi mereka yang mengendalikan narasi, serta kemampuan untuk melakukan legitimasi. Sejarah juga menjadi pendamping politik identitas dan penghujatan diri, serta berdiri di mana harus menolak untuk mengikuti tren zaman.

Berikut ini penting mempelajari sejarah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Mengenal Sejarah

Melansir dari sumber yang sama, seorang Profesor Sejarah Universitas Oxford, Faridah Zaman mengatakan bahwa 'Sejarah berguna untuk memberi tahu kita bagaimana kita sampai 'di sini''. Titik awal yang umum mungkin adalah bahwa sejarah akan sangat berguna untuk memberi tahu kita bagaimana kita sampai 'di sini'. Sejarah juga semacam cerita asal-usul, dari catatan yang relatif linier dan mungkin bisa dikaji secara teleologis, bagaimana kita bisa mengatur masyarakat dan sistem politik kita dengan cara yang kita miliki sekarang. 

Sejarah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan rangkaian kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Selain itu, sejarah juga berfungsi sebagai ilmu pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang membahas secara runtut dan sistematis, terkait dengan keseluruhan perkembangan proses perubahan atau dinamika kehidupan masyarakat dengan segala aspek kehidupannya yang terjadi di masa lampau. Masa lampau merupakan peristiwa yang sudah terlewat akan tetapi belum sepenuhnya final. Masa lampau bukan berarti hal yang sudah terlewat dan ditinggalkan begitu saja, namun dengan mempelajari sejarah maka ada hubungan dari apa yang terjadi di masa lampau dengan gambaran di masa sekarang dan mencapai kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

 

 

3 dari 5 halaman

Unsur-Unsur Sejarah

Dalam mempelajari dan mengenal tentang sejarah, maka hal ini dapat melibatkan empat unsur penting yang menjadi kunci dari penulisan sejarah.

1. Manusia

Terdapat unsur pertama dalam sejarah adalah manusia. Perlu diketahui bahwacilmu sejarah juga masuk dalam cabang ilmu sosial maka dari itu, ilmu sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia, karena manusia sendiri merupakan subjek sejarah dan sebagai pelaku sejarah. Tanpa manusia, maka sejarah tidak akan bisa diteliti.

2. Ruang 

Unsur penting selanjutnya adalah ruang. Ruang merupakan unsur penting dalam sejarah, di mana dapat memberikan tempat bagi sejarah untuk melakukan penelitian. Dalam penelitian sejarah, ruang juga sangat penting sebagai pembatas sebuah kajian, di mana ruang lingkup sejarah perlu dibatasi karena setiap tempat mempunyai sudut pandang sejarah yang berbeda-beda.

3. Waktu

Sejarah adalah ilmu yang menggunakan cara pandang diakronik, dan salah satu unsur penting yang perlu dipahami adalah sejarah itu memanjang dalam waktu. Waktu adalah unsur penting dalam sejarah, karena berkaitan dengan kronologi atau urutan peristiwa. Sejarah adalah ilmu mengenai aktivitas manusia yang dilihat dari sudut pandang waktu.

4. Kausalitas

Unsur keempat adalah kausalitas, di mana sebuah peristiwa sejarah tidak akan bisa menjadi menarik jika hanya disampaikan secara deskriptif. Tulisan sejarah perlu memberikan sentuhan kausalitas terhadap fakta-fakta yang dipaparkan. Maka dari itu, dalam penelitian sejarah terdapat langkah interpretasi yaitu penafsiran.

4 dari 5 halaman

Pentingnya Mempelajari Sejarah

Dengan mempelajari sejarah, maka sangat memungkinkan Anda untuk memahami lebih banyak ilmu dan pengetahuan.

1. Dunia kita

Sejarah dapat memberi gambaran yang sangat jelas tentang bagaimana berbagai aspek yang terjadi dalam lingkup masyarakat, seperti teknologi, sistem pemerintahan, dan bahkan masyarakat secara keseluruhan yang bekerja di masa lalu sehingga kita memahami bagaimana hal itu bekerja seperti sekarang.

2. Masyarakat dan orang lain

Mempelajari sejarah akan sangat memungkinkan kita untuk mengamati dan memahami bagaimana orang dan masyarakat berperilaku. Misalnya, kita dapat melakukan evaluasi perang, bahkan ketika suatu negara dalam keadaan damai, dengan melihat kembali peristiwa-peristiwa sebelumnya. Sejarah memberi kita data yang digunakan untuk membuat hukum, atau teori tentang berbagai aspek masyarakat.

3. Identitas

Sejarah juga membantu memberi kita rasa identitas, sehingga ini menjadi alasan utama mengapa sejarah masih diajarkan di sekolah-sekolah di seluruh dunia. Sejarawan telah dapat belajar tentang bagaimana negara, keluarga, dan kelompok terbentuk, dan bagaimana mereka berevolusi dan berkembang dari waktu ke waktu. 

4. Isu saat ini 

Sejarah juga sangat membantu untuk memahami masalah masa kini dengan mengajukan pertanyaan yang lebih dalam tentang mengapa segala sesuatunya seperti itu. 

5. Proses perubahan seiring waktu 

Jika kita ingin benar-benar memahami mengapa sesuatu terjadi di bidang apa pun, seperti satu partai politik yang memenangkan pemilihan terakhir vs yang lain, atau perubahan besar dalam jumlah perokok, maka sangat perlu mencari faktor-faktor yang terjadi sebelumnya. Oleh karena itu, dengan mempelajari sejarah kita dapat memahami elemen-elemen lembaga atau masyarakat apa yang berlanjut terlepas dari perubahan yang terus-menerus.

5 dari 5 halaman

Manfaat Mempelajari Sejarah

1. Pertumbuhan dan Penghargaan Pribadi

Dengan memahami peristiwa yang terjadi di masa lalu serta bagaimana pengaruhnya terhadap dunia saat ini dapat menimbulkan empati dan pemahaman bagi kelompok orang yang sejarahnya mungkin berbeda dari arus utama. Anda juga akan memahami penderitaan, kegembiraan, dan kekacauan yang diperlukan untuk hari ini terjadi, sehingga lebih mudah untuk menghargai semua yang diperoleh dari upaya masa lalu hari ini.

2. Sejarah Mengajarkan Moral dan Nilai

Dengan melihat cerita dari individu dan situasi tertentu, juga dapat menguji moral dan nilai Anda sendiri. Anda dapat membandingkannya dengan beberapa situasi nyata dan sulit yang harus dihadapi individu dalam masa-masa sulit. Melihat orang-orang yang berupaya mengatasi kesulitan dapat menjadi inspirasi. Anda dapat mempelajari orang-orang hebat dalam sejarah yang berhasil mengatasi dilema moral, dan juga orang-orang biasa yang mengajari kita pelajaran tentang keberanian, kegigihan, dan protes.

3. Membangun Kewarganegaraan yang Lebih Baik

Manfaat mempelajari sejarah juga membangun sikap warga negara yang baik, di mana studi sejarah adalah aspek yang tidak dapat ditawar-tawar lagi dari kewarganegaraan yang lebih baik. Hal ini merupakan alasan utama mengapa ini diajarkan sebagai bagian dari kurikulum sekolah. Orang-orang yang mendorong sejarah kewarganegaraan, semata-mata hanya ingin mempromosikan identitas nasional yang kuat dan bahkan loyalitas nasional melalui pengajaran pelajaran keberhasilan individu dan kolektif.

4. Belajar Masa Lalu 

Kita belajar dari kekejaman masa lalu terhadap sekelompok orang, baik itu terkait dengan perang, dan serangan. Melalui penderitaan kolektif seperti ini, maka tanda-tanda dan peringatan yang mengarah pada kekejaman tersebut, bisa melawannya ketika mereka melihatnya di masa sekarang. Mengetahui peristiwa apa yang menyebabkan berbagai perang ini membantu kita memengaruhi masa depan kita dengan lebih baik.

5. Mendapatkan Karir Melalui Sejarah

Keterampilan yang diperoleh melalui belajar tentang sejarah, seperti berpikir kritis, penelitian, menilai informasi, serta semua keterampilan berguna yang dicari oleh pengusaha. Banyak pengusaha melihat keterampilan ini sebagai aset bagi karyawan mereka dan akan mempekerjakan mereka yang memiliki gelar sejarah di berbagai peran dan industri.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS