Sukses

Salah Satu Contoh dari Buku Nonfiksi Adalah Ensiklopedia, Ini 10 Contoh Lainnya

Liputan6.com, Jakarta Salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah buku ensiklopedia, hal ini karena buku ensiklopedia telah memenuhi unsur yang harus dimiliki sebuah buku nonfiksi. Buku nonfiksi sendiri merupakan buku yang berisi mengenai fakta berdasarkan pengalaman, pengetahuan, atau hasil penelitian.

Buku pelajaran juga menjadi salah satu contoh dari buku nonfiksi yang sering ditemui. Buku pelajaran baik yang berisi pengetahuan dasar seperti matematika dan fisika, hingga buku pelajaran untuk ilmu praktis seperti buku psikologi merupakan contoh dari buku nonfiksi.

Untuk dapat membedakan buku nonfiksi dan fiksi dengan baik dan benar, terdapat beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu. Yaitu pengertian dari buku nonfiksi dan unsurnya, sehingga nantinya kita dapat membedakan dan memberi tahu salah satu contoh dari buku nonfiksi yang ada.

Selain ensiklopedia dan buku pelajaran, salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah jurnal. Lebih lengkapnya berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022). Tentang pengertian buku non fiksi, unsur dan contohnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Pengertian Buku Nonfiksi

Pengertian Buku Nonfiksi

Buku Nonfiksi merupakan buku yang berisi mengenai fakta berdasarkan pengalaman, pengetahuan, atau hasil penelitian. Dalam KBBI, buku nonfiksi memiliki pengertian buku yang tidak berdasarkan fiksi, tetapi tentang fakta dan kenyataan.

Pada umumnya buku nonfiksi berisi penjelasan informatif yang disusun berdasarkan fakta yang terjadi di dunia nyata. Penulis buku nonfiksi memiliki tanggung jawab yang besar ketika menulis buku nonfiksi, karena harus memastikan isi buku memiliki sumber dari kebenaran.

Buku nonfiksi memiliki perbedaan yang besar dengan buku fiksi, karena sumbernya yang sangat berbeda. Perbedaan kedua buku ini juga terlihat dari segi isi, cara penyajian, struktur, gaya bahasa dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya berikut informasinya.

3 dari 5 halaman

Unsur Buku Nonfiksi

Unsur Buku Nonfiksi

Dalam penulisan buku, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satu hal yang paling penting ketika menulis buku nonfiksi adalah semua unsur penulisan harus ada di buku. Berikut adalah beberapa unsur buku non fiksi:

1. Sampul Buku. Unsur pertama buku nonfiksi adalah sampul buku. Bagian sampul buku nonfiksi biasanya memuat judul buku, nama pengarang, dan nama penerbit. Kemudian harus ada penulisan tahun terbit dan edisi buku disampaikan di bagian sampul.

2. Pokok Bab Buku. Pokok bab buku berisi kata pengantar, penjelasan tentang isi buku, latar belakang, dan tujuan penulisan. Sama seperti kata pengantar skripsi, kata pengantar buku nonfiksi pun berisi ucapan terima kasih pada pihak yang membantu penulis.

3. Judul Bab dan Sub Bab. Judul bab dan sub bab terletak di bagian daftar isi buku dan disusun besertakan halamannya agar pembaca lebih mudah membaca buku.

4. Isi Buku. Unsur penulisan buku fiksi yang selanjutnya adalah isi buku. Isi buku nonfiksi terdiri dari pendahuluan, paparan utama, dan penutup buku.

5. Cara Menyajikan Buku. Cara menyajikan isi buku atau sumber-sumber yang kamu tuliskan di buku terletak di bagian daftar pustaka. Daftar pustaka biasanya diletakkan di bagian belakang buku.

6. Gaya Bahasa. Karena gaya bahasa buku nonfiksi umumnya adalah formal, sering kali ada beberapa kata yang jarang didengar oleh pembaca. Untuk mempermudah pembaca, penulis dapat menambahkan penjelasan kata asing tersebut di glosarium.

7. Sistematika Penulisan. Unsur terakhir adalah sistematika penulisan yang penting dalam buku untuk membuat tulisan lebih runtut dan tidak asal-asalan.

4 dari 5 halaman

Contoh Buku Nonfiksi

Contoh Buku Nonfiksi

Setelah mengetahui pengertian dan unsur dari buku nonfiksi, terdapat beberapa contoh dari buku nonfiksi yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini adalah beberapa contoh buku nonfiksi:

1. Buku Pelajaran

Salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah buku pelajaran. Buku pelajaran adalah buku acuan yang wajib dipakai di sekolah dan memuat materi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan murid. Beberapa buku yang masuk dalam buku pelajaran di antaranya adalah buku pelajaran matematika dan buku pelajaran fisika..

2. Buku Ensiklopedia

Contoh buku nonfiksi berikutnya adalah ensiklopedia yang merupakan karya referensi atau rangkuman tentang informasi dari semua cabang pengetahuan atau bidang tertentu. Contoh buku ensiklopedia di antaranya adalah Ensiklopedia Alam Semesta dan Ensiklopedia Sejarah Dunia.

3. Esai

Salah satu contoh lain dari buku nonfiksi adalah esai. Esai adalah karangan atau tulisan yang membahas masalah atau suatu topik dari sudut pandang seorang penulis. Contoh buku esai adalah buku Dari Langit: Kumpulan Esai tentang Manusia, Masyarakat, dan Kekuasaan (2008) karya Rizal Mallarangeng.

4. Biografi

Contoh buku nonfiksi berikutnya adalah Biografi. Pengertian biografi adalah kisah atau keterangan hidup seseorang yang isinya lebih kompleks dan lengkap. Contoh biografi adalah buku Biografi Politik Habibie (2017) karya Raden Toto Sugiarto.

5. Buku Otobiografi

Selanjutnya adalah buku otobiografi. Sama seperti biografi, buku otobiografi termasuk dalam contoh buku non fiksi. Buku ini berisi tentang kisah, peristiwa, serta perjalanan hidup orang yang menulis buku. Contoh buku otobiografi adalah buku Autobiografi Tan Malaka: Dari Penjara ke Penjara (2021).

5 dari 5 halaman

Contoh Buku Nonfiksi

6. Buku Kesehatan

Contoh buku nonfiksi berikutnya adalah buku kesehatan. Buku kesehatan memuat informasi mengenai kesehatan secara spesifik atau umum. Penulisan buku tidak boleh sembarangan karena harus sesuai dengan teori, ilmu, dan kenyataan. Contoh buku kesehatan diantaranya adalah buku Deteksi dan Diagnosis Dini Kanker (2005) karya Muchlis Ramli.

7. Jurnal

Contoh buku non fiksi berikutnya adalah jurnal atau tulisan khusus yang memuat artikel tentang suatu bidang ilmu. Adapun beragam contoh jurnal di antaranya adalah Jurnal Ilmiah Kesehatan Journal of Health Science Volume 21 Nomor 2, 2022

8. Laporan Ilmiah

Salah satu contoh dari buku nonfiksi lainnya adalah laporan ilmiah. Laporan ilmiah termasuk dalam buku nonfiksi karena berasal dari hasil laporan yang terbukti dalam dunia nyata. Contoh dari laporan ilmiah di antaranya adalah makalah, skripsi, tesis, dan disertasi.

9. Buku Literatur

Contoh buku non fiksi berikutnya adalah literatur yang identik dengan bahasa berat dan jumlah halaman yang banyak. Buku ini kerap dijadikan sebagai sumber referensi untuk banyak kegiatan di dunia pendidikan. Contoh buku literatur adalah buku Ilmu Budaya Dasar (2007) karya Prof. Dr. M. Munandar Sulaeman.

10. Personal Literatur

Salah satu contoh dari buku nonfiksi yang jarang diketahui adalah personal literatur. Personal literatur adalah cerita atau kisah nyata yang dialami oleh penulis sendiri. Banyak orang menyebut personal literatur sebagai novel non fiksi atau buku cerita non fiksi. Contoh dari personal literatur adalah buku Cinta Brontosaurus (2006) karya Raditya Dika.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS