Sukses

6 Penyebab Layar TV Bergaris Horizontal dan Cara Memperbaikinya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab layar TV bergaris horizontal umumnya adalah karena adanya kerusakan pada panel LCD. Namun selain itu terdapat beberapa penyebab layar TV bergaris horizontal lainnya yang perlu diketahui mulai dari adanya kotoran yang menumpuk di belakang hingga kabel yang longgar di salah satu bagian TV.

Penyebab layar TV bergaris horizontal bisa sangat beragam dan tidak selalu menjadi tanda dari kerusakan yang parah. Untuk penyebab layar TV bergaris horizontal yang ringan, biasanya anda tidak perlu menghubungi teknisi untuk memperbaikinya.

Penting untuk mengetahui penyebab layar TV bergaris horizontal terlebih dahulu, agar dapat menentukan cara memperbaiki yang tepat dan efisien. Apakah kerusakan bisa diperbaiki sendiri atau memerlukan bantuan dari teknisi yang berpengalaman.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022). Tentang penyebab layar TV bergaris horizontal dan cara memperbaikinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Penyebab Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab layar TV bergaris horizontal yang paling umum terjadi adalah kerusakan panel LCD atau kabel yang kendor. Penyebab lain bisa jadi adalah penumpukan kotoran di bagian belakang TV Anda. Di lain waktu, ini adalah masalah perangkat lunak atau file yang rusak. Penerimaan antena yang buruk juga dimungkinkan. Terakhir, mungkin karena papan T-con yang gagal. Lebih lengkapnya, berikut ini penjelasannya:

1. Penumpukan kotoran dan serpihan

Jika kotoran dan serpihan mencapai perangkat keras atau komponen TV anda, hal itu dapat merusak tampilan. Hal ini terjadi bukan hanya kotoran atau puing-puing yang menyebabkan kerusakan, namun karena ketika kotoran menumpuk di dalam TV anda, hal itu akan menghasilkan masalah panas berlebih.

 

2. Kabel longgar

Penyebab garis horizontal TV lainnya adalah koneksi yang buruk karena kabel yang longgar.  Secara umum, beberapa kabel dapat bertahan selama berbulan-bulan. Sementara yang lain selama satu dekade. Jika kabel diproduksi dengan buruk, maka kabel tidak akan dapat berfungsi sepanjang tahun.

3 dari 5 halaman

Penyebab Layar TV Bergaris Horizontal

3. Masalah antena atau kotak kabel

Jika penerimaan antena anda lemah, itu juga mempengaruhi tampilan TV anda. Di lain waktu, koneksi antara TV dan kotak kabel anda juga dapat menyebabkan masalah. Di saat seperti ini, perangkat eksternal anda mungkin menjadi penyebab utama.

 

4. Pengaturan gambar tidak kompatibel

Jika ukuran video atau gambar anda tidak sesuai dengan resolusi TV anda, anda akan mendapatkan gambar yang tidak kompatibel. Dan sebagai hasilnya, garis horizontal mungkin muncul di layar anda. Jika gambar terlalu besar atau kecil, ketidakcocokan dalam resolusi TV anda akan menyebabkan munculnya garis. 

 

5. Masalah catu daya

Pemadaman listrik yang terlalu sering juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen TV anda. Belum lagi, pemadaman listrik yang terlalu sering juga dapat mengganggu outlet listrik. Dengan kabel yang rusak, tidak ada cukup daya yang dipasok ke TV anda.

 

6. Sambungan longgar antara layar LCD dan papan sirkuit tercetak

Papan sirkuit tercetak atau PCB pada dasarnya menghubungkan semua komponen listrik anda bersama-sama. Pikirkan papan sirkuit cetak TV sebagai jantung perangkat. ka rusak atau aus, komponen listrik apa pun yang terhubung dengannya juga gagal berfungsi. Dan jika tidak ada koneksi antara PCB dan layar LCD anda, anda akan mendapatkan tampilan yang rusak.

4 dari 5 halaman

Cara Memperbaiki Layar TV Bergaris Horizontal

Cara Memperbaiki Layar TV Bergaris Horizontal

Dengan semua kemungkinan penyebab layar TV bergaris horizontal yang terjadi, terdapat beberapa langkah yang bisa diikuti untuk memperbaiki layar TV yang mengalami kerusakan berupa munculnya garis horizontal. Berikut langkah mudahnya:

1. Uji berbagai kabel dan perangkat eksternal

Jika garis horizontal pada layar TV anda disebabkan oleh kabel yang longgar atau rusak, lakukan beberapa langkah pengujian dibawah ini terlebih dahulu:

- Ambil kabel HDMI atau koaksial baru dihubungkan ke port TV anda.

- Pada saat yang sama, coba gunakan perangkat eksternal lain.

- Jika Anda memiliki Fire Stick, Roku atau hard drive cadangan, uji ini juga di port TV anda.

Jika akar penyebabnya adalah kabel yang rusak, langkah ini akan dengan mudah menghapus garis horizontal.  

 

2. Beralih di antara input TV yang berbeda

Semua TV pintar saat ini memiliki beberapa port di panel belakang atau sampingnya. Dan sebagai hasilnya, setiap port juga sesuai dengan input TV tertentu. Sebagai contoh, anda mungkin memiliki input TV untuk AV, komputer, Video 1 dan HDMI 1/2/3.

Sekarang, katakan masalahnya ada pada input AV TV. Kemudian, itu bisa berarti bahwa semua input anda yang lain (HDMI, PC, dan Video 1) berfungsi dengan baik.  Dan secara keseluruhan, itu bisa menjadi masalah dengan port AV seperti Kabel atau Koneksinya.

5 dari 5 halaman

Cara Memperbaiki Layar TV Bergaris Horizontal

3. Atur ulang TV anda ke pengaturan default

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan hard reset. Hard reset adalah pengaturan yang dimiliki semua TV yang dimaksudkan untuk menghapus semua masalah perangkat lunak di TV anda. mengatasi file yang rusak, kesalahan, atau gangguan dalam sistem.  Serta menghapus semua data TV anda dan kembalikan ke pengaturan default.

 

4. Hubungi teknisi profesional

Ketika hard reset gagal, solusi yang jelas dapat dilakukan adalah menghubungi teknisi yang profesional. TV anda memiliki komponen perangkat keras yang rusak dan memerlukan diagnosis profesional. Biasanya diagnosis akan memberi anda 2 opsi yaitu memperbaiki komponen yang rusak atau mengganti perangkat keras yang rusak.

Tentu saja, yang terbaik adalah membiarkan seorang profesional menangani perbaikan atau penggantian apa pun. Tetapi jika kedua opsi terlalu mahal, pilihan terakhir anda adalah membeli TV baru.

 

Demikian informasi tentang penyebab layar TV bergaris horizontal dan cara memperbaikinya yang bisa dicoba saat anda mengalami masalah dengan layer TV yang memunculkan garis horizontal saat dihidupkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS