Sukses

8 Potret Mal Besar di Ukraina Sebelum Vs Sesudah Serangan Rudal Rusia

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan Maret 2022 lalu, dunia dibuat heboh dengan kabar Rusia telah menginvasi Ukraina. Konflik antara dua negara tersebut bisa berpotensi jadi perang dunia III atau berakhir menjadi konflik beku seperti Korea Selatan dan Korea Utara.

Konflik antara Rusia dan Ukraina bermula lantaran Ukraina yang menyatakan keinginannya bergabung dengan Organisasi Pertahanan Militer Atlantik Utara (NATO). Pernyataan tersebut mengusik Presiden Vladimir Putin hingga langsung memberikan peringatan yang membuat satu dunia ikut turun tangan.

Makin memanas, Rusia kembali meluncurkan serangan rudal ke Ukraina sehingga menyebabkan kerusakan parah di Ukraina. Selain rumah warga sipil, pusat perbelanjaan hingga mal di Ukraina juga sudah hancur total akibat serangan rudal Rusia.

Tentunya dapat dibayangkan bagaimana kondisi masyarakat sipil di tengah memanasnya konflik Rusia dan Ukraina. Foto-foto sebelum dan sesudah Ukraina dibombardir Rusia memberikan gambaran jika konflik dua negara memberikan dampak luar biasa.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brainberries tentang potret mal besar di Ukraina sebelum vs sesudah serangan rudal di Rusia, Jumat (23/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

1. Ini adalah penampakan Mal Fabrika, Kherson yang diserang oleh Rusia pada 1 Maret 2022 lalu. Usai diserang, terlihat bangunan mal tersebut hancur dan rusak parah.

3 dari 9 halaman

2. 19 hari berselang, pada 20 Maret 2022, pusat perbelanjaan Retroville, Kyiv hancur lebur akibat serangan rudal Rusia.

4 dari 9 halaman

3. Pasukan Rusia melancarkan serangan dari berbagai arah dan seakan tidak ada jeda. Pada 10 Mei 2022, pasukan Rusia serang mal Riviera, Odesa.

5 dari 9 halaman

4. Pada 21 Mei 2022, Rusia kembali melancarkan serangannya dengan menghancurkan Epicenter, Chernihiv.

6 dari 9 halaman

5. Rusaknya mal besar Vostorg, Kharkiv menjadi bukti bahwa hubungan antara Rusia dan Ukraina makin memanas. Serangan tersebut diketahui terjadi pada 8 Juni 2022.

7 dari 9 halaman

6. Serangan kembali dilancarkan pada 27 Juni 2022. Pusat perbelanjaan Amstor, Kremenchuk juga menjadi target Rusia untuk dihancurkan.

8 dari 9 halaman

7. Terlihat perbedaan pusat perbelanjaan Nikolsky, Kharkiv sebelum dan sesudah diserang pada 10 Maret 2022.

9 dari 9 halaman

8. Melansir dari Brainberries, Epicenter yang terletak di Bucha, Ukraina hancur sekitar sekitar bulan Maret – April 2022.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS