Sukses

Rukun Iman Ada Berapa? Ketahui Dalil dan Isinya dalam Islam

Liputan6.com, Jakarta Rukun iman ada berapa adalah pertanyaan yang kerap kali dibicarakan oleh umat muslim. Rukun iman adalah pilar penting yang dijadikan pedoman hidup umat muslim. Mengamalkan rukun iman dapat memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT.

Rukun iman ada berapa adalah sesuatu yang perlu diketahui dan diyakini umat Islam. Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian rukun iman adalah dasar keyakinan dalam agama Islam, yaitu percaya kepada Allah SWT., kepada malaikat-Nya, kepada kitab-Nya, kepada para nabi dan rasul-Nya, kepada hari kiamat, dan kepada untung baik dan buruk yang datang dari Allah SWT.

Memahami dan mengamalkan rukun iman ada berapa merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Rukun iman ada berapa dapat diwujudkan dalam keyakinan dan perilaku sehari-hari. Sejatinya, iman adalah keyakinan, kepercayaan, dan ketetapan hati.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai rukun iman ada berapa beserta dalil dan isinya menurut Islam yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Rukun Iman Ada Berapa

Rukun iman ada berapa yaitu ada 6. Rukun iman ada berapa adalah salah pilar keimanan dalam agala Islam. Terdapat 6 poin dalam Rukun Iman yang harus diimani. 6 rukun iman yang dimaksud adalah iman kepada Allah SWT, malaikat, kitab, rasul, hari akhir, serta qada' dan qadar. Keenam rukun iman ini wajib diyakini dalam hati, diikrarkan dengan lisan, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rukun iman ada berapa merupakan pilar penting yang dijadikan sebagai pedoman hidup umat muslim. Iman adalah sikap batin, keyakinan, atau kepercayaan yang menghubungkan manusia dengan Allah SWT.

3 dari 5 halaman

Dalil tentang Rukun Iman

Rukun iman ada berapa yaitu ada 6 ini tegaskan dalam surat di Al-Qur’an. Di antaranya tertuang dalam Surat An-Nisa:

“Yā ayyuhallażīna āmanū āminụ billāhi wa rasụlihī wal-kitābillażī nazzala 'alā rasụlihī wal-kitābillażī anzala ming qablu, wa may yakfur billāhi wa malā`ikatihī wa kutubihī wa rusulihī wal-yaumil-ākhiri fa qad ḍalla ḍalālam ba'īdā.”

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya. (QS An-Nisa: 136).

Selain diterangkan dalam surat di Al-Qur'an, rukun iman ada berapa adalah ada 6 juga dijelaskan dalam hadis. Berikut artinya:

“Orang itu berkata lagi: ‘Beritahukan kepadaku tentang Iman,’. Rasulullah SAW menjawab: ‘Engkau beriman kepada Allah, kepada para Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, kepada utusan-utusan Nya, kepada hari Kiamat dan kepada takdir yang baik maupun yang buruk,”. Orang tadi berkata: ‘Engkau benar’,” (HR Muslim).

4 dari 5 halaman

Isi Rukun Iman

Berikut ini isi dari 6 poin rukun iman, antara lain:

1. Iman kepada Allah SWT

Rukun iman ada berapa yaitu ada 6. Isi dari rukun iman yang pertama adalah iman kepada Allah SWT. Percaya kepada Allah berarti percaya bahwa hanya ada satu Tuhan yang layak disembah. Rukun iman yang pertama ini berarti kita harus mempercayai dan mengimani bahwa Allah SWT menciptakan seluruh makhluk yang ada di langit, bumi, dan seluruh alam semesta.

Iman kepada Allah SWT diwujudkan kalimat Syahadat. Kalimat Syahadat berbunyi: "ašhadu ʾan lā ʾilāha ʾillā -llāh, wa ʾašhadu ʾanna muḥammadan rasūlu -llāh" Artinya Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Selain itu, anda juga dapat mengimani iman kepada Allah SWT bisa diwujudkan dari amal perbuatan baik dengan melaksanakan semua perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.

2. Iman kepada Malaikat-malaikat

Rukun iman ada berapa yaitu ada 6. Isi dari rukun iman yang kedua adalah iman kepada malaikat Allat SWT. Iman kepada malaikat artinya mengimani keberadaan malaikat sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Ini juga berarti mengimani tugas dan amalan yang diberikan Allah pada malaikat. Iman kepada malaikat berarti meyakini jika malaikat itu ada yang senantiasa mengawasi perbuatan baik dan buruk setiap manusia.

Malaikat merupakan makhluk yang tercipta dari cahaya atau nur. Malaikat adalah ciptaan Allah yang sangat taat kepada Allah SWT dan senantiasa selalu bertasbih tanpa henti siang dan malam. malaikat berugas untuk menjalankan perintah dari Allah untuk mengawasi seluruh umat manusia dan jin.

3. Iman kepada Kitab-kitab

Rukun iman ada berapa yaitu ada 6. Isi dari rukun iman yang ketiga adalah iman kepada kitab-kitab Allah SWT. Allah menurunkan kitab-kitab kepada para rasulnya sebagai petunjuk dan hujjah bagi umat manusia. Di antara kitab-kitab ini, ada Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah SWT adalah sebenar-benarnya pesan dari Allah. Terdapat empat kitab yang diturunkan oleh Allah SWT. Kitab-kitab tersebut diantaranya yaitu Zabur (Nabi Daud AS), Taurat (Nabi Musa AS), Injil (Nabi Isa AS), dan Al Qur'an (Nabi Muhammad SAW).

5 dari 5 halaman

Isi Rukun Iman

4. Iman kepada Rasul dan Nabi

Rukun iman ada berapa yaitu ada 6. Isi dari rukun iman yang keempat adalah iman kepada Rasul dan Nabi Allah SWT. Dengan mengimani dan percaya akan Rasul dan Nabi Allah SWT adalah mempertebal iman kita. Umat Islam harus beriman kepada semua nabi dan rasul yang diutus oleh Allah dan bahwa Nabi Muhammad SAW, adalah yang terakhir dari mereka. Dengan beriman dan beramal kepada Nabi dan Rasul berarti mempercayai segala ajarannya baik dari lisan maupun mengkuti jejak suri tauladannya.

5. Iman kepada hari akhir (Kiamat)

Rukun iman ada berapa yaitu ada 6. Isi dari rukun iman yang kelima adalah iman kepada hari akhir. Kiamat merupakan hari di mana seluruh alam semesta dihancurkan dan dimusnahkan. Kiamat akan ditandai dengan munculnya dajjal, turunnya Nabi Isa a.s., keluarnya Ya'juj dan Ma'juj, terbitnya matahari dari barat, makin banyak kejahatan, serta banyaknya amanah yang tidak lagi dijalankan.

Dengan meyakini dan mengamalkan iman kepada hari akhir, dengan begitu dapat meningkatkan semangat dalam beribadah. Sebab kehidupan setelah kematian benar adanya dan seluruh manusia akan mempertanggung jawabkan perbuatannya kelak.

6. Iman kepada Qada' dan Qadar

Rukun iman ada berapa yaitu ada 6. Isi dari rukun iman yang keenam adalah iman kepada qada’ dan qadar. Iman kepada qada’ dan qadar artinya meyakini bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah SWT. Sebagai umat muslim harus menjalani takdir yang telah digariskan oleh Allah SWT. Percaya pada pilar ini berarti meyakini bahwa Allah telah menciptakan segala sesuatu dan telah menetapkan dengan ukuran yang tepat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS