Sukses

Salah Satu Bentuk Latihan Meningkatkan Kekuatan Otot Tungkai adalah Squat Jump

Liputan6.com, Jakarta Salah satu bentuk latihan meningkatkan kekuatan otot tungkai adalah squat jump. Squat jump adalah salah satu variasi dari latihan squat yang baik untuk melatih otot. Selain melatih otot, squat jump merupakan gerakan sederhana yang memiliki banyak manfaat lainnya.

Squat jump diawali dengan posisi squat biasa, lalu ganti posisi tegak dengan gerakan melompat. Setelahnya, kamu dapat kembali ke posisi squat semula. Selain meningkatkan otot bagian bawah tubuh, squat jump juga baik untuk keseimbangan dan kelincahan tubuh.

Salah satu bentuk latihan meningkatkan kekuatan otot tungkai adalah squat jump secara teratur. Kamu tentu perlu mengenali cara melakukan squat jump sebelum praktik. Kamu harus melakukannya dengan benar untuk menghindari cedera.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022) tentang salah satu bentuk latihan meningkatkan kekuatan otot tungkai adalah squat jump.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Salah Satu Bentuk Latihan Meningkatkan Kekuatan Otot Tungkai adalah Squat Jump

Salah satu bentuk latihan meningkatkan kekuatan otot tungkai adalah squat jump. Squat jump adalah latihan sederhana yang bisa dilakukan di rumah tanpa peralatan khusus. Squat jump adalah latihan yang banyak melibatkan otot bagian bawah, seperti perut, panggul, bokong, paha, tungkai, dan kaki.

Salah satu bentuk latihan meningkatkan kekuatan otot tungkai adalah squat jump secara teratur. Dengan melaksanakannya secara teratur, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaatnya yang sangat besar untuk otot hingga kesehatan. Supaya mendapatkan manfaat squat jump secara maksimal, kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat.

Salah satu bentuk latihan meningkatkan kekuatan otot tungkai adalah squat jump dengan benar. Mengutip Alodokter, cara melakukan squat jump yang tepat yaitu sebagai berikut:

1. Berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu.

2. Tekuk lutut dan dorong bokong ke bawah seperti posisi hendak duduk.

3. Angkat tubuh dan loncat dengan mendorong kaki dari lantai.

4. Mendaratlah dengan posisi jongkok.

5. Ulangi gerakan ini sebanyak 8–10 kali setiap set dan ulangi sebanyak 2 atau 3 set sesuai kemampuan tubuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Squat Jump

Salah satu bentuk latihan meningkatkan kekuatan otot tungkai adalah squat jump. Manfaatnya squat jump sangat baik untuk tubuh, yaitu:

Membakar Kalori

Salah satu bentuk latihan meningkatkan kekuatan otot tungkai adalah squat jump, yang juga bermanfaat untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Squat jump merupakan latihan aerobik, yang bertujuan untuk membakar kalori berlebih dan menjaga agar berat badan tetap ideal.

Mengurangi Selulit

Selulit adalah lemak di bawah kulit yang muncul ke permukaan kulit. Akibatnya membuat kulit terlihat lebih bergelombang. Selulit sering terlihat pada paha, bokong, atau perut. Squat dapat menjadi solusinya. Selulit disebabkan sirkulasi darah yang buruk dan terbentuknya kantung-kantung lemak. Namun, jika kamu melakukan squat, peregangan otot yang terjadi akan memperlancar peredaran darah, mengencangkan otot, dan membakar lemak selulit. Tak hanya pada area bokong, squat juga dapat mengatasi selulit di area pinggul, paha, dan perut.

Meningkatkan Metabolisme

Squat jump bisa menjadi pilihan latihan untuk kamu yang sehari-harinya bekerja sambil duduk dan kurang bergerak. Hal ini karena squat jump dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Cukup lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali, maka metabolisme yang baik akan memungkinkan proses pencernaan dan pembuangan racun dalam tubuh lebih baik.

Bermanfaat untuk Jantung

Termasuk ke dalam aerobik, melakukan squat jump bisa meningkatkan denyut jantung sehingga menjadi latihan yang sangat baik. Menariknya, walaupun termasuk aerobik, squat jump bukanlah gerakan yang berat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Squat Jump

Salah satu bentuk latihan meningkatkan kekuatan otot tungkai adalah squat jump. Manfaatnya squat jump sangat baik untuk tubuh, yaitu:

Mengencangkan Otot Paha

Salah satu bentuk latihan meningkatkan kekuatan otot tungkai adalah squat jump, yang juga dapat melatih otot paha dan bokong. Latihan ini menargetkan otot gluteus, quadricep, hamstring, dan pinggul. Manfaat squat jump yang satu ini baik untuk wanita maupun pria. Pasalnya, memiliki otot paha yang kencang dan bagus bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Memperkuat Otot Inti

Tak hanya melatih otot paha dan bokong, otot inti juga ikut terlatih dalam melakukan squat jump. Otot inti terdiri atas otot perut, panggul, dan punggung. Otot inti yang kuat akan mempermudah kamu melakukan aktivitas sehari-hari.

Memperbaiki Postur

Postur yang baik akan berpengaruh pada keseimbangan tubuh dan juga mencegah nyeri punggung bawah. Melakukan squat jump secara rutin dapat bermanfaat untuk otot inti, sehingga jadi lebih kuat. Otot inti yang terlatih inilah yang akan membantu memberikan postur tubuh yang baik.

Mencegah Cedera Lutut

Squat  dijadikan gerakan dasar untuk pemanasan. Dengan pemanasan yang baik ditambah dengan kuatnya otot-otot yang mendukung lutut dari hasil latihan squat jump, risiko cedera pun akan berkurang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS