Sukses

10 Manfaat Eceng Gondok Bagi Kehidupan, Bisa Jadi Bahan Biogas

Eceng gondok merupakan gulma air tawar yang berasal dari Amerika Selatan yang dapat tumbuh di semua jenis lingkungan air tawar.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat eceng gondok belum dipahami banyak orang. Pasalnya eceng gondok atau Pontederia crassipes ( sebelumnya Eichhornia crassipes) merupakan gulma air tawar yang berasal dari Amerika Selatan. Dilansir dari University of Florida, eceng gondok dapat tumbuh di semua jenis lingkungan air tawar. Tanaman yang satu ini dapat tumbuh beberapa inci hingga lebih dari tiga kaki. Eceng gondok memiliki bunga berwarna lavender atau lilac, daunnya bulat dan kasar serta melekat pada batang sepon. Tanaman ini juga mengambang di air. Lebih lanjut eceng gondok sebenarnya memiliki banyak dampak negatif.

Penyebaran tanaman yang satu juga ini sangat cepat hingga dapat menyebar ke berbagai bagian di dunia dan disertai kemampuan adaptasi ekologis. Hal tersebut yang menjadikan eceng gondok sebagai gulma paling invasif di dunia. Sehingga tidak mengherankan jika eceng gondok menjadi salah satu gulma air yang sangat sulit dikontrol dan dikelola. Tanaman ini juga disebut gulma berbahaya dan kepemilikannya dilarang, termasuk Australia, Afrika dll. Tanaman yang satu ini akan cepat memenuhi perairan tawar dan tidak mungkin bagi Anda jika ingin memancing dan menaiki perahu di perairan tersebut. Hal ini karena eceng gondok membentuk dan tidak dapat ditembus.

Eceng gondok yang intens akan menyebabkan perubahan air dan gangguan biota akuatik, kelebihan evapotranspirasi dan dampak lain yang merugikan. Di sisi lain, eceng gondok tidak akan dapat benar-benar diberantas. Akan tetapi, pengelolaan diperlukan untuk mengedalikan pertumbuhannya yang sangat cepat. Oleh karena itu, banyak penelitian yang mencoba menggali potensi manfaat eceng gondok yang dapat membuat keberadaanya tidak hanya merugikan. Salah satu manfaat eceng gondok, yaitu eceng gondok merupakan tanaman yang berguna dengan kapisitas fitoakumulasi polutan logam yang luar biasa. Berikut liputan6 rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat eceng gondok bagi kehidupan, pada Jum’at (23/9/22) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Eceng Gondok

1. Bioremediasi (Fitoremediasi)

Fitoremediasi merupakan metode yang memanfaatkan tanaman untuk membersihkan tanah atau air dari kotoran organik dan anorganik. Dilansir dari jurnal yang berjudul “ Eichhornia crassipes (Mart.) Solms: Uses, Challenges, Threats, and Prospects” oleh Opeyami I. Ayanda dkk, disbutkan bahwa eceng gondok merupakan tanaman yang sesuai untuk metode ini. Beberapa temuan menunjukkan bahwa eceng gondok yang terkendali pertumbuhannya  merupakan pengganti pembersihan yang ekonomis dan efisien karena mempercepat ekstraksi dan penyerapan limbah industri dan pertanian yang terkontaminasi dengan logam organik, anorganik dan beracun. 

Eceng gondok dapat mengolah air limbah yang mengandung logam berat dan ion terlarut. Daun, akar, dan jaringan bohlam tanaman menunjukkan kemampuan hiperaklumulasi untuk logam berat.  Eceng gondok juga  menyerap hidrokarbon minyak bumi dan dapat digunakan untuk fitoremediasi ekosistem perairan yang tercemar minyak mentah.

2. Produksi Kompos

Manfaat eceng gondok dapat diperoleh dengan mengolahnya menjasi pupuk hayati. Adanya nitrogen dan fosfor pada akar tanaman eceng gondok menjadikannya bahan baku yang cocok untuk pembuatan kompos. Cabi.org juga menyebutkan bahwa manfaat eceng gondok dapat diketahui dari eceng gondok yang dapat digunakan sebagai mulsa,untuk kompos, bahan batu bata bakar, kertas atau papan, menghasilkan gas metana untuk menghilangkan nutrisi dan bahan kimia beracun di air.

Lebih lanjut lagi disebutkan bahwa sistem pengomposan dalam skala yang tidak kecil dengan menggunakan eceng gondok sebagai bahan baku utama mencapai suhu yang cukup tinggi untuk menonaktifkan benih dan propagul lainnya dan dengan begitu eceng gondok dapat dikomposkan tanpa potensi bahaya peyebaran. Aplikasi produksi kompos dari eceng gondok ini dilakukan di beberapa negara, misalnya sebagai pupuk organik di Bangladesh, kompos eceng gondok sebagai kompos untuk menekan nematoda di India, serta kompos organik eceng gondok di cekungan Danau Victoria juga telah disarankan menjadi pilihan yang cocok untuk mengendalikan keasaman tanah.

3. Pakan Ikan dan Ternak

Walaupun ikan akan sulit hidup pada perairan yang dipenuhi oleh eceng gondok, tetapi eceng gondok juga dapat dimanfaatkan sebagai pakai ikan. Hal tersebut karena beberapa jenis ikan dapat memakan tanaman air. Eceng gondok dapat menjadi bahan baku pakan ikan karena dapat meningkatkan tingkat protein pakan kasar. Para peneliti juga menyarankan penggunaan eceng gondok sebagai pakan ternak karena memiliki kandungan air dan mineral yang tinggi, yang mana mungkin sesuai dengan hewan tertentu. Manfaat eceng gondok sebagai pakan ternak juga telah digunakan oleh Cina selama tahun 1950an sampai 1970an ketika pakan ternak langka dan untuk pakan kerbau di India.

3 dari 4 halaman

Manfaat Eceng Gondok

4. Produksi Biofuel

Manfaat eceng gondok selanjutnya, dilansir dari Cabi.org, biomassa dari enceng gondok di Panatanal Amerika Selatan dapat dikelola untuk produksi biofuel. Biofuel adalah bahan kimia yang diperkaya energi yang diproduksi melalui cara biologis. Rendahnya lignin pada eceng gondok menjadikan tanaman gulma ini menjadi pilihan yang sesuai ketika mencari biomassa. Selulosa dan hemiselulosa diubah dengan mudah oleh tanaman ini menjadi gula dan dapat difermentasi, lalu menghasilkan sejumlah biomassa yang tidak sedikit yang dapat dieksploitasi dalam industri biofuel. Eceng gondok juga telah digunakan dalam produksi briket, bioetanol dan biogas.

5. Produksi Biogas

Biogas merupakan hasil fermentasi bahan organik tanpa adanya oksigen yang digunakan menggunakan mikroorganisme. Manfaat eceng gondok dalam pembuatan biogas karena eceng gondok mempunyai kandungan hemiselulosa dalam jumlah tinggi. Produksi biogas dari campuran eceng gondok dan kotoran sapi disebutkan menghasilkan gas yang mengandung metana yang tinggi dan cukup untuk memberi daya pada generator gas.

6. Produksi Enzim

Manfaat eceng gondok yang selanjutnya ini terkait dengan produksi enzim. Eceng gondok telah digunakan sebagai sumber karbon untuk menciptkaan enzim, seperti selulase dan xylanase. Kandungan lihnoselulosa yang tinggi dari biomassa eceng gondok sesuai sebagai mediia pertumbuhan untuk produk enzim. Enzim-enzim tersebut merupakan pengganti berkelanjutan untuk teknik konservatif karena dengan penggunaan eceng gondok dipastikan prosesnya menjadi hemat biaya dan hemat energi,mengurangi timbulan limbah dan produk bernilai tinggi. Enzim telah banyak diaplikasikan pada industri farmasi, makanan dan minuman, detergen, tekstil, pulp dan kertas.

7. Biopolimer

Eceng gondok menari perhatian karena kandungan selulosa dan tingkat poliferasinya. Selulosa dari eceng gondok telah digunakan untuk membuat polihidroksibutirat (PHB) yang merupakan sumber daya untuk bioplastik. Nanomaterial dari eceng gondok juga sudah diaplikasikan pada pembalut luka, ilm kemasan biodegradable dan teknologi pelepasan kontrol.

4 dari 4 halaman

Manfaat Eceng Gondok

8. Papan Isolasi

Pencarian bahan bangunan berbasis bio muncul karena adanya kesadaran akan pemanasan global dan upaya mengurangi penggunaan energi saat pembangunan. Eceng gondok yang digunakan dalam mengembangkan papan artikel isolasi termal telah memperlihatkan kinerja yang pantas dari pabrik akuatik di sekitar sektor industri. Struktur mikro dan komposisi kimia dari gulma akuatik akan meningkatkan penerapannya sebagai bahan bangunan berbasis bio.

9. Fungsi Obat dan Kesehatan

Eceng gondok disebutkan mempunyai fungsi anti inflamasi, anti jamur dan anti bakteri. Dilansir dari Drhealtsbenefit.com, orang-orang Filipina gemar menggunakan eceng gondok sebagai agen anti inflamasi. Manfaat eceng gondok lainnya di bidang kesehatan juga dapat diketahui dari eceng gondok yang dapat digunakan untuk megobati kolera, sakit tenggorokan dan gigitan ular. Dalam jurnal yang berjudul “ Eichhornia crassipes (Mart.) Solms: Uses, Challenges, Threats, and Prospects” oleh Opeyami I. Ayanda dkk, juga disebutkan bahwa beberapa penelitian melaporkan jika akar, daun dan bunga eceng gondok sudah diuji mengandung konstituen kimia yang dapat mengobati penyakit. Lainnnya, ecek gondok juga memiliki potensi sebagai alternatif anti penuaan dan anti kanker karena terdapat beberapa senyawa penangkal kanker. Bahkan ekstrak eceng gondok juga telah ditemukan berguna dalam produk perawatan kesehatan.

Eceng gondok juga mulai dimanfaatkan dalam industri kosmetik dan kecantikan, misalnya sebagai pewangi rambut. Selain itu, Ekstrak eceng gondok dapat dibuat menjadi pelarut yang da[at diterima secara klinis dan digunakan untuk pengobatan gangguan lipid atau untuk megobati pasien yang memiliki lemak di hatinya.Akan tetapi dengan banyaknya manfaat eceng gondok bagi kesehatan, Anda harus tetap mengutamakan kehati-hatian dalam menggunakan eceng gondok agar mendapatkan keuntungan bukan kerugian. Lebih baik mengkonsultasikan terlebih dahulu ke ahli di bidangnya.

10. Manfaat Eceng Gondok dalam Bidang Sosial Ekonomi Pedesaan

Eceng gondok dapat dimanfaatkan karena dapat diolah menjadi tali dan benang dari batangnya. Ini dapat diolah lebih lanjut yang nantinya dapat menjadi keranjang, topi, tikar dan bahkan furnitur lainnya.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.