Sukses

6 Cara Mengatasi Sakit Pinggang, Pahami Penyebab dan Gejalanya

Liputan6.com, Jakarta Low back pain atau sakit pinggang merupakan kondisi sakit pada punggung bagian bawah. Umumnya penderita sakit pinggang sering mengalami rasa sakit yang hilang timbul maupun terus menerus, bahkan sakitnya akan terasa pada salah satu sisi pinggang atau keduanya. Sakit pinggang yang sampai membuat nyeri pasti akan mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi sakit pinggang yang mudah juga aman dilakukan. 

Ketika Anda memiliki kebiasaan melakukan aktivitas-aktivitas yang berat hingga memaksamu untuk berdiri dan duduk terlalu lama, maka pinggangmu akan terasa nyeri. Jika sudah seperti ini, maka cara mengatasi sakit pinggang yang paling umum dan sering dilakukan adalah berbaring atau rebahan untuk meredakan sakit pinggang. Karena itu saat berada dalam kondisi seperti ini, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyebab sakit pinggang juga cara mengatasi sakit pinggang. 

Sakit pinggang sendiri dapat bersifat ringan atau sementara, artinya mudah untuk dihilangkan atau diatasi rasa nyerinya. Sementara untuk beberapa kasus tertentu, sakit pinggang bisa sampai mengganggu aktivitas. Alangkah baiknya bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi sakit pinggang yang aman serta tidak menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan. 

Berikut ini cara mengatasi sakit pinggang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Pinggang

Low back pain atau sakit pinggang merupakan kondisi sakit pada punggung bagian bawah, dan salah satu penyebab sakit pinggang umum terjadi adalah cedera otot atau sendi di area pinggang. Kondisi ini bisa terjadi akibat posisi tubuh yang salah, mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan secara berulang. Sakit punggung bawah ini juga dapat disebabkan oleh gangguan organ ginjal, infeksi, atau masalah tulang belakang.

Sebelum mengetahui cara mengatasi sakit pinggang, Anda perlu tahu tentang faktor risiko yang bisa menyebabkan sakit pinggang, selain usia yang bertambah, kelebihan berat badan serta sering mengangkat barang-barang berat juga duduk dalam rentang waktu yang lama menjadi pemicu utama sakit pinggang. Meskipun bukan termasuk dalam penyakit yang berbahaya, sakit pinggang tidak bisa kamu remehkan karena akan mengganggu produktivitas sehari-hari. 

- Cedera pada otot pinggang, karena gerak pinggang yang tiba-tiba dan berulang

- Duduk terlalu lama, terutama bila salah posisi duduk dan kursi yang diduduki tidak nyaman

- Sering membawa tas punggung yang terlalu berat.

Selain itu, penyebab gangguan pada organ di tulang belakang, seperti: 

- Peradangan pada sendi di tulang belakang.

- Saraf kejepit akibat penonjolan bantalan tulang belakang (hernia nukleus pulposus).

- Pengikisan bantalan tulang belakang akibat proses penuaan.

- Penyempitan ruas tulang belakang atau stenosis spinal, serta gangguan pada organ tubuh lain seperti infeksi ginjal, batu ginjal, usus buntu, pankreatitis, endometriosis, kisat ovarium, miom. juga menjadi penyebab sakit pinggang. 

3 dari 4 halaman

Gejala Sakit Pinggang

Berikut ini adalah beberapa gejala umum yang terjadi saat sakit pinggang, meliputi:

- Pinggang yang sering terasa kaku dan kebal.

- Mengalami nyeri dipinggang menyebabkan tubuh sulit untuk bergerak dan berdiri tegak.

- Tungkai terasa lemah atau mati rasa, semua itu juga tergantung pada letak saraf yang terjepit.

- Merasakan nyeri yang menjalar dari pinggang sampai bagian bokong dan kaki.

- Mengalami nyeri semakin parah ketika berjalan, membungkuk, duduk terlalu lama, ataupun mengangkat beban berat.

- Adanya rasa sakit yang dirasakan kadang memburuk di malam hari.

Selain itu, ada gejala lain yang timbul, serta perlu mendapatkan penanganan dari pihak kesehatan adalah: 

- Tungkai terasa lemah, serta pinggang terasa sakit saat buang air kecil. 

- Paha mati rasa.

- Kondisi berat badan naik ataupun turun secara drastis.

- Demam serta mengalami gangguan buang air kecil dan air besar.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Adapun cara mengatasi sakit pinggang yang dipaparkan oleh Wilson Ray, MD, kepala bedah tulang belakang untuk Departemen Bedah Neurologis di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis, diantaranya: 

1. Terus bergerak

Cara mengatasi sakit pinggang yang bisa dilakukan secara alami dan aman adalah menggerakan otot tubuh. Cobalah untuk mengikuti tingkat aktivitas dan gerakan harian seperti yang biasa Anda lakukan, bisa berupa jalan cepat selama 30 menit, melakukan olahraga dan peregangan singkat. Karena ketika Anda tidak melakukan aktivitas, memungkinkan otot-otot di sekitar tulang belakang dan punggung menjadi lemah dan menyebabkan rasa sakit jangka panjang

2. Melakukan peregangan 

Otot yang kuat, terutama di inti perut Anda, akan sangat membantu menopang punggung. Oleh karena itu, dengan kekuatan dan fleksibilitas dapat membantu meringankan rasa sakit dan mencegahnya. Caranya cukup mudah, hanya dengan melakukan peregangan dan melakukan latihan penguatan di kemudian hari saat tubuh Anda melakukan pemanasan. Yoga, Pilates, dan tai chi, serta berbaring tengkurap dan mengangkat kaki dan tangan Anda dalam posisi terbang akan membantu meredakan sakit pinggang. 

3. Jaga postur tubuh yang baik

Dengan menjaga postur tubuh, akan membantu meringankan tekanan pada punggung bawah, ketika Anda menggunakan selotip, tali pengikat, atau karet gelang untuk membantu menjaga tulang belakang tetap sejajar maka usahakan agar kepala Anda tetap terpusat di atas panggul Anda. Jangan membungkukkan bahu atau menjulurkan dagu ke depan. Jika Anda bekerja di depan layar, letakkan tangan Anda secara merata di atas meja atau meja, dan jaga agar mata Anda tetap sejajar dengan bagian atas layar. Dengan cara ini, maka akan membantu untuk mengatasi sakit pinggang yang berlebihan. 

4. Berhenti merokok

Penelitian menunjukkan bahwa jika merokok, maka kemungkinan empat kali untuk lebih terkena penyakit cakram degeneratif atau masalah tulang belakang lainnya daripada bukan perokok. Nikotin dalam rokok dan produk tembakau lainnya dapat melemahkan tulang belakang Anda dan menghilangkan nutrisi penting dari cakram spons yang melindungi sendi Anda. Tulang belakang yang sehat membuat punggung Anda fleksibel dan otot-ototnya tidak kaku dan sakit.

5. Kompres dengan es

Cara untuk menghilangkan sakit punggung dengan mengkompres bagian yang sakit menggunakan es. Bungkuslah es dengan handuk lalu kompreslah bagian yang sakit selama kurang lebih 20 menit, kemudian ulangilah setiap 2 sampai 3 jam sekali. Biasanya, es paling baik jika punggung Anda terganggu akibat pembengkakan atau peradangan.

6. Konsumsi obat-obatan

Cara mengatasi sakit pinggang juga bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat-obatan. Anda bisa mengonsumsi paracetamol untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Selain itu bisa mengoleskan krim pereda nyeri otot pada bagian pinggang yang terasa sakit untuk membantu meredakan rasa sakitnya. Obat-obatan yang bisa digunakan tersebut seperti:

- Obat pelemas otot seperti baclofen

- Suntik Kartikosteroid

- Antidepresan jenis trisiklik atau SNRI.

- Antibiotik, bila terjadi infeksi (misalnya infeksi ginjal).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS