Sukses

Salah Satu Alternatif Pemanfaatan Sisa-Sisa Kertas adalah Dibuat Bubur Kertas

Liputan6.com, Jakarta Salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas. Pembuatan bubur kertas ini tidak sulit. Selain itu kamu juga bisa membuat berbagai bentuk, seperti topeng hingga patung.

Membuat bubur kertas ini bisa meningkatkan kreativitas kamu, karena kamu melakukannya dengan membentuk bubur kertas tersebut menjadi sebuah benda. Bubur kertas adalah kertas yang telah dihancurkan dan direndam dengan air sekurang-kurangnya 24 jam.

Salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas. Kamu bisa membuat bubur kertas dengan bahan kertas koran atau kertas biasa, tepung kanji, kawat kasa, lem, dan lain sebagainya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022) tentang salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Topeng dari Bubur Kertas

Salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas, yaitu dengan membuat topeng. Kamu bisa mengikuti cara membuat topeng dari bubur kertas dengan desain sesuai selera kamu.

Alat dan Bahan:

- Balon

- Kertas koran

- Lem kanji, Lem pralon

- Kertas karton

- Selotip

- Cat minyak

Cara membuat topeng dari bubur kertas:

1. Buatlah adonan lem kanji, kemudian campurkan 10 gram tepung kanji ke dalam 1 ½  gelas air sambil diaduk rata.

2. Panaskan di atas api sampai mengental, lalu tiup balon sebesar ukuran kepala.

3. Sobek kertas karton dengan ukuran kurang lebih 3 cm x 6 cm.

4. Rendamlah sobekan kertas karton pada adonan lem kanji dan tempelkan pada balon hingga menutup seluruh permukaan.

5. Jika sudah mengering tempelkan lagi kertas karton. Biarkan sampai mengering dan tempelkan sampai 9 lapisan.

6. Jika sudah mengeras dan mengering, letuskan balon dengan jarum. Lalu potong bagian tepi balon dan cat permukaan topeng dengan warna dasar, seperti putih.

7. Gambar wajah topeng termasuk mata, hidung, dan pipi. Lalu lubangi bagian matanya.

8. Kemudian, buat bagian mata, alis, hidung, dan pipi lebih menonjol dengan membuat adonan yang sama. Jika perlu campurkan dengan lem pralon encer.

9. Tunggu sampai lem mengering.

10. Jika sudah, cat dengan warna sesuai selera dan pasang dua karet gelang pada sisi kanan dan kiri agar topeng dapat digunakan. Bisa juga gunakan pita agar hasilnya lebih estetik.

11. Topeng dari kertas karton bubur siap digunakan.

Jadi, salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas dengan membuat topeng.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Topeng dari Bubur Kertas Karakter Kartun

Salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas. Kamu juga bisa membuat topeng karakter. Salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas ini bisa dipraktikkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Alat dan Bahan:

- Balon

- Kertas koran

- Lem kanji, lem pralon

- Kertas karton

- Selotip

- Cat minyak

Cara membuat topeng dari bubur kertas:

1. Buatlah adonan lem kanji.

2. Campurkan 12 gram tepung kanji ke dalam kurang lebih 1 ½  gelas air sambil diaduk rata.

3. Panaskan di atas api sampai mengental sambil tiup balon sebesar ukuran kepala.

4. Sobek kertas karton dengan ukuran kurang lebih 3 cm x 6 cm.

5. Rendamlah sobekan kertas karton pada adonan lem kanji dan tempelkan pada balon hingga menutup seluruh permukaan. Tambahkan bagian atas ujung kanan dan kiri untuk bagian telinganya. Buat menyerupai telinga anjing, kelinci, atau panda.

6. Jika sudah mengering tempelkan lagi kertas karton.

7. Biarkan sampai mengering dan tempelkan sampai 9 lapisan.

8. Jika sudah mengeras dan mengering, letuskan balon dengan jarum.

9. Lalu potong bagian tepi balon dan cat permukaan topeng dengan warna dasar seperti putih.

10. Gambar wajah topeng termasuk mata, hidung, dan pipi sesuai selera.

11. Buat bagian mata, alis, hidung, dan pipi lebih menonjol dengan membuat adonan yang sama. Jika perlu campurkan dengan lem pralon encer.

12. Tunggu sampai lem mengering.

13. Jika sudah, cat berwarna sesuai selera dan pasang dua karet gelang pada sisi kanan dan kiri agar topeng dapat digunakan. Bisa juga gunakan pita agar lebih estetik hasilnya.

14. Topeng dari bubur kertas karakter kartun sudah bisa kamu pakai.

Jadi, salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas dengan membuat topeng karakter ini.

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Patung dari Bubur Kertas

Salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas, dengan menjadikannya patung. Hal ini tentu cukup rumit, tapi menarik untuk dipraktikkan. Salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas ini bisa dipraktikkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Alat dan Bahan:

- Kertas koran atau kertas biasa

- Tepung kanji

- Kawat kasa

- Tang

- Gunting

- Air

- Baskom

- Cat semprot

- Alas kardus atau triplek

Cara membuat patung dari bubur kertas:

1. Siapkan seluruh alat dan bahan. Rendam kertas ke dalam air. Selanjutnya, tunggu hingga kertas menjadi lunak.

2. Sembari menunggu kertas menjadi lunak, kamu bisa membuat kerangka dari kawat kasa yang dibentuk sesuai keinginanmu, seperti bentuk hewan, bangunan, atau bentuk lainnya. Penggunaan kawat kasa agar proses pengerjaan lebih mudah, sebab untuk memotong kawat kasa cukup dengan menggunakan gunting dan karakter kawat kasa lebih mudah dibentuk.

3. Kembali ke kertas yang telah direndam. Jika sudah benar-benar lunak, selanjutnya remas-remas kertas yang telah direndam tersebut hingga menjadi seperti bubur, dan umumnya semakin lama kertas direndam maka akan semakin lunak teksturnya.

4. Proses selanjutnya, kamu bisa mulai membuat lem dengan menggunakan tepung kanji sebagai bahan dasarnya. Caranya cukup mudah, yaitu kamu bisa dengan merebus tepung kanji ke dalam air secukupnya. Sembari direbus, jangan lupa untuk mengaduk adonan tepung kanji terus menerus hingga seluruh adonannya laurt merata dan mulai memiliki tekstur layaknya lem. Proses pengadukan tersebut bertujuan agar hasil akhir lem dari tepung kanji tidak menggumpal.

5. Setelah lem kanji sudah jadi, selanjutnya campurkan lem kanji dan bubur kertas yang telah kamu buat tadi. Pastikan kedua bahan dicampur sampai merata. Sebab, jika terlalu banyak lem kanji akan membuat patung menjadi susah untuk kering. Dan apabila lem penggunaan lem kanji terlalu sedikit, maka akan membuat patung tersebut menjadi mudah retak.

6. Pada tahap ini, kamu dapat mulai melumuri kerangka yang telah dibuat tadi dengan seluruh bahan campuran lem kanji dan bubur kertas tersebut. Dan pastikan semua kerangka yang kamu buat sudah tertutup rata.

7. Jika proses melumuri semua kerangka sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah proses pengeringan adonan bubur kertas dan lemb kanji. Namun jangan mengeringkannya dengan cara dijemur. Sebab, penjemuran tersebut akan menyebabkan patung ini menjadi retak.

8. Apabila seluruh patung sudah mengering, maka kamu bisa melanjutkan prosesnya ke bagian pewarnaan. Tapi, jangan lupa untuk memberi alas sebelum melakukan pengecetan dengan cat semprot.

9. Untuk memulai proses pewarnaan, kamu bisa mewarnai patung dengan lapisan dasar yaitu warna hitam untuk warna yang lebih gelap, atau putih jika warna lapisan selanjutnya lebih cerah.

10. Selanjutnya, setelah cat semprot tersebut sudah mengering, kamu bisa mulai mengecatnya dengan warna lain sesuai selera.

11. Tunggu hingga cat mengering, dan patung dari bubur kertas milikmu siap dipajang di tempat yang sudah kamu siapkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS