Sukses

11 Cara Menghilangkan Kapalan dengan Mudah, Bisa Dicoba di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Kapalan merupakan area kulit yang keras dan tebal dan seringnya membuat seseorang yang memilikinya akan merasa tidak nyaman. Meskipun demikian, cara menghilangkan kapalan dapat dilakukan dengan beberapa perawatan rumahan. Kapalan seringkali ditemukan di tumit, telapak tangan jari kaki dan lutut.

Kapalan biasanya disebabkan karena beberapa hal, termasuk karena mengenakan sepatu yang tidak pas atau terlalu ketat, bertelanjang kaki, merokok dan mungkin karena bermain alat musik.  Satu hal yang juga perlu diketahui, dilansir dari majalah GQ, bahwa tidak semua kapalan buruk. Kapalan merupakan bentuk pertahanan alami tubuh terhadap gesekan dan tekanan sehingga melindungi kulit dari paparan iritasi atau patah.

Meskipun kapalan tidak mengindikasikan masalah medis yang perlu perawatan darurat, tetapi kebanyakan orang tidak ingin memilikinya. Selain tidak nyaman, kapalan juga tidak sedap dipandang dan kotor jika dibiarkan tidak terkendali. Banyak cata menghilangkan kapalan yang dapat Anda coba dengan mudah.

Akan tetapi, jangan gunakan benda tajam untuk menghilangkan atau mengurangi kapalan meskipun beberapa cara menghilangkan kapalan mungkin akan membutuhkan waktu dan kesabaran. Hal tersebut karena menggunakan benda tajam dapat melukai kulit dan menyebabkan pendarahan atau bahkan infeksi. Berikut Liputan6 rangkum dari Healthline dan berbagai sumber tentang cara menghilangkan kapalan melalui beberapa perawatan rumahan, pada Jum’at (22/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kapalan

1. Merendamnya dalam Air Hangat

Cara menghilangkan kapalan yang pertama adalah dengan merendamkan area kapalan dalam air hangat selama sekitar 20 menit. Setelah itu, Anda dapat mengeringkan kulit dengan handuk dan gosok lapisan kapalan dengan lembut menggunakan jari-jari Anda. Setelah beberapa kali rendaman, mungkin Anda dapat menghilangkan kapalan sepenuhnya. Cara ini adalah cara menghilangkan kapalan pertama dan paling mudah yang direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology.

2. Bantalan Non-Obat

Anda dapat menggunakan bantalan, yang terdiri dari kain kempa, silikon dan perekat lembut ke area yang terkena kapalan di bawah kaus kaki, sepatu, sarung tangan atau kemeja. Bantalan ini akan menjaga kapalan Anda tidak teriritasi ketika sembuh. Mayo Clinic juga menyarankan agar tidak menggunakan bantalan obat yang mengandung asam salisilat, bahan yang dapat mengiritasi dan menembus ke kulit

3. Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan asam yang dapat melembutkan area kulit yang keras karena kapalan. Cara menghilangkan kapalan yang satu ini dapat Anda coba dengan mencampurkan dengan perbandingan cuka apel dan air sebesar 1:4. Kemudian, rendam area yang kapalan pada larutan tersebut selama sekitar 20 menit. Setelah itu Anda bisa untuk mengelupasnya dengan lembut dan sabar jangan sampai menyebabkan infeksi karena terlalu keras menarik.

4. Minyak Jarak

Minyak memiliki kandungan yang membuatnya menjadi pelumas kulit alami. Anda dapat mencoba cara menghilangkan kapal yang satu ini dengan mencampur air hangat dengan lima sendok makan minyak jarak. Buatlah yang cukup untuk melumasi kulit yang keras dan menenangkan area yang terkena kapalan.

5. Batu Apung

Ketika Anda memiliki kapalan di bawah kaki atau siku, maka Anda dapat menggunakan batu apung untuk menghilangkannya. Setelah merendam area yang terdapat kapalan, Anda dapat menggosok batu apung dengan gerakan memutar ke area kapalan. Akan tetapi, tidak disarankan bagi Anda untuk mengelupas seluruh kapalan sekaligus. 

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kapalan

5. Garam Epsom

Garam epsom berfungsi sebagai eksofoliator. Butiran halus garam yang larut akan melemaskan otot-otot sekaligus menenangkan kulit Anda. Anda dapat bersantai sambil menyingkirkan kapalan. Cara menghilangkan kapalan dengan garam epsom dapat dilakukan dengan mencampur dua hingga tiga sendok makan garam epsom dalam baskom atau semangkuk air hangat. Lalu rendamlah bagian yang kapalan tersebut.

6. Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan anti bakteri, anti jamur dan antiseptik alami. Anda dapat memanfaatkan tea tree oil sebagai cara menghilangkan kapalan dengan menuangkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam baskom yang berisi air hangat, lalu rendam bagian yang kapalan sampai merasa kulit mulai lembut. Anda tidak disarankan merendam bagian yang terkenal kapalan dalam larutan ini lebih dari 15 menit karena minyak pohon teh sangat kuat dan mungkin dapat merusak lapisan kulit jika terlalu lama.

7. Soda Kue dan Jus Lemon

Cara menghilangkan kapalan yang selanjutnya adalah dengan menggabungkan komponen asam (jus lemon) dengan komponen kimia (soda kue). Hal ini dilakukan untuk merangsang reaksi agar kapalan lebih mudah dibuang. Untuk melakukan ini, Anda perlu menyiapkan air hangat, dua hingga tiga sendok makan jus lemon. Setelah beberapa menit, Anda dapat merendam bagian kapalan ke dalam larutan tersebut dan dapat menambahkan soda kue ke dalamnya.  

Ada cara lain juga yang dapat dicoba dengan soda kue dan jeruk nipis, seperti mencampurkan dua sendok makan air dengan air, lalu tambahkan beberapa tetes jeruk nipis. Oleskan pasta ke area kapalan, tutup dengan kaus kaki, sarung tangan atau perban kasa. Ulangi ini setiap malam sampai kapalan hilang.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah dan Menghilangkan Kapalan

9. Krim Pelembut Kulit

Untuk menghilangkan kapalan, Anda juga dapat mencoba dengan mengaplikasikan beberapa krim pelembab kental atau petroleum jelly ke area kulit yang kapalan dan biarkan semalaman. Hal ini akan melembutkan area kapalan dan mencegah kulit kering. Menggunakan sarung tangan atau kaus kaki katun setelah mengaplikasikan pelembab juga akan membantu mengunci kelembaban.

10. Ampelas

Menggunakan ampelas yang halus dan lembut dapat membantu Anda menghilangkan kapalan. Sebaiknya rendam area yang terkena kapalan terlebih dahulu sebelum menggosoknya dengan ampelas ini. Gosoklah dengan halus dan jangan terlalu kuat.

11. Menggunakan Remover Kalus atau File Kaki

File kaki adalah alat untuk mengelupas kulit. File biasanya memiliki parut logam dan pegangan karet atau plastik. Alat ini dapat Anda gunakan setelah merendam kaki atau setelah mandi. Anda juga dapat mencoba cara menghilangkan kapalan dengan remover kalus bertenaga baterai yang membantu mengampelas sel-sel kulit mati. Alat ini mungkin tidak akan menyelesaikan kapalan sepenuhnya, tetapu jika Anda memiliki memar kapalan, ini bisa membantu memecahnya dengan cepat.

Pencegahan yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari kapalan adalah dengan menjaga kaki tetap lembab, menggunakan sepatu yang pas atau Anda juga dapat menggunakan batu apung secara teratur untuk membuang kulit mati. Meskipun cara-cara menghilangkan kapalan tersebut dapat dicoba di rumah, bagi Anda yang menderita diabetes, terutama yang memiliki neuropati perifer ata penyakit arteri perifer harus menghindari mengobati kapalan sendiri dan lebih baik bekonsultasi ke dokter atau yang ahli di bidangnya. Hal ini karena mereka memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami cidera kulit dan saraf.

 

Reprter magang : Friska Nur Cahyani

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS