Sukses

9 Manfaat Berpikir Kritis, Pentingnya dalam Kehidupan dan Cara Mengembangkannya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat berpikir kritis dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Berpikir kritis sendiri merupakan salah soft skill yang penting untuk dimiliki saat ini, pasalnya, softskill ini dapat berpengaruh besar dalam pengambilan keputusan terhadap berbagai aspek kehidupan.

Berpikir kritis merupakan soft skill atau kemampuan untuk berpikir secara rasional dan menganalisis permasalahan yang dihadapi secara objektif, kemudian mengevaluasi informasi yang ada dengan baik. Jadi dapat disimpulkan manfaat berpikir kritis yang utama adalah membantu anda dalam mengambil keputusan yang terbaik.

Dapat digunakan dalam berbagai macam aspek kehidupan, manfaat berpikir kritis tidak hanya dalam menentukan pilihan. Namun juga dapat membantu anda dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi dengan menentukan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat berpikir kritis dan pentingnya kemampuan berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari serta cara mengembangkannya. Jumat (23/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Manfaat Berpikir Kritis

Berpikir kritis baik untuk masyarakat secara keseluruhan, tetapi apa saja manfaat dari berpikir kritis pada tingkat individu? Mengapa berpikir kritis penting? Berikut ini penjelasannya:

1. Kunci Kesuksesan Karir

Berpikir kritis sangat penting untuk banyak jalur karir. Bukan hanya untuk ilmuwan, tetapi pengacara ,dokter, reporter, insinyur , akuntan, dan analis, namun semua pekerjaan harus menggunakan pemikiran kritis dalam posisi mereka. Faktanya, menurut World Economic Forum, berpikir kritis adalah salah satu keterampilan yang paling diinginkan di dunia kerja, karena membantu menganalisis informasi, berpikir di luar kotak, memecahkan masalah dengan solusi inovatif, dan merencanakan secara sistematis.

 

2. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Manfaat berpikir kritis yang selanjutnya adalah untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Tidak diragukan lagi pemikir kritis membuat pilihan terbaik. Berpikir kritis membantu kita menghadapi masalah sehari-hari saat masalah itu menghampiri kita, dan sangat sering proses berpikir ini bahkan dilakukan secara tidak sadar. Ini membantu kita berpikir secara mandiri dan mempercayai firasat kita.

 

3. Bentuk Opini yang Diinformasikan dengan Baik

Tidak ada kekurangan informasi yang datang kepada kami dari semua sudut. Dan itulah mengapa kita perlu menggunakan keterampilan berpikir kritis kita dan memutuskan sendiri apa yang harus dipercaya. Berpikir kritis memungkinkan kita untuk memastikan bahwa pendapat kita didasarkan pada fakta, dan membantu kita memilah-milah semua kebisingan ekstra itu.

3 dari 6 halaman

Manfaat Berpikir Kritis

4. Meningkatkan Hubungan

Meskipun anda mungkin yakin bahwa menjadi pemikir kritis pasti akan menyebabkan anda bermasalah dalam hubungan, sesungguhnya ini adalah pemikiran yang salah. Karena dengan menjadi seorang pemikir kritis dapat memungkinkan anda untuk lebih memahami perspektif orang lain, dan dapat membantu anda menjadi lebih berpikiran terbuka terhadap pandangan yang berbeda dari orang-orang disekitar anda.

 

5. Memungkinkan Untuk Kreativitas

Manfaat berpikir kritis yang berikutnya adalah untuk meningkatkan kreativitas. Pemikir kritis juga merupakan pemikir yang sangat kreatif, dan melihat diri mereka tidak terbatas dalam hal kemungkinan. Mereka terus mencari untuk mengambil sesuatu lebih jauh dan luas untuk mendapatkan pemikiran yang tepat.

 

6. Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah

Mereka yang memiliki keterampilan berpikir kritis cenderung memecahkan masalah sebagai bagian dari naluri alami mereka. Pemikir kritis lebih sabar dan berkomitmen untuk memecahkan masalah, mirip dengan Albert Einstein, salah satu contoh orang yang berpikir kritis, yang mengatakan bahwa “Bukan karena saya begitu pintar, hanya saja saya bertahan dengan masalah lebih lama.”

4 dari 6 halaman

Manfaat Berpikir Kritis

7. Keterampilan Hidup yang Penting

Berpikir kritis sangat penting tidak hanya untuk belajar, tetapi untuk kehidupan secara keseluruhan. Pendidikan bukan hanya cara untuk mempersiapkan diri kita untuk hidup, tetapi itu adalah kehidupan itu sendiri. Belajar adalah proses seumur hidup yang kita lalui setiap hari.

 

8. Aktivitas Untuk Pikiran

Sama seperti otot kita, agar menjadi kuat, pikiran kita juga perlu dilatih dan ditantang. Aman untuk mengatakan bahwa berpikir kritis hampir seperti aktivitas untuk pikiran dan itu perlu dipraktikkan. Berpikir kritis mendorong pengembangan banyak keterampilan penting seperti pemikiran logis, pengambilan keputusan, dan pikiran terbuka.

 

9. Bisa Membuat Anda Lebih Bahagia

Meskipun hal ini sering tidak diperhatikan, berhubungan dengan diri sendiri dan memiliki pemahaman mendalam tentang mengapa anda berpikir benar-benar dapat membuat anda lebih bahagia. Berpikir kritis dapat membantu anda lebih memahami diri sendiri, dan pada gilirannya, membantu anda menghindari segala jenis keyakinan negatif atau yang membatasi diri untuk lebih berkembang, dan lebih fokus pada kekuatan anda.

5 dari 6 halaman

Pentingnya Berpikir Kritis

Lalu mengapa berpikir kritis itu penting bagi kehidupan? Berikut adalah beberapa alasan mengapa sangat penting untuk memiliki keterampilan ini.

1. Berpikir Kritis Itu Universal

Berpikir kritis adalah keterampilan berpikir yang umum. Yang artinya, apa pun jalur atau profesi yang anda kejar, keterampilan ini akan selalu relevan dan akan selalu bermanfaat bagi kesuksesan anda. Kemampuan ini tidak spesifik untuk bidang apa pun.

2. Penting Bagi Perekonomian

Masa depan kita bergantung pada teknologi, informasi, dan inovasi. Pemikiran kritis diperlukan untuk ekonomi kita yang tumbuh cepat, untuk memecahkan masalah secepat dan seefektif mungkin.

3. Meningkatkan Keterampilan Bahasa dan Presentasi

Untuk mengekspresikan diri dengan baik, kita perlu tahu cara berpikir jernih dan sistematis, yang artinya kita perlu berlatih berpikir kritis. Berpikir kritis juga berarti mengetahui cara memecah teks, dan pada gilirannya, meningkatkan kemampuan kita untuk memahami. 

4. Mempromosikan Kreativitas

Dengan berlatih berpikir kritis, kita membiarkan diri kita tidak hanya memecahkan masalah tetapi juga memunculkan ide-ide baru dan kreatif untuk melakukannya. Berpikir kritis memungkinkan kita untuk menganalisis ide-ide lain dan menyesuaikannya.

5. Penting Untuk Refleksi Diri

Kita membutuhkan keterampilan ini untuk merefleksikan diri dan membenarkan cara hidup dan pendapat kita. Berpikir kritis memberi kita alat untuk mengevaluasi diri kita sendiri dengan cara yang kita butuhkan.

6. Dasar Ilmu dan Demokrasi

Untuk memiliki demokrasi dan untuk membuktikan fakta ilmiah, kita membutuhkan pemikiran kritis di dunia. Teori harus didukung dengan pengetahuan. Agar masyarakat berfungsi secara efektif, warganya perlu membangun opini tentang apa yang benar dan salah, yang mana hal ini diperoleh dengan berpikir kritis.

6 dari 6 halaman

Cara Mengembangkan Pemikiran Kritis

Menjadi salah satu kemampuan yang penting di setiap aspek kehidupan, terdapat beberapa tips dan cara mengembangkan pemikiran kritis. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Tentukan Pertanyaan Anda. Ketika berbicara tentang pemikiran kritis, penting untuk selalu mengingat tujuan anda. Ketahui apa yang ingin anda capai, lalu cari tahu cara terbaik untuk mencapainya.

2. Kumpulkan Informasi yang Dapat Diandalkan. Pastikan anda menggunakan sumber yang dapat anda percayai, dan pastikan untuk selalu mengesampingkan bias.

3. Ajukan Pertanyaan yang Tepat. Kita semua tahu pentingnya pertanyaan, tetapi pastikan bahwa anda mengajukan pertanyaan yang tepat yang akan membawa anda ke jawaban yang anda inginkan.

4. Lihat Jangka Pendek dan Jangka Panjang. Saat anda menemukan solusi, pikirkan konsekuensi jangka pendek dan jangka panjangnya. Sebelum anda mengambil keputusan.

5. Jelajahi Semua Sisi. Tidak pernah hanya ada satu jawaban sederhana, dan tidak ada yang hitam atau putih. Jelajahi semua opsi dan pikirkan di luar kotak sebelum anda sampai pada kesimpulan apa pun dan mengambil keputusan.

 

Demikian informasi mengenai manfaat berpikir kritis dan pentingnya penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Cara mengembangkan pemikiran kritis juga dapat dicoba dalam berbagai aspek kehidupan dan masalah yang ditemui.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS