Sukses

13 Obat Panu Alami Paling Ampuh, Hilang dengan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Panu mungkin bukan jenis penyakit yang akan mengancam hidup manusia. Namun bercak-bercak putih yang ditimbulkan kadang membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Apalagi, panu juga dapat menimbulkan gejala berupa gatal yang sering membuat tidak nyaman.

Untuk mengatasi masalah panu di kulit, sebenarnya sudah ada banyak obat panu yang dijual dipasaran, mulai dari bentuk cream, cairan, bahkan tablet untuk diminum. Hanya saja beberapa orang yang memiliki kulit sensitif akan memiliki risiko iritasi jika menggunakan obat panu yang ada di pasaran.

Namun tenang saja, ada obat panu alami paling ampuh yang dapat menghilangkan panu di kulit dengan cepat. Bahkan beberapa di antara obat panu alami paling ampuh ini, bisa menghilangkan panu hanya dalam waktu sehari.

Maka tidak mengherankan jika obat panu alami paling ampuh ini masih dipercaya banyak orang untuk mengatasi masalah kulit. Apalagi, obat panu alami paling ampuh ini dibuat dengan bahan alami, jadi risiko kulit mengalami alergi atau iritasi bisa ditekan.

Namun sebelum terlalu jauh membahas mengenai opat panu paling ampuh, penting bagi kita untuk mengetahui kondisi seperti apa panu itu, dan apa saja gejalanya, seperti yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Apa itu panu?

Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Saat mengalami panu, pada kulit akan muncul bercak-bercak putih, coklat, merah, ataupun hitam disertai dengan rasa gatal-gatal. Penyebab panu adalah jamur bernama Malessezia. Biasanya panu timbul pada area kulit yang sering berkeringat, yaitu wajah, leher, dada, ketiak, lengan, punggung, perut, lipatan paha, juga tangan.

Perlu diketahui, panu bukanlah tergolong penyakit yang menular. Namun jika dibiarkan bercak putih bisa semakin melebar di sekujur tubuh. Selain itu, jika bercak putih ini sampai ke bagian tubuh yang terlihat, tentunya akan memengaruhi kondisi kepercayaan diri seseorang.

Penyebab Panu

Panu disebabkan oleh jamur Malassezia. Menurut Healthline, jenis jamur ini sebenarnya banyak hidup di kulit dam membantu melindungi kulit dari infeksi. Jamur Malassezia hidup berdampingan dengan sel-sel tubuh dalam hubungan simbiotik, dengan sel-sel kulit dan organisme kecil yang saling mendukung dan saling menguntungkan.

Namun, terkadang jenis jamur ini bisa tumbuh di luar kendali dan memengaruhi pigmentasi kulit. Ketika pertumbuhan jamur Malassezia tidak terkontrol kulit akan mengembangkan bercak kulit yang lebih terang dari kulit di sekitarnya. Kondisi inilah yang disebut dengan tinea versikolor atau panu.

Kondisi ini terjadi ketika jenis ragi jamur dari keluarga Malassezia menyebabkan infeksi atau menekan sistem kekebalan tubuh. Jadi, inilah penyebab panu yang perlu kamu pahami. Selain itu, ada beberapa faktor penyebab panu yang perlu kamu ketahui.

3 dari 6 halaman

Faktor Pemicu Munculnya Panu

Penyebab utama panu tak lain adalah pertumbuhan jamur Malassezia yang tak terkendali. Pertumbuhan jamur ini bisa semakin parah dan menimbulkan bercak-bercak putih ketika dipicu oleh sejumlah faktor berikut:

Cuaca panas. Cuaca panas menjadi salah satu faktor utama penyebab panu. Kulit yang sering terpapar panas dan kelembapan tinggi cenderung lebih tinggi risikonya terkena panu. Ini juga bisa terjadi pada wajah yang tidak dilindungi oleh tabir surya.

Keringat berlebih. Kulit yang berkeringat cenderung memiliki kelembapan dan panas tinggi. Ini bisa menjadi penyebab panu yang menyebabkan pertumbuhan jamur berlebih pada kulit. Keringat berlebih bisa timbul setelah berolahraga, melakukan aktivitas berat, atau kondisi kesehatan tertentu. Jika memiliki keringat berlebih, segera bersihkan wajah.

Kulit berminyak. Selain berkeringat, kulit berminyak juga bisa menjadi penyebab panu. Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah zat lilin, berminyak yang melindungi dan melembabkan kulit. Kulit berminyak bisa disebabkan oleh genetik, usia, lingkungan, dan produk perawatan kulit.

Perubahan hormon. Panu juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon. Remaja sering mengalami fluktuasi hormon, sehingga remaja mungkin lebih berisiko terkena tinea versikolor. Namun, perubahan hormon juga bisa terjadi pada orang dewasa karena kondisi tertentu seperti kehamilan atau konsumsi obat tertentu.

Sistem imun yang lemah. Sistem imun yang lemah dapat menyebabkan pertumbuhan jamur berlebih pada kulit. Ini membuat kulit lebih rentan terkena infeksi jamur. Sistem imun yang lemah disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu atau konsumsi obat-obatan tertentu.

Namu jangan khawatir. Pada dasarnya, panu adalah kondisi yang bisa diatasi dengan obat panu alami paling ampuh. Obat ini direkomendasikan untuk mengatasi panu karena dibuat dengan bahan alami, sehingga menurunkan risiko iritasi dan alergi pada kulit.

4 dari 6 halaman

Obat Panu Alami Paling Ampuh

1. Bawang Putih

Bawang putih memang lebih dikenal sebagai bumbu yang umum digunakan sebagai penyedap masakan. Namun perlu diketahui bahwa bawang putih juga merupakan salah satu obat panu alami paling ampuh yang bisa Anda coba gunakan untuk mengatasi masalah kulit.

Untuk mengobati panu yang baru muncul, ambil bawang putih yang sudah dikupas kulitnya, potong menjadi dua. Oleskan daging bawang putih ke kulit yang terkena panu. Lakukan secara teratur tiga kali sehari setelah kulit dibersihkan atau setelah mandi hingga panu hilang.

2. Bawang Putih dan Daun Jintan

Sudah tidak diragukan lagi jika bawang putih adalah salah satu obat panu alami paling ampuh. Menambahkan bahan bawang putih dengan daun jintan akan meningkatkan dampaknya.

Untuk panu yang sudah menyebar dan membuat ruam putih yang luas, haluskan 3 siung bawang putih yang dicampur dengan tumbukan 5 lembar daun jinten. Jika perlu, tambahkan sedikit minyak kelapa. Aduk rata lalu oleskan pada kulit yang terkena panu. Lakukan teratur dua kali sehari hingga panu sembuh.

3. Belimbing Wuluh

Siapa sangka buah yang rasanya sangat masam ini juga tergolong ke dalam obat panu alami paling ampuh. Untuk mengobati panu, ambil beberapa butir belimbing wuluh, dihaluskan, campur dengan sedikit kapur sirih sebesar biji asam jawa.

Pastikan kapur sirih telah larut, lalu oleskan pada kulit yang terkena panu. Lakukan teratur dua kali sehari setelah mandi.

4. Bunga Turi dan Jahe

Kombinasi bunga turi dan jahe juga bisa menjadi obat panu alami paling ampuh. Caranya, haluskan dua tangkai bunga turi dan satu ruas jahe hingga lembut. Oleskan pada kulit yang memiliki panu setelah mandi. Lakukan teratur dua kali setiap hari.

5 dari 6 halaman

5. Kunyit

Obat panu alami paling ampuh lainnya adalah kunyit. Untuk mengaplikasikan kunyi sebagai obat panu alami paling ampuh, cuci bersih kunyit sesuai kebutuhan, kupas kulitnya lalu haluskan.

Oleskan kunyit yang sudah dihaluskan pada kulit yang berpanu dan telah dibersihkan. Lakukan teratur dua kali sehari hingga panu sembuh.

6. Jeruk Nipis

Kandungan ekstrak vitamin C jeruk nipis dan mineral pada belerang dapat ampuh membunuh kuman serta jamur yang membandel terutama panu.

Jeruk nipis dapat Anda manfaatkan untuk obat panu alami paling ampuh. Caranya, siapkan satu buah jeruk nipis dan bubuk belerang. Kemudian, potong satu buah jeruk nipis menjadi dua bagian. Lalu, celupkan potongan jeruk nipis ke dalam bubuk belerang dan oleskan pada kulit yang panuan. Lakukan pengobatan ini secara rutin hingga panu berangsur-angsur hilang.

7. Lengkuas dan Garam

Lengkuas mempunyai senyawa kuersetin, amilum dan flavonoid yang berguna untuk mengatasi bakteri serta jamur, lengkuas juga sudah banyak digunakan oleh nenek moyang kita dari dulu untuk mengatasi penyakit kulit seperti panu.

Caranya, ambilah 1 lengkuas untuk dibelah dan gunakan segi belahan lengkuas itu untuk digosokan pada panu. Agar hasil lebih maksimal kita bisa menaburkan sedikit garam di bagian luar belahan lengkuas tadi.

Gosok kulit yang terserang panu sampai kulit agak memerah dan terasa pedih. Lakukan hal sejenis itu 3 kali dalam 1 hari saja jadi panu akan menghilang dengan cepat.

8. Cara Menghilangkan Panu dengan Cuka Apel

Cuka apel mengandung zat yang berguna sebagai anti-mikroba. Kandungan senyawa antimikroba ini mampu membantu kulit untuk mengontrol pertumbuhan jamur. Dengan kata lain, cuka apel juga dapat menjadi obat panu alami paling ampuh.

Caranya, campurkan 1 sdm cuka apel dan 1 sdm air hangat. Ambil kapas lalu oleskan pada panu. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

6 dari 6 halaman

9. Lidah Buaya

Lidah buaya juga mengandung sifat anti-inflamasi dan anti-jamur. Kandungan ini bisa menghalangi pertumbuhan jamur yang semakin menyebar di bagian permukaan kulit lain. Dengan kata lain, lidah buaya juga bisa menjadi obat panu alami paling ampuh.

Caranya, ambil sepotong batang lidah buaya. Kupas bagian kulitnya hingga terlihat daging beningnya yang tebal. Oleskan pada bagian permukaan kulit yang terdapat panu. Lakukan langkah tersebut 2 kali sehari secara rutin.

10. Yogurt

Yogurt mengandung protein, protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6, dan vitamin B12 yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan probiotiknya akan mengontrol keberadaan jamur sehingga pertumbuhan jamur bisa terhambat. Dengan kata lain, yogurt bisa menjadi obat panu alami paling ampuh.

Caranya, oleskan dan diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.  Tidak hanya dioleskan, Anda juga disarankan minum 2 gelas yogurt tawar setiap harinya. Mengonsumsinya bisa membantu membasmi infeksi jamur dari dalam.

11. Tea Tree Oil

Pohon teh atau melaleuca adalah jenis tanaman yang mengandung antiseptik sangat tinggi sehingga sering digunakan untuk menyembuhkan luka. Dalam banyak penelitian telah terbukti jika tea tree oil membunuh banyak bakteri, virus, dan jamur. Dengan kata lain, Tea Tree Oil dapat menjadi obat panu alami paling ampuh yang bisa Anda gunakan.

Caranya, campurkan 1 sdt minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil, dan 5 tetes minyak lavender. Aduk rata lalu usapkan pada panu. Tambahkan minyak oregano untuk hasil yang lebih manjur.

12. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bisa menjadi obat panu alami paling ampuh. Kandungan anti bakteri yang terdapat dalam minyak kelapa mampu menghambat pertumbuhan jamur yang bisa menyebar ke permukaan kulit lainnya.

Caranya oleskan beberapa tetes minyak kelapa pada permukaan kulit yang terkena panu. Kemudian diamkan hingga mengering. Lakukan secara rutin setiap hari.

13. Minyak Oregano

Minyak oregano tentu berasal dari tumbuhan oregano. Bagian yang digunakan dalam minyak oregano adalah daun dan bunganya. Senyawa yang terkandung dalam minyak oregano adalah carvacrol.

Senyawa ini terbukti dapat membunuh atau mengurangi infeksi bakteri, infeksi jamur, virus, parasit, dan alergi. Hal ini dikarenakan carvacro bekerja sebagai penangkal atau anti bakteri, anti virus, dan anti jamur. dengan kata lain, minyak oregano bisa menjadi salah satu obat panu alami paling ampuh yang bisa Anda gunakan.

Caranya, oleskan beberapa tetes minyak oregano pada permukaan kulit yang terkena panu. Kemudian diamkan hingga mengering. Lakukan langkah tersebut secara rutin setiap hari.

Demikian adalah obat panu alami paling ampuh yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah panu di kulit Anda. Beberapa bahan alami dapat menghilangkan panu secara cepat, namun sebagian besar alami biasanya membutuhkan proses yang lama dan perawatan yang rutin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS