Sukses

Server Adalah Peladen, Berikut Jenis-Jenis dan Cara Kerjanya

Server adalah perangkat luna atau perangkat keras yang berfungsi memproses data dalam jaringan.

Liputan6.com, Jakarta Secara harfiah server adalah seseorang atau sesuatu yang menyediakan layanan atau komoditas. Bahkan server juga bisa mengacu pada seseorang yang memukul bola pertama kali untuk memulai permainan bola voli. Dalam bahasa Indonesia server adalah kata yang memiliki padanan kata peladen.

Namun kebanyakan orang mungkin lebih sering mendengar kata server dalam obrolan yang terkait dengan komputer dan teknologi informatika. Dalam konteks teknologi komputer dan informatika, server adalah komputer atau program komputer yang mengelola akses ke sumber daya atau layanan terpusat dalam jaringan.

Dikutip dari Britannica, server adalah jaringan komputer, program komputer, atau perangkat yang memproses permintaan dari klien. Di World Wide Web (www), misalnya, server Web adalah komputer yang menggunakan protokol HTTP untuk mengirim halaman Web ke komputer klien saat klien memintanya.

Pada jaringan area lokal, server cetak mengelola satu atau lebih printer, dan mencetak file yang dikirim ke sana oleh komputer klien. Server jaringan yang mengelola lalu lintas jaringan dan server file yang menyimpan dan mengambil file untuk klien adalah dua contoh lain dari server.

Untuk lebih memahami pengertian dari server, lebih lanjut akan dijelaskan mengenai fungsi dan cara kerja server, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (24/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Server

Dikutip dari ServerWatch, server adalah komputer berdaya tinggi yang dibuat untuk menyimpan, memproses, dan mengelola data jaringan, perangkat, dan sistem. Server adalah mesin yang menggerakkan organisasi dengan menyediakan perangkat dan sistem jaringan dengan sumber daya yang memadai. Server adalah alat untuk menampung dan memproses beban kerja intensif yang melampaui kemampuan komputer pada umumnya.

Server adalah perangkat superkomputer yang dapat melakukan semua hal yang dapat dilakukan komputer desktop standar dan melakukan hal lain yang tidak dapat dilakukan komputer desktop standar. Sebaliknya, komputer desktop dapat menjalankan proses server, tetapi tidak bisa efektif. Dibandingkan komputer standard, server memiliki kelebihan antara lain sebagai berikut:

a. Skalabilitas untuk melayani jumlah perangkat, pengguna, dan beban kerja yang terus bertambah atau berfluktuasi;

b. Kekuatan pemrosesan tinggi dengan spesifikasi CPU dan RAM yang meningkat untuk menangani beban kerja jaringan;

c. Keandalan untuk memastikan sistem kritis tetap online;

d. Kolaborasi antara personel dengan akses ke sumber daya jaringan bersama

e. Penghematan biaya dari waktu ke waktu karena server dapat mengurangi tekanan pada perangkat jaringan.

Setiap komputer sebenarnya dapat menjalankan fungsi sebagai server. Namun server adalah kata yang umum digunakan untuk mengacu pada mesin besar bertenaga tinggi yang mendorong dan menarik data dari internet.

Sebagian besar jaringan komputer mendukung satu atau lebih server yang menangani tugas-tugas khusus. Semakin besar jaringan dalam hal klien yang terhubung dengannya atau jumlah data yang dipindahkan, semakin besar kemungkinan beberapa server berperan, masing-masing didedikasikan untuk tujuan tertentu.

Server adalah perangkat lunak yang menangani tugas tertentu. Namun, perangkat keras yang kuat yang mendukung perangkat lunak ini juga disebut server. Ini karena perangkat lunak server yang mengkoordinasikan jaringan ratusan atau ribuan klien memerlukan perangkat keras yang lebih kuat daripada komputer standard.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Server

Secara umum, server adalah komputer berdaya tinggi yang dibuat untuk menyimpan, memproses, dan mengelola data jaringan, perangkat, dan sistem. namun beberapa server dibuat untuk menjalankan fungsi yang spesifik, seperti print server atau database server.

Meski demikian, ada pula server yang memiliki peran untuk menjalankan berbagai macam fungsi. Adapun jenis-jenis server antara lain adalah sebagai berikut:

a. Server web

Server web menampilkan halaman dan menjalankan aplikasi melalui browser web. Server yang terhubung dengan browser Anda sekarang adalah server web yang mengirimkan halaman ini dan gambar di dalamnya.

Program klien dalam hal ini adalah browser seperti Internet Explorer, Chrome, Firefox, Opera, atau Safari.

Server web digunakan untuk banyak tugas selain mengirimkan teks dan gambar sederhana, seperti mengunggah dan mencadangkan file secara online melalui layanan penyimpanan cloud atau layanan pencadangan online.

b. Server email

Server email berperan untuk mengirim dan menerima pesan email. Jika Anda memiliki klien email di komputer, perangkat lunak akan terhubung ke server IMAP atau POP untuk mengunduh pesan ke komputer Anda, dan server SMTP untuk mengirim pesan kembali melalui server email.

c. Server FTP

Server FTP berperan memindahkan file melalui alat Protokol Transfer File. Server FTP dapat diakses dari jarak jauh menggunakan program klien FTP, yang terhubung ke berbagi file di server, baik melalui kemampuan FTP bawaan server atau dengan program server FTP khusus.

d. Server Identitas

Server identitas memiliki peran penting yakni untuk memberikan dukungan keamanan terutama pada saat proses login.

Selain server-server tersebut, masih ada jenis server lain yang memiliki berbagai macam peran dan fungsi, misalnya server game online, server obrolan, dan server streaming audio dan video.

4 dari 4 halaman

Server Jaringan

Server jaringan adalah komputer yang dirancang untuk bertindak sebagai repositori pusat dan membantu dalam menyediakan berbagai sumber daya seperti akses perangkat keras, ruang disk, akses printer, dll. ke komputer lain dalam jaringan.

Server jaringan mungkin tidak berbeda dari workstation dalam perangkat keras, tetapi fungsionalitas yang dijalankannya dengan jelas membedakannya dari workstation lain. Server jaringan membantu menyederhanakan tugas yang berbeda untuk administrator sistem termasuk yang berpusat di sekitar manajemen.

Konfigurasi atau pembaruan keamanan apa pun dapat diterapkan ke server jaringan alih-alih meneruskan secara individual ke komputer berbeda yang terhubung ke jaringan.

Fitur Server Jaringan:

a. Komputer dilengkapi dengan lebih banyak memori dan kapasitas penyimpanan, serta dikonfigurasi untuk melakukan pemrosesan tambahan untuk menangani permintaan klien yang berbeda.

b. Memiliki mesin dengan daya tinggi dengan hard disk yang andal dan cepat, prosesor yang kuat, dan jumlah RAM yang tersedia tinggi.

c. Dapat juga bertindak sebagai unit penyimpanan file pusat. Hal ini dapat mencegah data disimpan di stasiun kerja yang berbeda dalam jaringan.

d. Otentikasi dan kontrol pengguna dapat diatur pada workstation lain menggunakan server jaringan.

e. Langkah-langkah kontrol keamanan dapat lebih mudah dikelola menggunakan server jaringan.

f. Server jaringan juga mampu menjalankan intranet.

Beberapa contoh umum dari server jaringan adalah server FTP dan server web.

Demikian penjelasan mengenai server. Kesimpulannya, server adalah sebuah perangkat komputer yang memiliki spesifikasi tinggi yang jauh lebih besar dari komputer desktop standar, yang terhubung dalam suatu jaringan. Server adalah perangkat keras dan/atau perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan tugas tertentu termasuk menyimpan, memproses, dan mengelola data jaringan, perangkat, dan sistem. Fungsi server bisa berbeda-beda tergantung jaringan yang digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.