Sukses

8 Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya, Begini Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Pahami ada delapan penyebab TV LED tidak ada gambarnya, ini untuk bisa menemukan cara mengatasi yang tepat. TV yang tidak bisa menampilkan gambar atau hanya menampilkan gambar tanpa suara adalah masalah yang serius.

Apa saja penyebab TV LED tidak ada gambarnya? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, pada Minggu (25/9/2022) penyebab TV LED tidak ada gambarnya adalah pengaruh lampu blacklight mati, modul t-con rusak, kabel rusak, layar rusak, software rusak, hingga pengaruh sinyal buruk.

Cara mengatasi TV LED tidak ada gambarnya, harus disesuaikan dengan penyebab. Contohnya saja melakukan pengecekan pada lampu, kabel, pengaturan TV, hingga memeriksa antena. Pada masalah yang serius, cara mengatasi TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suara, coba panggil teknisi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang penyebab TV LED tidak ada gambarnya dan cara mengatasi yang benar, Minggu (25/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya

1. Lampu Backlight Mati

TV LED berisiko mati ketika ada masalah pada lampu. Penyebab TV LED tidak ada gambarnya adalah ketika lampu backlight mati. Perangkat ini penting karena lampu backlight ada di belakang lapisan panel LCD.

Rangkaiannya seri, sehingga pada kondisi dengan penyebab TV LED tidak ada gambarnya ini, semua lampu menjadi mati dan gambar muncul di TV menjadi gelap tanpa lampu.

2. Kerusakan Modul T-con

Penyebab TV LED tidak ada gambarnya adalah ketika telah terjadi kerusakan modul T-con. Di dalam TV LED, ada modul T-con yang berfungsi penyalur tegangan pada panel LED.

Kerusakan pada modul T-con bisa menjadi penyebab TV LED tidak ada gambarnya tetapi ada suaranya. Kerusakan ini sering terjadi karena TV sering digunakan atau hidup terlalu lama di luar batas kewajaran. T-con yang rusak pun akan menjadi biang penyebab IC utama rusak, fuse, dan transistor putus.

3. Kabel Rusak

Kabel rusak akan berisiko membuat TV LED kehilangan gambar atau menjadi penyebab TV LED tidak ada gambarnya. Jika TV menerima sinyal dari sumber eksternal, seperti kotak kabel atau pemutar DVD, maka TV tidak ada gambarnya tapi ada suaranya.

Kemungkinan besar yang menjadi penyebab TV LED tidak ada gambarnya adalah masalah terjadi pada kabel yang menghubungkan TV ke sinyal tersebut. Kabel pada TV LED berperan menampilkan gambar.

Cara mengatasi dari penyebab TV LED tidak ada gambarnya ini, periksa ada kabel yang longgar atau tidak. Jika gambar tidak kunjung muncul, segera ganti kabel agar gambar TV LED bisa kembali seperti semula.

4. Panel atau Layar TV Rusak

Penyebab TV LED tidak ada gambarnya adalah ketika bagian panel atau layar TV rusak. Pada kondisi ini, TV LED akan tetap memunculkan gambar, tetapi tidak ada suaranya.

Mengapa penyebab TV LED tidak ada gambarnya ini bisa terjadi? Layar yang rusak akan membuat flexibel panel putus atau IC COF terbakar. Kondisi ini akan susah dibetulkan dan perlu biaya mahal untuk menggantinya.

3 dari 3 halaman

Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya

5. Kerusakan Software

Penyebab TV LED tidak ada gambarnya adalah ketika telah terjadi kerusakan pada software. TV LED atau TV pintar pasti dilengkapi sejumlah software.

Kelemahannya, ketika terjadi kerusakan pada software yang terpasang pada TV. Penyebab TV LED tidak ada gambarnya seperti software ini akan memengaruhi tampilan gambar TV LED atau TV LED hanya memunculkan suara tanpa gambar.

6. Pengaturan TV

Pengaturan pada TV LED akan memengaruhi tampilan seperti gambar atau menjadi penyebab TV LED tidak ada gambarnya. Terutama ketika pemilik tidak sengaja mengubah pengaturan TV LED. Cara mengatasi TV LED tidak ada gambar karena pengaturan adalah cek ada pengaturan yang berubah atau tidak.

Ikuti langkah dengan, klik tombol 'menu' dan buka bagian gambar, periksa apakah semua sudah diatur dengan benar, terutama pada kecerahan TV. Kemudian, sesuaikan pengaturan yang berubah agar gambar bisa muncul lagi di TV.

7. Sinyal TV Buruk

Penyebab TV LED tidak ada gambarnya adalah ketika sinyalnya buruk. Ketika sinyal TV buruk, kondisi ini bisa dicek dengan mengganti saluran TV lain dan channel lain bisa menampilkan gambar.

TV LED yang demikian menandakan sinyal channel sebelumnya yang bermasalah. Cobalah mengatasi penyebab TV LED tidak ada gambarnya ini, dengan memperbaiki antena dan memanggil ahli agar diperbaiki hingga sinyal bisa ditangkap dengan sempurna.

8. Kerusakan IC Gamma AS-15

Penyebab TV LED tidak ada gambarnya yang terakhir adalah kerusakan IC Gamma AS-15. IC Gamma AS-15 merupakan perangkat yang letaknya berada dekat dengan T-Con. Kerusakan IC Gamma AS-15 yang menjadi penyebab TV LED tidak ada gambarnya, seperti gambar menjadi buram dan blur atau tidak fokus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.