Sukses

8 Momen Tedak Siten Ameena Anak Atta dan Aurel Hermansyah, Kental Adat Jawa

Liputan6.com, Jakarta Ameena Hanna Nur Atta, putri dari Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar baru saja menjalani prosesi upacara tedak siten 7 bulanan, Minggu (25/09/2022). Acara yang disiarkan secara langsung di televisi itu berlangsung khidmat dengan suasana yang kental dengan budaya adat Jawa.

Tedak siten sendiri merupakan budaya yang turun temurun dilakukan oleh masyarakat Jawa untuk bayi yang berusia tujuh bulan. Acara yang disebut juga sebagai upacara turun tanah ini dihadiri oleh keluarga Aurel dan Atta. Seperti Thariq Halilintar, Fuji, Anang Hermansyah, Ashanty hingga Krisdayanti.

Setiap prosesi dilakoni Ameena dengan anteng dan tidak rewel. Namun, ia sempat menangis saat dimasukkan dalam kurungan ayam. Usai ditenangkan oleh sang ayah, Ameena pun memilih kamera, makeup dan uang dalam prosesi tersebut. Meski tak sesuai harapan keluarga, namun Atta dan Aurel tetap mendukung apa yang dipilih oleh putrinya.

Kental akan budaya Jawa, berikut ini 8 momen tedak siten Ameena anak Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, dirangkum dari kanal YouTube AH oleh Liputan6.com, Senin (26/9/2022).

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 9 halaman

1. Digelar meriah dan disiarkan secara langsung di tv swasta, acara 7 bulanan Ameena dibawakan oleh duo presenter kondang, Indra Bekti dan Irfan Hakim.

3 dari 9 halaman

2. Acara diawali dengan sungkeman kepada kakek dan nenek dari Ameena. Di sini adalah Anang Hermansyah, Ashanty dan Krisdayanti.

4 dari 9 halaman

3. Selanjutnya, momen Ameena pertama kali menginjakkan kaki di tanah disambut riuh meriah dari para hadirin.

5 dari 9 halaman

4. Setelah menginjak tanah, kaki Ameena dibasuh dengan air. Semua hadirin terhipnotis dengan sikapnya yang anteng dan menggemaskan.

6 dari 9 halaman

5. Tidak rewel dalam gendongan sang ayah serta didampingi sang ibunda, Ameena melakukan proses tedak siten selanjutnya yaitu 'meniti jadah'.

7 dari 9 halaman

6. Setelah meniti jadah, Ameena segera diarahkan untuk menapaki tangga lumbung. Tangga lumbung berisi tujuh anak tangga dan terbuat dari batang tebu wulung.

8 dari 9 halaman

7. Tiba saatnya memilih, Ameena pun dimasukkan ke dalam kurungan ayam. Di dalamnya sudah terdapat beberapa benda seperti mic, uang, stetoskop, kamera, tasbih dan eye shadow.

9 dari 9 halaman

8. Rupanya, pilihan Ameena jatuh kepada tiga benda yakni kamera, makeup dan uang. Masing-masing benda memiliki filosofi tersendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.