Sukses

8 Cara Membuat Rambut Lurus dengan Bahan Alami dan Cara Menggunakannya

Cara membuat rambut lurus secara alami ini bisa menjadi alternatif daripada kamu melakukan smoothing atau rebonding.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat rambut lurus bisa diterapkan menggunakan bahan alami. Berbagai bahan yang mungkin sudah terkenal baik digunakan pada rambut adalah lidah buaya, pisang, hingga minyak zaitun. Bahan-bahan alami tersebut memilki nutrisi tertentu yang baik untuk meluruskan sekaligus menyehatkan rambut. 

Cara membuat rambut lurus secara alami ini bisa menjadi alternatif daripada kamu melakukan smoothing atau rebonding. Melakukan kedua proses tersebut tentunya memakan biaya dan juga memerlukan perawatan rambut yang intensif agar rambut tidak rusak.

Cara membuat rambut lurus dengan bahan alami juga tidak sulit dilakukan. Kamu tinggal menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, kemudian mengikuti langkah penggunaannya. Kamu juga bisa menerapkan kebiasaan sederhana untuk membuat rambut lurus.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/9/2022) tentang cara membuat rambut lurus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Rambut Lurus dengan Bahan Alami

Lidah Buaya

Cara membuat rambut lurus yang pertama yaitu menggunakan lidah buaya. Lidah buaya dikemas dengan enzim yang membantu menjaga rambut halus dan lembut sambil meningkatkan pertumbuhan rambut. Bahan ini menembus batang rambut, melembapkannya dan menghaluskan rambut keriting.

Panaskan seperempat cangkir minyak kelapa atau zaitun. Campurkan minyak dengan seperempat cangkir gel lidah buaya dan aduk rata. Oleskan campuran ini ke rambut. Biarkan selama sekitar 40 menit. Bilas dengan air dingin dan keramas dengan sampo.

Cuka Apel

Cara membuat rambut lurus selanjutnya adalah menggunakan cuka sari apel. Membilas rambut dengan cuka sari apel sangat baik untuk menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan penumpukan dari rambut. Efek ini bisa membantu melembutkan dan melembapkan rambut, membuatnya mudah diatur.

Larutkan dua sendok makan cuka sari apel dengan segelas air. Cuci rambut dengan sampo lembut dan kondisioner. Setelah keramas, tuangkan cuka sari apel yang telah diencerkan pada rambut sebagai bilas terakhir. Kamu tak perlu membilasnya lagi.

Susu dan Madu         

Cara membuat rambut lurus juga bisa menggunakan susu dan madu. Sementara protein dalam susu membantu menutrisi dan membentengi rambut, madu berperan sebagai emolien yang membantu menyegel kelembapan dan mengatasi rambut kusut. Campur seperempat cangkir susu dengan dua sendok makan madu, Aplikasikan pada rambut sampai merata. Diamkan selama dua jam dan bilas dengan air dan sampo.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Rambut Lurus dengan Bahan Alami

Semprotan Susu

Selain untuk masker rambut, susu juga bisa dijadikan semprotan rambut untuk mejaga kelembapan rambut. Protein dalam susu membantu membentengi poros rambut, mengendalikan rambut kusut, dan membuat rambut tampak lurus. Masukkan seperempat cangkir susu ke dalam botol semprot. Semprotkan pada rambut hingga merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin.

Minyak Zaitun

Cara meluruskan rambut secara alami berikutnya adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin E dan omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Kamu bisa membuat masker yang terdiri dari campuran pisang, madu, dan minyak zaitun.

Campurkan dua buah pisang yang sudah mayang dengan dua sendok makan madu dan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran bahan yang sudah halus tersebut pada seluruh rambutmu kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, bilaslah rambutmu dengan air dingin supaya rambut kembali bersih.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Rambut Lurus dengan Bahan Alami

Daun Seledri

Daun seledri juga bisa dimanfaatkan sebagai cara membuat rambut lurus secara alami. Siapkan beberapa helai daun seledri lalu campurkan dengan sedikit air sambil terus diremas-remas. Pisahkan sari daun seledri dari ampasnya kemudian oleskan sari daun seledri pada seluruh kulit kepala sembari dipijat lembut.

Jika proses pemijatan telah selesai, diamkan sari daun seledri pada rambut selama 30 menit sebelum kamu keramas dengan sampo dan conditioner. Untuk memperoleh hasil maksimal, proses meluruskan rambut dengan daun seledri sebaiknya dilakukan setiap pagi.

Pisang dan Pepaya

Pisang dan pepaya bekerja sama untuk meningkatkan kekuatan rambut sambil memberi nutrisi dan mengkondisikannya. Selain efektif sebagai cara membuat rambut lurus secara alami, pisang juga kaya vitamin B dan potassium yang baik untuk menutrisi kulit kepala.

Masker rambut ini mendukung rambut lembut dan berkilau yang sehat. Haluskan satu buah pisang dan sepotong pepaya dengan ukuran sama seperti pisang. Haluskan sampai membentuk pasta. Aplikasikan pada rambut seperti saat menggunakan masker rambut. Biarkan selama 45 menit atau sampai masker kering. Bilas bersih dengan air dingin dan sampo.

Santan dan Lemon

Jus lemon juga bisa membantu cara membuat rambut lurus. Jika dikombinasikan dengan santan, masker ini bisa mengondisikan rambut, membuat rambut terasa halus dan lembut. Campurkan seperempat cangkir santan dengan satu sendok makan air lemon. Dinginkan campuran di lemari es semalaman. Di pagi hari, aplikasikan pada rambut dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dan sampo.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Rambut Lurus dengan Langkah Sederhana

Membungkus Rambut

Membungkus rambut adalah salah satu cara membuat rambut lurus yang lebih populer tanpa penataan panas. Tutorial membungkus rambut atau hair wrapping sudah banyak ditemui di YouTube. Kamu hanya memerlukan jepit dengan panjang palin tidak 3 inci dan pembungkus seperti handuk panjang atau turban berbahan satin. Untuk membungkus rambut, pisahkan bagian atas rambut dan gunakan sisir bergigi rapi untuk menyisirnya hingga rata. Sambil memegang rambut dengan kencang, bawa rambut ke atas dan jepit dengan kuat ke sisi kepala. Bungkus dengan handuk atau turban dan bawa tidur.

Roll Rambut

Roll rambut bisa berguna untuk membentuk rambut lebih lurus dan tidak mengeriting. Pilihlah roll rambut berdiameter besar untuk membentuk rambut lurus. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian sedang dan gunakan roll rambut sebelum tidur.

Tidur dengan Rambut Basah

Jika sulit membayangkan tidur dengan balutan rambut atau rol besar di kepala, kamu bisa mulai dari cara sederhana. Cobalah tidur dengan rambut basah. Gunakan ikat rambut untuk mengikat longgar rambut. Lalu buat bentuk sanggul dengan melilitkan rambut di sekitar kuncir dan mengikatnya dengan ikat rambut lainnya. Coba juga untuk menggunakan sarung bantal satin yang bisa mengurangi gesekan rambut. Cara meluruskan rambut secara alami dan cepat ini bisa memberikan penampilan rambut lebih lurus.

Menyisir Rambut Sampai Kering

Cara membuat rambut lurus selanjutnya adalah dengan menyisir rambut basah hingga kering. Menyisir rambut bisa membantu mengurangi kekusutan rambut yang membuatnya terlihat bergelombang dan ikal. Sisir rambut basah ke bawah dengan lembut. Lakukan tiap beberapa menit sampai rambut kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.