Sukses

12 Penyebab Gatal pada Selangkangan, Gejala serta Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Peyebab gatal pada selangkangan sering dialami oleh wanita maupun pria. Kondisi ini terjadi karena timbulnya jamur yang dapat berkembang biak, karena selangkangan mudah lembab dan hangat. Apabila selangkangan gatal adalah mengelupas, lecet, kemerahan, hingga perih, akan semakin parah jika sering menggaruknya. 

Penyebab gatal pada selangkangan juga timbul akibat iritasi seperti kutu kemaluan dan tubuh atau kudis yang perlu diobati dengan krim obat. Kondisi ini juga terjadi akibat penggunaan pakaian dalam yang kotor atau kurang bersih, sehingga menimbulkan gatal, ruam merah hingga berbagai infeksi juga iritasi pada selangkangan. 

Penyebab gatal pada selangkangan juga bisa diatasi dengan melakukan perawatan sendiri, atau dengan anjuran dokter. Ketika melakukan perawatan sendiri, Anda bisa menggunakan kompres dingin yang dibalut dengan kain yang lembut, atau bisa mengenakan pakaian katun yang longgar. Namun jika iritasi yang dialami semakin parah, maka kunjungi layanan kesehatan merupakan langkah yang tepat. 

Berikut ini penyebab gatal pada selangkangan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Gejala Gatal pada Selangkangan

Sebelum mengetahui penyebab gatal pada selangkangan, maka pahami gejala yang timbul, seperti : 

- Mengalami rasa gatal, terbakar atau bahkan menyengat

- Area sekitar selangkangan timbul kemerahan

- Perubahan warna kulit selangkangan atau alat kelamin

- Selangkangan mengalami pembengkakan

- Timbul rasa sakit

- Luka pada kulit (termasuk lecet, bisul atau kutil)

- Kulit menjadi mengelupas, kulit kering

- Kulit menebal

Perubahan kulit juga dapat mempengaruhi area genital, yang dapat menyebabkan nyeri saat buang air kecil atau berhubungan seks.

 

 

3 dari 6 halaman

Penyebab Gatal pada Selangkangan

1. Herpes

Penyebab gatal pada elangkangan juga bisa disebabkan oleh virus Herpes simplex. Gejala yang ditimbulkan dari herpes ini adalah bengkak yang terasa panas, berwarna kemerahan, dan nyeri. Melansir dari laman Healthline beberapa orang dapat mengalami gejala tersebut beberapa kali dalam setahun dan bahkan ada yang tidak mengalami gejala sama sekali. Penyakit ini tidak dapat menyebar dengan sentuhan, akan tetapi akan menyebar ketika berhubungan seksual.

2. Kebersihan alat kelamin yang tidak terjaga

Penyebab gatal pada selangkangan juga terjadi karena Anda tidak menjaga kebersihan area selangkangan. Selangkangan adalah salah satu area tubuh yang selalu tertutup dan rawan untuk terkena penyakit. Area ini biasanya ditutupi lebih dari satu lapisan pakaian sehingga membuat udara di sekitarnya jauh lebih hangat. Oleh karena itu, jika tidak menjaga dengan baik dan selalu bersih, maka membuat daerah selangkangan berkeringat dan lembap. Adanya rambut kemaluan juga membuat keringat menjadi lebih banyak, sel kulit mati, dan kuman rentan berkembang, sehingga sering timbul iritasi atau gatal yang berlebihan. 

3. Intertrigo 

Penyebab gatal pada selangkangan juga bisa terjadi karena intertigo atau kondisi kemerahan pada area sekitar selangkangan. Gejala yang ditimbulkan oleh kondisi intertrigo adalah muncul ruam merah yang gatal, karena mengandung uap air dari keringat, seperti pangkal paha, antara lipatan perut, di bawah lengan Anda, atau antara jari-jari kaki. Intertrigo akan tampak kemerahan atau kecokelatan berbentuk “ladang” ruam besar tepat di lipatan yang dipisahkan dengan segaris putih. Bahkan kulit lebih kering dan berkerak, terasa sangat gatal, dan bahkan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

4 dari 6 halaman

Penyebab Gatal pada Selangkangan

4. Kutil kelamin

Penyebab gatal pada selangkangan juga bisa terjadi karena kutil kelamin akibat human papillomavirus (HPV). Saat tersentuh terasa lembut dan berwarna. Kutil yang muncul bisa hanya satu atau berkelompok, sehingga Anda juga harus mendapatkan penanganan yang tepat melalui layanan kesehatan. 

5. Infeksi jamur

Penyebab gatal pada selangkangan yang umum terjadi karena infeksi jamur. Selangkangan yang merupakan salah satu tempat yang strategis untuk jamur agar berkembangbiak dengan cepat karena lembab dan hangat. Keberadaan jamur ini tidak berbahaya, namun bisa menyebabkan infeksi ketika daerah yang ditinggalinya hangat dan lembap. Selain selangkangan, bagian lainnya yang rentan terkena infeksi, yaitu paha dalam dan bokong. Infeksi ini bisa menular dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak langsung melalui kulit. Cara untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan mengoleskan krim anti jamur yang mampu menyerang sel-sel jamur yang menyebabkan infeksi dan mempertahankan sel-sel kulit yang sehat tanpa cedera.

6. Kutu kemaluan

Penyebab gatal pada selangkangan juga bisa disebabkan karena kutu, yang merupakan parasit yang bisa menyebabkan gatal di selangkangan. Parasit ini umumnya menular lewat aktivitas seksual sehingga muncul bintik putih kecil di rambut kemaluan. Rasa gatal ini umumnya memburuk di malam hari ketika kutu lebih aktif dan memakan darah manusia, sehingga bisa juga menyebabkan luka pada daerah genital disertai tanda abu-abu biru kecil yang dikenal sebagai macula cerulae. Cara mengatasinya bisa gunakan sampo atau lotion yang mengandung permetrin atau pyrethrins dengan piperonil butoksida, namun jika tidak menghilang, maka Anda bisa menghubungi layanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

5 dari 6 halaman

Penyebab Gatal pada Selangkangan

7. Iritasi kulit

Melansir dari laman helathline, salah satu penyebab gatal pada selangkangan juga terjadi karena iritasi kulit. Gesekan kulit antara paha dan selangkangan saat berlari atau berjalan dapat menyebabkan kulit paha menjadi sensitif dan meradang. Akan semakin parah jika Anda menggosok atau menggaruk daerah yang gatal, hal ini akan menyebabkan peradangan pada lapisan luar kulit. Oleh karena itu, ketika muncul ruam dan gatal yang berlebihan maka segera diobati agar tidak timbul lecet yang semakin parah.

8. Dermatitis kontak

Penyebab gatal pada selangkangan juga terjadi karena dermatitis kontak. Dermatitis kontak terjadi ketika kulit kontak dengan penyebab iritasi, dan kemungkinan penyebabnya karena deterjen atau pelembut kain. Dermatitis kontak iritasi terjadi ketika kulit mengalami iritasi dari suatu zat meskipun tidak memiliki alergi terhadap zat tertentu. Zat yang menyebabkan iritasi dapat bervariasi mulai dari keringat, urine, kotoran, kosmetik, perhiasan dan pakaian ketat. 

Penyebab gatal pada selangkangan lainnya yang perlu diketahui adalah: 

- Infeksi kulit

- Infeksi menular seksual

- Kanker kulit

- Bakteri 

 

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Gatal pada Selangkangan

Cara mengatasi gatal pada selangkangan, bisa Anda atasi secara alami diantaranya: 

- Anda bisa mengatasi gatal pada selangkangan, menggunakan kompres dingin atau kompres es yang dibungkus dengan sesuatu yang lembut seperti handuk. 

- Sering mengenakan pakaian katun yang longgar, serta hindari pakaian dalam yang ketat.

-  Harus menghindari panas berlebih.

- Cuci area selangkangan dengan air dingin dan kain lembut

- Selalu hindari sabun dan produk pewangi.

- Gunakan emolien (pelembab medis) seperti krim sorbolene.

- Hindari berbagi handuk saat kulit selangkangan teriritasi atau jika Anda mengalami infeksi kulit.

Terdapat beberapa infeksi selangkangan yang perlu Anda ketahui, serta perawatan untuk infeksi tergantung pada jenisnya. 

Beberapa infeksi jamur pada kulit akan hilang dengan sendirinya, jika menjaga area tersebut tetap bersih dan kering. Tetapi jika Anda memiliki infeksi selangkangan yang belum pernah dialami sebelumnya, atau iritasi apa pun yang tidak membaik, maka kunjungi layanan kesehatan agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Infeksi ringan akan sembuh dengan cepat dengan salep yang dijual bebas di apotek, akan tetapi Anda tetap membutuhkan resep dari dokter. Jika Anda memiliki infeksi menular seksual, maka dengan antibiotik atau obat lain bisa mengatasinya. Namun perlu untuk dilakuakn pemeriksaan secara berkelanjutan, serta hindari kontak seksual sampai dokter mengatakan tidak apa-apa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.