Sukses

12 Manfaat Buah Jambu Biji, Jaga Kesehatan Jantung Hingga Bantu Turunkan Berat Badan

manfaat buah jambu biji bagi kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga membantu menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah jambu biji yang berlimpah bagi kesehatan tubuh diperoleh dari kandungannya yang kaya akan vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan kalium. Selain itu manfaat buah jambu biji juga didapat dari kandungan nutrisi berupa serat, zat besi, protein, folat, magnesium dan masih banyak lagi.

Jambu biji merupakan salah satu buah tropis yang sering ditemui dan dikonsumsi karena rasanya yang enak dan manfaatnya yang berlimpah bagi tubuh. Memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk tubuh, manfaat buah jambu biji bagi kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi.

Manfaat buah jambu biji bagi tubuh, selain dapat menjaga kesehatan jantung juga dapat membantu menurunkan berat badan serta mencegah berbagai macam serangan penyakit. Memiliki segudang manfaat, konsumsi jambu biji harian sangat disarankan untuk dilakukan.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (26/9/2022). Tentang manfaat buah jambu biji bagi kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

1. Menjaga Diabetes

Manfaat buah jambu biji yang pertama adalah menjaga diabetes. Serat dalam buah dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini juga dapat mencegah sembelit, masalah umum yang dihadapi oleh individu dengan diabetes.

Sebuah penelitian menemukan bahwa jambu biji dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol darah. Hal ini kemudian dapat mengurangi risiko diabetes. Sedangkan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji mungkin memiliki efek antihiperglikemik terhadap diabetes tipe 2.

 

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Satu jambu biji dapat memberi anda sekitar 12% (3 gram) serat makanan yang direkomendasikan. Literatur medis juga menyatakan bahwa jambu biji dapat mengobati diare karena sifat antimikroba dan antispasmodiknya. Hal ini terutama berlaku dengan ekstrak buah dan daunnya. Sifat antimikroba jambu biji juga dapat melawan mikroba usus yang berbahaya dan berpotensi mencegah infeksi pencernaan.

 

3. Meredakan Gejala Menstruasi

Manfaat buah jambu biji yang selanjutnya adalah dapat meredakan dismenore. Dalam sebuah penelitian kepada 197 wanita dengan dismenore (nyeri haid) menemukan rasa sakit yang lebih ringan setelah mengonsumsi 6 mg obat yang mengandung ekstrak jambu biji per hari. Sedangkan studi lain mengungkapkan efek spasmolitik ekstrak daun jambu biji dapat meredakan kram otot polos rahim.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

4. Mengurangi Risiko Kanker

Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung likopen. Kedua antioksidan ini membantu mengurangi risiko kanker. Kandungan dalam jambu biji juga dapat mencegah proliferasi sel kanker. Jambu biji sangat kuat dalam membantu pengobatan kanker payudara dan prostat.

Jambu biji mengandung serat. Nutrisi ini membantu mengurangi risiko wasir dan kanker usus besar. Penelitian lain menyatakan bahwa ekstrak daun jambu biji juga dapat membantu mengurangi risiko kanker.

 

5. Meningkatkan Imunitas

Jambu biji penuh dengan vitamin C. Studi menyatakan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan dan melawan patogen penyebab penyakit. Vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Ini juga dapat mengurangi risiko penyakit serius, seperti radang sendi, kanker, dan beberapa bentuk penyakit jantung.

 

6. Meringankan Stress

Manfaat buah jambu biji berikutnya adalah meringankan stress yang sedang dialami. Jambu biji mengandung magnesium yang ini dikenal dapat mengendurkan saraf dan otot tubuh serta dapat meredakan stres. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu meredakan kecemasan pada individu, meskipun lebih banyak bukti diperlukan dalam hal ini.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

7. Merangsang Fungsi Kognitif

Jambu biji mengandung vitamin B6 dan B3 yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan kognitif. Vitamin B6 telah terbukti mengurangi risiko demensia, penurunan kognitif, dan depresi. Dalam penelitian lain yang telah dilakukan, menunjukan bahwa vitamin B3 berfungsi untuk perbaikan dalam neurodegenerasi.

 

8. Meningkatkan Penglihatan

Karena adanya Vitamin A, jambu biji dikenal sebagai booster untuk kesehatan penglihatan. Jambu biji tidak hanya dapat mencegah penurunan penglihatan, tetapi juga meningkatkan penglihatan. Ini dapat membantu memperlambat munculnya katarak dan degenerasi makula. Meskipun jambu biji tidak kaya vitamin A seperti wortel, jambu biji tetap merupakan sumber nutrisi yang sangat baik.

 

9. Melindungi Hati

Serat dalam jambu biji menurunkan kolesterol jahat, yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium dalam buah dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Polisakarida (sejenis karbohidrat) dalam daun jambu biji bertindak sebagai antioksidan dan melawan stres oksidatif. Ini penting karena stres oksidatif adalah salah satu penyebab utama gagal jantung. Daun jambu biji, bila digunakan sebagai teh, juga dapat membantu mencegah aterosklerosis.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

10. Mengobati Sembelit

Ini adalah salah satu sumber serat makanan terkaya dibandingkan dengan buah-buahan lain dan hanya 1 jambu biji yang memenuhi sekitar 12% dari asupan serat harian yang direkomendasikan, yang membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan anda. Biji jambu biji, jika tertelan utuh atau dikunyah, juga berfungsi sebagai pencahar yang sangat baik, membantu pembentukan gerakan usus yang sehat.

 

11. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Jambu biji membantu mendapatkan kembali cahaya dan kesegaran kulit. Yang harus anda lakukan hanyalah menumbuk beberapa daging jambu biji dengan kuning telur dan mengoleskannya pada wajah anda. Bilas setelah 20 menit dengan air hangat. Ketika digunakan sekali atau dua kali seminggu, scrub ini akan mengangkat sel-sel mati dari kulit anda dan mencerahkan kulit anda. Jambu biji juga merupakan sumber Vitamin K, yang membantu menghilangkan perubahan warna kulit, lingkaran hitam, kemerahan dan iritasi jerawat.

 

12. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah jambu biji yang terakhir adalah untuk menurunkan berat badan berlebih. Tanpa mengorbankan asupan protein, vitamin dan serat, jambu biji dapat membantu anda menurunkan berat badan dengan mengatur metabolisme anda. Jambu biji juga merupakan camilan yang sangat mengenyangkan dan enak. Jambu biji, terutama jambu biji mentah, juga memiliki kandungan gula yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan apel, jeruk, anggur, dan buah-buahan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.