Sukses

10 Cara Mengobati Mata Bengkak yang Mudah dan Aman, Wajib Disimak

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara mengobati mata bengkak yang bisa dilakukan, baik secara alami atau dengan obat - obatan. Penyebab mata menjadi bengkak juga bisa terjadi karena berbagai faktor, baik itu infeksi, alergi, atau terlalu banyak menangis. Untuk mengatasi mata bengkak, maka sangat penting untuk mengetahui penyebabnya, karena pengobatan mata bengkak harus diatasi sesuai dengan penyebabnya. 

Cara mengobati mata bengkak bisa dilakukan secara sederhana, seperti minum lebih banyak air, istirahat yang cukup serta menghindari minuman yang mengandung alkohol. Perlu diketahui juga bahwa salah satu penyebab utama mata bengkak  bisa terjadi karena penuaan. Kulit di bawah mata yang sangat tipis juga menambah setiap perubahan yang mungkin terjadi di tubuh seiring bertambahnya usia.

Cairan berlebih yang mungkin terperangkap di kelopak mata bawah seiring bertambahnya usia juga menjadi salah satu penyebab mata bengkak. Retensi cairan yang terjadi ini dikenal sebagai edema. Oleh karena itu, cara mengobati mata bengkak bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup. Namun jika mata Anda membengkak dan tak kunjung sembuh, maka konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Berikut ini cara mengobati mata bengkak yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Mata Bengkak

1. Istirahat yang cukup

Cara mengobati mata bengkak, bisa dilakukan secara alami dengan istirahat yang cukup. Mencatat tidur malam yang baik secara teratur akan membantu mengurangi mata bengkak. Orang dewasa membutuhkan sekitar 7 hingga 9 jam tidur setiap malam, sehingga Anda perlu patuh pada rutinitas waktu tidur, sehingga bengkak yang timbul di area sekitar mata bisa diatasi. Melansir dari mayo clinic, dengan berhenti minum kafein, minuman alkohol juga rajin melakukan olahraga adalah cara tepat mengatasi mata bengakak. 

2. Dukung dirimu sendiri

Melansir dari sumber yang sama, dengan tidur menggunakan beberapa bantal di bawah kepala, dapat menghindari cairan mengendap di sekitar mata. Jika Anda tidak bisa tidur miring di atas bantal atau setumpuk bantal, coba angkat sedikit kepala tempat tidur untuk efek yang sama.

3. Atasi alergi

Cara mengobati mata bengkak juga bisa dilakukan dengan mengatasi alergi. Sebagian orang mengalami alergi musiman, yang umumnya membuat mata menjadi bengkak, merah, ruam pada aera mata hingga rasa sakit. Maka untuk mengobati, Anda perlu melakukan konsultasi layanan kesehatan yang mungkin memberikan obat tetes mata, obat bebas atau resep.

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Mata Bengkak

4. Minum air putih yang cukup

Cara mengobatai mata bengkak bisa diatasi dengan minum air putih yang cukup. Mata bengkak terjadi akibat dehidrasi, maka pastikan untuk minum banyak air setiap hari, selain mengurangi mata bengkak, juga menjaga kesehatan kulit Anda. Agar tetap di jalur, maka sangat penting untuk mempertimbangkan menggunakan botol air isi ulang yang ditandai dengan waktu tertentu untuk membantu Anda minum cukup air sepanjang hari.

5. Hindari alkohol

Cobalah untuk membatasi atau bahkan menghindari alkohol dan minuman lain yang memicu dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan mata bengkak, jadi sebaiknya untuk minum segelas air saja. Jika Anda bosan dengan air putih, alangkah baiknya untuk menambahkan buah yang segar untuk tetap terhidrasi. Coba tambahkan buah pilihan Anda ke dalam botol air untuk infused water yang bisa bertahan sepanjang hari.

6. Kurangi konsumsi garam

Makan terlalu banyak garam dapat menyebabkan retensi cairan tambahan dalam tubuh juga menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti risiko masalah jantung dan stroke yang lebih besar. Menurut Food and Drug Administration (FDA), nilai harian natrium saat ini adalah 2.300 miligram (mg). Namun, American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi natrium hingga 1.500 mg per hari. Oleh karena itu, dengan makan lebih banyak makanan utuh seperti sayuran segar dan buah-buahan bisa membantu mengatasi mata bengkak yang berlebihan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Mata Bengkak

7. Makan lebih banyak potasium

Kalium juga dapat membantu mengurangi kelebihan cairan secara berlebihan dalam tubuh, sehingga Anda mungkin ingin meningkatkan asupan kalium. Cara mengobati mata bengkak bisa Anda lakukan dengan menambahkan pisang, kacang-kacangan, yogurt, dan sayuran hijau ke dalam makanan Anda. Jika Anda sudah makan makanan yang kaya kalium, bicarakan dengan dokter Anda apakah kadar kalium Anda baik-baik saja atau apakah Anda dapat menambahkan suplemen kalium dengan aman ke rutinitas harian Anda.

8. Gunakan kompres dingin

Cara mengobati mata bengkak juga bisa dilakukan dengan kompres dingin yang dilapisi kain lembut. Anda dapat mengurangi kantung mata dengan meletakkan waslap dingin di kelopak mata selama sekitar 10 menit, sehingga membantu mengalirkan kelebihan cairan dari bawah mata Anda. Teh yang mengandung antioksidan dan kafein juga dapat mengurangi peradangan dan menyempitkan pembuluh darah.

9. Obat tetes mata 

Mata bengkak juga bisa disebabkan karena alergi, oleh karena itu gunakan obat tetes dengan kandungan antihistamin, yang bisa Anda temukan di apotek. Akan tetapi, perlu diwaspadai ketika alerginya semakin parah, maka lebih baik ditangai dokter. Selain perawatan di atas, pastikan untuk tidak menyentuh atau menggosok mata dengan tangan, juga hindari aktivitas yang berisiko menyebabkan cedera mata dan memperparah bengkak. Perawatan secara sederhana ini bisa membantu mengatasi mata bengkak.

10. Antibiotik

Jika bengkak tidak mereda, kelopak mata mungkin terserang infeksi. Infeksi bisa disebabkan karena selulitis, konjungtivitis, bintitan, blefaritis, juga terjadi penyumbatan saluran air mata parah. Pada kasus ini, dokter akan meresepkan antibiotik yang akan mengatasinya. Berdasarkan penyebab dan keparahannya, antibiotik bisa diberikan dalam bentuk salep, tetes mata, krim, obat minum, dan infus. Perhatikan untuk tidak menggunakan antibiotik tanpa resep dokter, karena dapat menimbulkan cedera mata yang lebih parah. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.