Sukses

16 Wisata Rembang yang Paling Hits, dari Pantai Hingga Destinasi Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Wisata Rembang bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan. Rembang merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa tengah, tepatnya di pesisir pantai utara Jawa. Berada di pesisir pantai membuat banyak destinasi berupa pantai di sini.

Ada beberapa destinasi wisata pantai yang bisa kamu kunjungi di Rembang. Selain pantai, wisatawan juga ditawarkan dengan destinasi yang sarat akan nilai sejarah. Rembang dikenal sebagai kota peninggalan dari tokoh pahlawan RA Kartini dan Sunan Bonang.

Wisata Rembang terdiri dari alam yang indah dan destinasi bersejarah. Jadi, kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya, namun juga belajar tentang sejarah dan mengabadikannya dengan mengambil gambar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/9/2022) tentang wisata Rembang.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Wisata Rembang

Jembatan Merah Hutan Mangrove

Wisata Rembang yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Jembatan Merah Hutan Mangrove. Tempat wisata Rembang ini menawarkan daya tarik berupa jembatan kayu yang membentang di tengah hutan mangrove. Di sini kamu bisa berkeliling area hutan mangrove sambil berswafoto. Kamu akan sangat puas berjalan mengelilingi hutan mangrove yang memiliki luas sekitar 22 hektar dengan panjang 2.900 meter.

Sambil berjalan-jalan menikmati kesejukan, kamu bisa sambil mengenal beragam jenis pohon mangrove. Di hutan mangrove ini ada enam jenis pohon mangrove yang memesona. Tak hanya itu, buat kamu yang hobi memancing, area jembatan di hutan ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk menyalurkan hobi tersebut. 

Pantai Dampo Awang

Selain terkenal dengan hutan mangrove, wisata Rembang yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Dampo Awang. Pantai ini sudah sangat populer di Rembang. Dampo Awang ini juga dikenal dengan nama Taman Rekreasi Pantai Kartini. Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi bareng keluarga.

Tempat wisata di Rembang ini sudah banyak dilakukan pembenahan dan perbaikan, sehingga fasilitas di dalamnya menjadi semakin lengkap. Misalnya saja sudah ada kolam renang dan outbond. Selain menikmati fasilitas tersebut, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya di sini seperti bersantai di pinggir pantai, berenang, menikmati sajian kuliner, hingga mengunjungi pulau kecil yang ada di utara pantai ini.

Alun-Alun Rembang

Alun-alun Remang bisa kamu jadikan alternatif berwisata lainnya ketika mengunjungi Rembang. Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata Rembang ini adalah pagi, sore, dan malam hari. Di waktu-waktu tersebut, kamu bisa menikmati aneka kuliner yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Sambil menikmati sajian kuliner, kamu bisa bersantai dengan teman-teman atau keluarga.

Selain itu, kamu juga bisa berolahraga dan mengambil beberapa gambar atau foto di tempat wisata di Rembang ini. Jika tertarik mengunjungi Alun-alun Rembang, langsung saja menuju Jalan Jend. Sudirman, Kutoharjo, Rembang, Jawa Tengah.

Pantai Jatisari

Pantai Jatisari di wisata Rembang cocok menjadi tempat healing kamu. Keindahannya berupa perpaduan dari deburan ombak di pesisir pantai yang jernih dan juga tebing-tebing tinggi. Karena adanya lembah-lembah tinggi, membuat pantai ini tidak terlalu panas.

3 dari 5 halaman

Wisata Rembang

Makam Raden Ajeng Kartini

Wisata Rembang berikutnya adalah Makam Raden Ajeng Kartini. Makam Kartini ini terletak di Desa Bulu yang memiliki jarak tempuh sekitar 17,5 kilometer dari kota Rembang. Makam ini memang sudah lama dijadikan sebagai tempat wisata Rembang untuk berziarah. Selain makam Kartini, di kompleks makam tersebut juga terdapat makam keluarga Mantan Bupati Rembang, Djojo Adiningrat dan Putra RA Kartini satu-satunya, yaitu RM Soesalit. Selain berziarah, kamu bisa membeli beberapa buah tangan yang dijajakan oleh pedagang yang menjual pernak-pernik tentang RA Kartini. Fasilitas yang tersedia di komplek pemakaman ini juga sangat memadai seperti toilet dan masjid.

Museum Raden Ajeng Kartini

Di Museum RA Kartini kamu bisa banyak belajar tentang pahlawan yang sangat berjasa bagi kaum perempuan Indonesia ini. Museum RA Kartini ini cocok untuk napak tilas mengenang jasa-jasanya. Di sini kamu bisa melihat berbagai macam peninggalan yang pernah digunakan oleh RA Kartini semasa hidupnya. Bangunan yang dijadikan museum ini juga merupakan rumah milik keluarga RA Kartini yang tentunya merupakan saksi bisu perjuangan beliau. Apabila kamu tertarik mengunjungi Museum Kartini ini, kamu bisa langsung menuju ke Daerah Kutoharjo, Rembang, Jawa Tengah.

Pantai Binangun

Wisata Rembang berikutnya adalah Pantai Binangun. Lokasinya berada di Kebun & Sawah, Binangun, Kec. Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Di sini kamu bisa menyaksikan kegiatan para nelayan. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sajian seafood yang segar di pantai ini.

Air Terjun Pasucen

Air Terjun Pasucen adalah wisata Rembang yang pernah viral karena kecantikannya yang tiada tara. Air terjun yang berlokasi di Desa Pasucen, Gunem, Kab. Rembang, Jawa Tengah ini menawarkan pesona alam yang sangat memukau, sehingga rugi bila kamu tidak mengunjunginya.

4 dari 5 halaman

Wisata Rembang

Pantai Pasir Putih Wates

Wisata Rembang selajutnya yaitu Pantai Pasir Putih Wates. Hamparan pasir putih yang cantik tentunya akan memanjakan mata para wisatawan. Bahkan, jalan ke pantai ini juga sangat memesona, karena dikelilingi oleh deretan pepohonan yang asri. Kamu juga bisa menyeberang ke Pulau Gede, yang berjarak sekitar 4,3 kilometer dari kawasan pantai. Akses ke pulau cukup dengan menyewa perahu yang tersedia. Di Pulau Gede, kamu dapat memancing dan berkemah. Persewaan perahu sendiri berkisar antara 300 sampai 400 ribu rupiah.

Makam Sunan Bonang

Sunan Bonang merupakan satu dari Sembilan wali yang sangat berjasa dalam proses penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Kamu bisa mengunjungi Makam Sunan Bonang yang terletak di sebelah timur kota Rembang, tepatnya di Desa Bonang, Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Kamu bisa mengunjungi wisata Rembang ini kapan saja. Selain berziarah, di sini kamu juga bisa membeli beraneka raga, oleh-oleh berbentuk ikan asin yang dijajakan oleh masyarakat sekitar.

Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe merupakan salah sati wisata Rembang yang wajib dikunjungi. Selain hamparan pasir putih yang nyaman sebagai tempat bersantai, kamu bisa melakukan banyak aktivitas lain seperti mengendarai ATV untuk menyusuri pantai ini.

Bukit Cendana Candimulyo

Wisata Rembang juga menyediakan destinasi berupa perbukitan yang hijau. Bukit Cendana merupakan destinasi dengan berbagai spot instagramable dan tujuan bagi orang-orang yang ingin berkemah. Kamu bisa mengambil gambar di gardu pandang yang memesona. Lokasinya berada di Bukit Pucak Candimulyo, Kebun, Candimulyo, Sedan, Kabupaten Rembang.

5 dari 5 halaman

Wisata Rembang

Pantai Caruban

Pantai Caruban merupakan wisata Rembang yang menyediakan spot untuk berkemah. Jadi, tidak hanya menikmati suasana pantai dan bermain air, kamu juga bisa melakuka kegiatan camping di sini. Apalagi, di pantai ini juga disediakan tempat penyewaan alat camping.

Pantai Sluke 

Pantai Sluke merupakan wisata Rembang yang masih belum sering dikunjungi. Padahal, pantai ini begitu memesona dengan keunikannya di mana kamu bisa menikmati suara pecahan ombak yang membentur batuan di pinggir pantai. Batu-batu besar ini juga bisa jadi tempat untuk duduk-duduk dan menikmati alam. Pemandangan sunrise dan sunset di pantai ini begitu menawan.

Gunung Nganten

Gunung Nganten bisa menjadi destinasi wisata Rembang bagi pencinta gunung. Kamu bisa menikmati udara pegunungan dengan berkemah sambil menikmati udara sejuk dan syahdu. Bagi kamu yangingin healing, tempat ini cocok kamu kunjungi.

Kalimancur Gowak

Wisata Rembang juga memiliki destinasi air terjun yang indah, yaitu Kalimancur Gowak. Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan diri karena sejuk dan tenang. Airnya yang sangat jernih memungkinkan pengunjung untuk mandi dan bermain air sepuasnya di bawah air terjun secara langsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.