Sukses

Stilasi Adalah Salah Satu Teknik Menggambar, Begini Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Stilasi adalah salah satu teknik menggambar ragam hias. Teknik stilasi ini memang terdengar asing bagi masyarakat luas. Bagi anda pecinta karya seni, pasti sudah mengetahui apa itu stilasi dan cara membuatnya.

Stilasi adalah menyederhanakan bentuk dengan tidak meninggalkan karakter bentuk aslinya. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian stilasi adalah pengolahan dari bentuk bentuk alam, sehingga mungkin saja dari hasil pengolahan tersebut lahir suatu bentuk yang baru (digayakan) namun masih tetap mencerminkan bentuk aslinya.

Agar lebih memahami pengertian teknik stilasi dan cara membuatnya. Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai teknik stilasi, jenis, dan cara membuatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (26/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pengertian Teknik Stilasi

Dikutip dari laman Sumber Belajar Kemdikbud, pengertian teknik stilasi adalah teknik mengubah bentuk asli dari sumber atau dengan melihat objek dari berbagai arah dengan penggayaan dan dapat dibuat menjadi bermacam-macam bentuk baru yang bersifat dekoratif, namun ciri khas bentuk aslinya masih terlihat.

Stilasi ini dapat dilakukan untuk bentuk-bentuk geometris dan bentuk-bentuk naturalis seperti stilasi bentuk segitiga, bentuk segi empat, bentuk lingkaran dan sebagainya. Bahkan teknik stilasi ini juga dapat berbentuk stilasi manusia, bunga, bintang, dan stilasi bentuk-bentuk alam lainnya. Selain itu, stilasi juga dapat dilakukan pada berbagai ragam hias yang sudah ada baik ragam hias naturalis, geometris maupun ragam hias dekoratif.

Mengutip dari buku Kutai dalam Tipologi Arsitektur (2021) karya Awang Herdiansah, pengertian stilasi adalah motif hias yang digayakan. Artinya adalah memberikan suatu gaya atau mode untuk mendesain suatu bentuk motif hias agar tercipta variasi motif hias yang berbeda, baru, dan inovatif.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Teknik Stilasi pada Karya Seni Rupa

1. Menentukan objek yang akan menjadi stilasi

Cara membuat teknik stilasi dalam karya seni rupa yang pertama adalah menentukan suatu objek yang akan dibuat motif, misalkan kita memilih sebuah bunga untuk menjadi objek stilasi.

2. Penggambaran Bangun Luar

Setelah memilih bunga sebagai objek stilasi, selanjutnya cara membuat teknik stilasi adalah gambarlah bunga tersebut dengan menggambar bagian outlinenya saja, tidak perlu detail, karena pada nantinya objek kosong bagian perbagian tersebut akan kita stilasi dengan mengisikan suatu motif didalamnya, motif bisa berbentuk geometris maupun nongeometris sesuai dengan keinginan dan imajinasi kalian.

3. Sempurnakan stilasi dibagian-bagian objek

Selanjutnya, cara membuat teknik stilasi adalah dengan menyempurnakanstilasi dibagian-bagian objek. Didalam suatu objek stilasi terkadang dibagi perbeberapa bagian, hal ini dilakukan agar mudah untuk membuat motif berbeda didalam satu bidang objek, agar tidak menimbulkan kesan monoton pada motifnya.

4. Pemberian isen

Isen-isen adalah ragam hias pengisi latar. Isen-isen menjadi sebuah gaya kreasi dalam stilasi untuk mengisi setiap bidang kosong. Isen difungsikan supaya objek stilasi kalian lebih indah dan menarik. Isen-isen sendiri berupa variasi titik, garis, blok, dan warna dengan disesuaikan penggunaanya sesuai dengan selera keinginan kalian, sehingga tercipta suatu karya stilasi yang enak dilihat.

5. Finishing

Berikutnya, cara menggambar stilasi adalah finishing, didalam tahap ini kalian bisa memulai dengan melihat stilasi yang kalian buat. Perhatikan bagian perbagian, jika ada beberapa hal yang kurang bisa kalian tambah atau perbaiki, semisal ada bidang yang masih kosong, bisa kalian tambah dengan isen berupa titik-titik, garis, ataupun blok.

Anda bisa lihat ada warna yang kurang tegas, bisa kalian tebeli. Serta yang tidak kalah penting adalah kebersihan gambar kalian, karena terkadang masih banyak sisa-sisa sketsa pensil yang tidak perlu namun belum terhapus. Sehingga terkesan menjadi sebuah coretan-coretan yang perlu kalian hapus. Hal ini dilakukan agar mencapai kesempurnaan hasil karya seni dari teknik stilasi sesuai target kalian dan kreativitas masing-masing.

4 dari 4 halaman

Pengertian Teknik Deformasi dan Distorsi

Berbeda halnya dengan teknik stilasi, pengertian teknik deformasi adalah cara dalam menggambar yang mengubah bentuk asli dari sumber atau dengan melihat objek dari berbagai arah dengan menyederhanakan struktur maupun proporsi bentuk aslinya menjadi sesuatu yang baru, dan kesan karyanya lebih terlihat sederhana, dengan proporsi yang berbeda dari objek aslinya. Teknik deformasi ini digunakan saat menggambar hewan maupun tumbuhan.

Sedangkan teknik distrosi dalam karya seni rupa adalah cara dalam menggambar dengan mengubah bentuk asli dari sumber atau dengan melihat objek dari berbagai arah dengan melebih-lebihkan struktur dan perubahan bentuk yang digambar dan mengubah proporsi sehingga terjadi perubahan yang sangat signifikan antara bentuk yang digambar dengan objek aslinya. Contoh gambar yang menggunakan teknik distorsi adalah gambar pemandangan yang berbeda dari aslinya, atau menggambar hewan, hingga gambar manusia. Biasanya menggambar dengan menggunakan teknik stilasi juga bisa sebut sebagai karya seni rupa abstrak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.