Sukses

Olahraga Sit Up adalah Melatih Otot Perut, Begini Cara Melakukannya

Liputan6.com, Jakarta - Sit up adalah jenis olahraga yang dilakukan tanpa alat khusus, hanya mengandalkan tubuh saja. Olahraga sit up adalah aktivitas yang dilakukan untuk melatih otot perut atau mengencangkan otot perut dan dampak baiknya, mampu membakar lemak.

Dampak baik dari olahraga sit up adalah bisa didapat jika dipraktikkan dengan cara sit up yang benar. Olahraga sit up adalah dilakukan dengan mengandalkan berat badan. Ini salah satu jenis latihan perut klasik.

Cara melakukan olahraga sit up adalah mengharuskan berbaring telentang serta mengangkat badan. American College of Sports Medicine, merekomendasikan sebaiknya sit up adalah dilakukan sebanyak 8 sampai 12 repetisi atau pengulangan sebanyak 3 (tiga) kali dalam sepekan atau satu minggu.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang olahraga sit up dan cara melakukannya, Senin (26/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Olahraga Sit Up adalah Dilakukan untuk Melatih Otot Perut

Olahraga sit up adalah dilakukan dengan mengandalkan berat badan. Tepatnya, olahraga sit up adalah dilakukan bersama kerja rektus abdominis, abdominis transversal, dan obliques selain fleksor pinggul, dada, dan leher.

Sit up adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, meski ada beberapa individu yang sebenarnya kesulitan mempraktikkannya. Olahraga sit up adalah latihan perut yang klasik dan mengharuskan berbaring telentang serta mengangkat badan.

Individu yang kesulitan melakukan olahraga sit up adalah mereka yang memiliki otot perut lemah, memiliki otot fleksor pinggul yang lemah, memiliki postur tubuh yang buruk untuk melakukan sit up, mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, serta tengah mengalami cedera.

Olahraga sit up adalah bisa menghasilkan manfaat baik bagi kesehatan, jika dilakukan dengan benar. Bagaimana gerakan sesuai jenis olahraga sit up adalah dilakukan? Begini cara melakukan olahraga sit up yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Cara melakukan olahraga sit up adalah dimulai dengan berbaring.

2. Cara melakukan olahraga sit up adalah tekuk lutut dan letakkan kaki secara rata di lantai agar tubuh tetap stabil.

3. Cara melakukan olahraga sit up adalah Silangkan tangan di atas dada atau letakkan di dekat telinga.

4. Cara melakukan olahraga sit up adalah angkat dan buang napas ke arah lutut pada saat melakukannya.

5. Cara melakukan olahraga sit up adalah turunkan tubuh ke posisi berbaring seperti sebelum menghirup.

Itulah cara melakukan olahraga sit up yang benar. Olahraga sit up adalah tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, harus sesuai dengan porsi yang tepat.

Olahraga sit up adalah disarankan oleh American College of Sports Medicine, sebaiknya dilakukan sebanyak 8 sampai 12 repetisi atau pengulangan sebanyak 3 (tiga) kali dalam sepekan atau satu minggu.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Gerakan Olahraga Sit Up dan Penjelasannya

Olahraga sit up adalah tidak hanya dilakukan dengan mengangkat badan dan kembali ke posisi semula. Ada macam-macam gerakan olahraga sit up yang perlu diketahui. Ini penjelasan macam-macam olahraga sit up yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

Olahraga Sit Up V-Sits

Latihan ini membantu mengembangkan keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi. Berikut caranya:

1. Cara melakukan olahraga sit up adalah berbaring telentang dengan kaki lurus dan lengan terentang di atas kepala.

2. Cara melakukan olahraga sit up adalah secara bersamaan, angkat kaki dan lengan ke arah langit-langit, hingga membentuk v.

3. Cara melakukan olahraga sit up adalah jaga agar dada dan kaki tetap lurus.

4. Cara melakukan olahraga sit up adalah posisikan lengan sejajar dengan lantai.

5. Cara melakukan olahraga sit up adalah tahan posisi ini selama 5 detik.

6. Cara melakukan olahraga sit up adalah turunkan kembali secara perlahan ke posisi awal.

Olahraga Sit Up Siku-ke-Lutut

Latihan ini melatih obliques eksternal dan internal dan memungkinkan gerakan memutar tulang belakang yang lembut. Berikut caranya:

1. Cara melakukan olahraga sit up adalah berbaring telentang dengan jari-jari terjalin di belakang kepala.

2. Cara melakukan olahraga sit up adalah jaga agar kaki terangkat dari lantai dengan lutut ditekuk.

3. Cara melakukan olahraga sit up adalah putar tubuh dengan membawa siku kanan ke lutut kiri, tarik ke dada.

4. Cara melakukan olahraga sit up adalah pada saat yang sama, rentangkan kaki kanan lurus, sejajar dengan lantai.

5. Cara melakukan olahraga sit up adalah lakukan di sisi berlawanan.

Sit Up dengan Bola

Menggunakan bola stabilitas dapat membantu mencegah sakit punggung dengan menopang kurva alami tulang belakang dan mengurangi tekanan pada tulang belakang. Berikut caranya:

1. Cara melakukan olahraga sit up adalah duduklah di atas bola stabilitas dengan kaki rata di lantai.

2. Cara melakukan olahraga sit up adalah perlahan bersandar ke belakang untuk membawa bahu, punggung, dan tulang ekor ke bola.

3. Cara melakukan olahraga sit up adalah sesuaikan kaki sehingga lutut tepat di atas pergelangan kaki dan paha sejajar dengan lantai.

4. Cara melakukan olahraga sit up adalah posisikan punggung tengah di atas bola.

5. Cara melakukan olahraga sit up adalah jalin jari-jari di dasar tengkorak, remas tulang belikat, dan tarik siku ke belakang.

6. Cara melakukan olahraga sit up adalah buang napas saat melibatkan inti dan angkat tubuh ke arah paha, angkat punggung atas dari bola.

7. Cara melakukan olahraga sit up adalah berhenti sejenak dalam posisi ini, lalu tarik napas untuk perlahan menurunkan tubuh kembali ke bola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.